Penting untuk ASI, Ini 8 Sumber Vitamin Alami untuk Ibu Menyusui

Tidak cuma ibu hamil, ibu menyusui pun wajib mengonsumsi makanan bervitamin

11 September 2020

Penting ASI, Ini 8 Sumber Vitamin Alami Ibu Menyusui
Freepik/timolina

Bukan cuma ibu hamil, ibu menyusui pun membutuhkan banyak nutrisi agar dapat menghasilkan ASI yang berkualitas. ASI dibutuhkan bayi, terutama selama 6 bulan pertama setelah lahir, untuk mendukung tumbuh kembangnya.

Vitamin merupakan salah satu nutrisi yang dibutuhkan ibu menyusui karena dapat mendukung produksi ASI. Sumber vitamin yang alami dapat diperoleh dari konsumsi makanan bernutrisi, Ma. Vitamin ini nantinya akan memberikan banyak manfaat bagi si Kecil.

Selain itu, vitamin juga memberikan banyak manfaat bagi ibu menyusui, seperti menjaga daya tahan tubuh. Lalu apa saja sumber vitamin untuk ibu menyusui yang alami?

Berikut Popmama.com merangkum sumber vitamin ibu menyusui yang alami:.

1. Alpukat

1. Alpukat
Freepik

Alpukat mengandung 80 persen lemak yang baik untuk jantung dan membuat Mama merasa kenyang. Selain itu, alpukat juga merupakan sumber vitamin B, vitamin K, folat, kalium, vitamin C, dan vitamin E. Semua manfaat vitamin ini akan dirasakan oleh bayi melalui ASI, Ma.

Alpukat adalah sumber tenaga dan gizi untuk ibu menyusui. Keluhan umum ibu menyusui adalah rasa lapar yang selalu muncul karena meningkatnya kebutuhan kalori saat menyusui.

2. Apel

2. Apel
Unsplash/Priscilla Du Preez

Serat, vitamin A, vitamin C, dan kalium merupakan nutrisi andalan di dalam buah apel. Dan tentunya, semua nutrisi itu baik bagi kesehatan ibu menyusui.

Apel juga baik untuk dikonsumsi selama hamil, Ma. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa risiko terjadinya asma dan alergi lebih rendah pada bayi dari ibu yang rutin mengonsumsi apel selama hamil hingga menyusui.

3. Kacang-kacangan

3. Kacang-kacangan
Freepik

Kacang-kacangan kaya akan mineral penting seperti zat besi, kalsium, dan seng, juga vitamin K dan vitamin B. Kacang-kacangan juga merupakan sumber asam lemak esensial dan protein yang sehat. Nutrisi yang terkandung dalam kacang-kacangan membuatnya dianggap sebagai makanan laktogenik atau ASI booster.

Editors' Picks

4. Kubis

4. Kubis
Pixabay/Capri23auto

Kandungan vitamin C yang ada di kubis lebih tinggi dari jeruk, lho. Dalam satu cangkir kubis, terkandung vitamin C sebanyak 80,4 mg. 

Selain kaya akan vitamin C, kubis juga mengandung mineral dan asam lemak yang baik untuk tubuh. 

Kubis sangat mudah didapatkan di mana-mana dan tersedia dalam beberapa jenis. Mama bisa membuat kubis sebagai campuran salad, atau masuk dalam menu masakan. 

5. Bayam

5. Bayam
Freepik/Racool_studio

Bayam sangat mudah ditemukan di Indonesia, harganya pun murah. Meski murah, sayuran ini kaya akan vitamin sehingga cocok untuk dikonsumsi saat menyusui.

Dalam semangkok bayam (sektiar 30 gram), terdapat 8,5 mg vitamin C. Meski tidak sebanyak kubis dan brokoli, namun bayam tidak boleh diremehkan. Sayuran ini mengandung banyak nutrisi penting, yaitu vitamin A, vitamin K, folat, kalium, dan zat besi. Kandungan nutrisi ini menjadikan bayam sebagai sayuran yang layak untuk dikonsumsi rutin.

6. Ikan salmon

6. Ikan salmon
Freepik/valeria_aksakova

Ikan salmon mengandung banyak DHA yang sangat baik untuk perkembangan sistem saraf bayi. DHA dalam salmon juga dapat membantu suasana hati mama menjadi menyenangkan dan mencegah depresi. Ini karena kandungan vitamin B12 dan juga asam lemak omega-3 dalam ikan salmon dipercaya dapat membantu menangkal depresi pascapersalinan.

Kondisi psikologis yang lebih stabil tentu saja dapat melancarkan produksi ASI.

7. Telur

7. Telur
Pexels/Mona Sabha Cabrera

Telur merupakan salah satu sumber protein hewani terbaik. Selain itu juga mengandung vitamin B kompleks dan berbagai mineral.

Jenis telur yang paling direkomendasikan adalah telur yang diperkaya omega-3 sehingga kandungan DHA dan EPA di dalamnya lebih tinggi dari telur pada umumnya.

8. Jeruk

8. Jeruk
Freepik/drobotdean

Buah ini terkenal sebagai salah satu antioksidan yang akan melawan radikal bebas penyebab penyakit. Dengan mengonsumsi jeruk, otomatis akan membantu memperkuat daya tahan tubuh mama selama menyusui.

Vitamin C pada jeruk juga membantu penyerapan zat besi dengan lebih baik, ini berguna untuk mencegah anemia.

Nah, itulah delapan sumber vitamin untuk ibu menyusui yang alami. Vitamin sangat penting bagi Mama dan janin. Oleh karena itu, Mama harus memenuhi kebutuhan vitamin setiap hari.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.