Bolehkah Minum Antibiotik saat menyusui?

Saat menyusui Mama terinfeksi bakteri? Ini penjelasannya!

25 Januari 2022

Bolehkah Minum Antibiotik saat menyusui
Freepik/yanalya

Mama yang sedang terkena infeksi bakteri saat Mama merawat bayi yang sedang menyusui bisa merasakan hal terburuk yang pernah Mama rasakan. Mama mungkin sudah terbiasa dengan kurang tidur dan tantangan menyusui, dan sekarang sistem kekebalan tubuh mama juga diserang.  

Pastinya Mama ingin bisa melakukan semuanya untuk merasa lebih baik jika penyakit menyerang saat Mama membutuhkan kekuatan Mama untuk merawat si Kecil. Jika Mama sedang menyusui dan mengalami infeksi bakteri, Mama mungkin bertanya-tanya apakah aman untuk mengonsumsi antibiotik.  

Ternyata, Mama dapat minum antibiotik saat menyusui, tetapi hanya jenis tertentu. Pastikan juga bahwa penyedia layanan kesehatan Mama tahu bahwa Mama sedang menyusui bayi sebelum meresepkan antibiotik. Penyedia kesehatan Mama mungkin juga mempertimbangkan risiko dan manfaat minum antibiotik jika Mama memiliki layanan infeksi serius mastitis.  

Berikut ini  Popmama.com akan menjelaskan tentang bolehkah minum antibiotik saat menyusui? Ini dia penjelasannya! 

Editors' Picks

1. Apa itu antibiotik?

1. Apa itu antibiotik
Pexels/Karolina Grabowska

Antibiotik adalah obat yang diperlukan untuk melawan infeksi bakteri dalam tubuh. Ketika Mama meminum antibiotik tersebut, akan membunuh bakteri. Mereka tidak membunuh virus, jadi antibiotik hanya boleh dikonsumsi jika Mama memiliki infeksi bakteri yang dikonfirmasi. Beberapa antibiotik bersifat topikal, seperti obat tetes mata antibiotik atau krim kulit.  

Saat Mama sakit, yang terbaik adalah membiarkan tubuh mama melawan infeksi sendiri, sehingga Mama membangun kekebalan Mama. Namun, ini tidak selalu mendukung. Jika infeksi tidak membaik, cinta kepada penyedia layanan kesehatan Mama tentang antibiotik.  

Penting untuk menyelesaikan seluruh rangkaian antibiotik Mama, bahkan jika Mama merasa lebih baik. Ini akan mencegah bakteri bermutasi dan berkembang menjadi resisten terhadap antibiotik.

2. Amankah minum antibiotik saat menyusui?

2. Amankah minum antibiotik saat menyusui
Pexels/JESHOOTS.com

Beberapa jenis antibiotik boleh dikonsumsi saat menyusui, sementara yang lain harus dihindari terlebih dahulu. Antibiotik memang melewati ASI pada bayi, tetapi hanya beberapa jenis yang menyebabkan masalah.  

“Antibiotik tertentu dapat ditularkan melalui ASI dan memengaruhi pertumbuhan tulang bayi, perkembangan gigi, dan dapat penyakit kuning,” ujar Sara Huberman Carbone, MD, seorang dokter anak di One Medical di California.  

Penting juga untuk memastikan bahwa penyedia layanan kesehatan Mama tahu bahwa Mama seseorang yang sedang sehingga mereka dapat meresepkan Mama jenis antibiotik yang tepat. Menurut Dr. Lindermann, jika Mama mengonsumsi antibiotik untuk menghentikan penyebaran infeksi, ada banyak antibiotik yang dianggap aman untuk dikonsumsi saat menyusui, termasuk penisilin dan eritromisin.  

Jika Mama memiliki infeksi serius yang perlu diobati dengan antibiotik yang dianggap tidak aman, mungkin ada manfaat untuk mengobati infeksi sebanding dengan risikonya.  

3. Tindakan pengamanan

3. Tindakan pengamanan
Freepik/Tirachardz
Ilustrasi

Konsultasi dengan penyedia layanan kesehatan penting jika Mama membutuhkan antibiotik saat menyusui. Mama akan memastikan bahwa resep Mama aman untuk si kecil. Dalam beberapa kasus, Mama perlu menilai risiko dan manfaat mengonsumsi antibiotik tertentu yang tidak dianggap aman.  

Jika Mama minum antibiotik saat menyusui, ada beberapa tindakan pencegahan keamanan yang perlu diingat, yaitu diare, gangguan flora gastrointestinal bayi, dan kapan perlu mengonsumsi yang tidak aman.  

Itu lah beberapa penjelasan tentang bolehkah minum antibiotik saat menyusui. Semoga ini bisa membantu Mama menjawab pertanyaan itu ya!

Baca juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk