Bisa Jadi ASI Booster, Inilah Manfaat Susu Almond untuk Ibu Menyusui

Susu almond bisa menjadi alternatif minuman untuk melancarkan ASI

24 November 2020

Bisa Jadi ASI Booster, Inilah Manfaat Susu Almond Ibu Menyusui
Pexels/Rawpixels.com

Ada beragam jenis susu yang lazim dikonsumsi manusia. Selain susu dari hewani, seperti susu sapi atau domba, ada pula jenis susu yang terbuat dari nabati. Salah satunya adalah susu dari kacang almond atau yang juga dikenal dengan sari kacang almond.

Susu almond ini memiliki beragam manfaat kesehatan, tak terkecuali bagi ibu menyusui yang membutuhkan asupan minuman bergizi untuk mendukung produksi ASI.

Berikut ini Popmama.com merangkum lima manfaat susu almond untuk ibu menyusui, dilansir dari Momjunction:

Kandungan Vitamin dan Nutrisi Susu Almond

Kandungan Vitamin Nutrisi Susu Almond
Pixabay/Alexei_other /

Dibandingkan dengan susu sapi, susu almond lebih rendah kalori dan lemak. Satu cangkir susu almond tawar mengandung sedikitnya 30 kalori saja. Jumlah ini jauh lebih rendah ketimbang kandungan dalam susu sapi, yaitu 120 kalori. 

Susu almond mengandung vitamin E, vitamin D, vitamin A, dan kalsium. Selain itu, susu almond juga kaya akan sodium, zat besi, magnesium, fosfor, dan serat larut. Kandungan-kandungan ini mendukung pertumbuhan dan perkembangan bayi selama masa menyusui agar senantiasa sehat.

Dengan berbagai nutrisi dan vitamin di dalamnya, inilah serangkaian manfaat susu almond bagi ibu menyusui:

Editors' Picks

1. Meningkatkan produksi ASI

1. Meningkatkan produksi ASI
healthline.com

Susu almond mengandung asam lemak omega-3 yang dapat menstimulasi hormon dalam tubuh. Dampaknya adalah kualitas dan kuantitas ASI yang semakin membaik. Jika Mama saat ini merasa ASI mama masih sedikit, cobalah minum susu almond secara teratur untuk meningkatkan produksi ASI.

2. Menjaga daya tahan tubuh

2. Menjaga daya tahan tubuh
Freepik/topntp26

Selain rasanya yang nikmat, susu almond juga mengandung vitamin dan mineral yang beragam. Konsumsi teratur susu almond saat menyusui dapat meningkatkan sistem imun tubuh sehingga tubuh mama lebih kuat dan kebal dari serangan penyakit.

3. Mendukung kesehatan tulang

3. Mendukung kesehatan tulang
Pexels/rawpixel.com

Susu almond kaya akan kalsium dan fosfor sebagai alternatif dari konsumsi susu sapi. Kedua komponen ini membantu meningkatkan kekuatan dan menyehatkan tulang mama selama masa menyusui, yang tentunya juga berpengaruh pada kualitas kandungan ASI mama yang dikonsumsi si Kecil. 

4. Menjaga kesehatan mata dan kulit

4. Menjaga kesehatan mata kulit
Pexels/Irina Kostenich

Segelas susu almond setiap hari memenuhi kebutuhan vitamin A yang mampu mencegah radikal bebas, penuaan dini, dan degenerasi makular. Tak hanya itu, susu almond mengandung vitamin E yang dapat meningkatkan kesehatan kulit mama selama masa menyusui.

Itu dia serangkaian manfaat susu almond untuk ibu menyusui. Penting diingat, meskipun mengandung banyak manfaat untuk tubuh, sebaiknya Mama mengonsumsi susu almond sewajarnya dan tetap melengkapi kebutuhan nutrisi dengan konsumsi makanan dan minuman lain yang bervariasi.

Baca Juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.