5 Rekomendasi Makanan Sehat untuk Meningkatkan Produksi ASI

Tambahkan makanan-makanan ini di menu diet dan camilan mama

26 Juni 2020

5 Rekomendasi Makanan Sehat Meningkatkan Produksi ASI
freepik.com

Produksi ASI yang melimpah adalah dambaan tiap Mama yang sedang dalam masa menyusui. Untuk mewujudkannya, salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah memenuhi kecukupan nutrisi harian mama. Mengapa? Karena selain melancarkan produksi ASI, ASI yang diminum bayi pun tinggi nilai gizinya karena apa yang Mama makan turut mengalir ke ASI.

Lalu, apa saja sih makanan yang dapat meningkatkan produksi ASI mama?

Berikut Popmama.com merangkum 5 rekomendasi makanan sehat untuk meningkatkan produksi ASI, dilansir dari Very Well Family:

1. Biji-bijian

1. Biji-bijian
Freepik/Luis-molinero

Biji-bijian adalah makanan yang sangat bernutrisi untuk ibu menyusui. Kandungan di dalam biji-bijian ini mendukung hormon yang memproduksi ASI. Jenis biji-bijian yang umum dikonsumsi untuk meningkatkan produksi ASI antara lain beras merah dan oatmeal.

Editors' Picks

2. Sayuran hijau

2. Sayuran hijau
Pixabay/MabelAmber

Sayuran berdaun hijau, seperti selada, kale, bayam, atau pun brokoli mengandung nutrisi tinggi, terutama kalsium. Sayuran hijau juga mengandung phytoestrogen yang berdampak positif terhadap peningkatan produksi ASI mama. Konsumsi sayuran hijau setiap hari, baik itu dengan cara ditumis, dibuat salad, atau dicampurkan dengan smoothies buah.

3. Biji wijen

3. Biji wijen
Freepik/whatwolf

Siapa menyangka biji wijen ternyata punya manfaat untuk memperlancar ASI? Ini dikarenakan biji wijen tinggi kalsium dan estrogen. Mama bisa mengonsumsi biji wijen yang disangrai begitu saja, atau dikombinasikan dengan biji-bijian dan kacang-kacangan lain. Rasanya enak, cocok menjadi camilan di waktu senggang. 

Tambahkan biji wijen ke dalam salad atau makanan penutup yang bisa Mama konsumsi setiap hari.

4. Jahe

4. Jahe
Freepik

Jahe bukan hanya baik untuk diet, tetapi juga terbukti meningkatkan produksi ASI dan menenangkan tubuh. Mama bisa menambahkan jahe ke dalam masakan atau menyeduhnya menjadi minuman hangat. Tetapi ingat, Ma, meskipun jahe segar baik dikonsumsi saat menyusui, sebaiknya hindari minum suplemen mengandung jahe tanpa berkonsultasi ke dokter terlebih dahulu.

5. Kacang almond

5. Kacang almond
Pixabay/Alexei_other

Kacang yang satu ini punya rasa gurih yang bikin nagih. Tenang, Ma, di masa menyusui aman kok mengonsumsi kacang almond. Kacang almond kaya akan protein dan kalsium untuk mendukung produksi ASI. Banyak ibu menyusui yang mengonsumsi kacang almond dan merasa ASI-nya lebih kental, manis, dan jumlahnya makin banyak.

Itulah 5 makanan sehat yang dapat meningkatkan produksi ASI.

Mengonsumsi lima makanan di atas untuk mendukung produksi ASI memang aman dan sehat. Tetapi, sama seperti makanan dan minuman lain, jangan berlebihan mengonsumsinya ya, Ma. Semoga informasi ini bermanfaat!

Baca Juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.