Kaya Serat, Ini 5 Manfaat Beras Merah untuk Ibu Menyusui

Beras merah tak kalah nikmatnya dengan beras putih lho, Ma

23 Juni 2020

Kaya Serat, Ini 5 Manfaat Beras Merah Ibu Menyusui
Freepik

Dalam masa menyusui, penting bagi Mama untuk memenuhi dan menyeimbangkan kebutuhan gizi melalui makanan yang menyehatkan. Dengan mengonsumsi makanan yang sehat, niscaya ASI mama pun lancar dan mengandung nutrisi yang dibutuhkan oleh bayi. 

Mama juga sebaiknya memilih jenis makanan dengan yang lebih sehat. Untuk itu, Mama sebaiknya mengetahui kandungan dalam setiap makanan yang akan Mama konsumsi. Untuk sumber karbohidrat, Mama lebih baik mengonsumsi beras merah daripada beras putih.

Bagi sebagian orang, mungkin beras merah terasa kurang nikmat jika dibandingkan dengan beras putih. Tetapi Mama bisa mengakalinya dengan mencampurnya bersama beras putih di awal saat pertama kali mencobanya. Kemudian bertahap mengurangi jumlah beras putihnya sampai akhirnya terbiasa mengonsumsi beras merah saja. 

Memang apa sih manfaat beras merah untuk ibu menyusui? Berikut Popmama.com merangkum informasinya:

1. Memasok energi untuk ibu menyusui

1. Memasok energi ibu menyusui
medikoe.com

Dibandingkan beras putih, beras merah mengandung karbohidrat yang lebih kompleks sehingga menimbulkan rasa kenyang lebih lama ketika dicerna. Bagi ibu menyusui, karbohidrat jenis ini lebih baik karena berguna sebagai sumber energi dalam beraktivitas sehari-hari, termasuk juga menyusui, yang memerlukan lebih banyak energi.

Editors' Picks

2. Menstimulasi hormon

2. Menstimulasi hormon
Unsplash/Charles Koh

Dilansir dari parenting.firstcry.com, beras merah menstimulasi hormon yang bertanggungjawab terhadap produksi ASI. Dengan mengonsumsi beras merah secara rutin, dipercaya jumlah ASI mama pun bisa meningkat secara alami.

3. Menjaga kestabilan berat badan

3. Menjaga kestabilan berat badan
Freepik

Ibu menyusui perlu menjaga kestabilan berat badannya karena jika berat badan turun drastis, maka dapat memengaruhi produksi ASI. Dengan mengonsumsi beras merah, Mama juga akan merasa kenyang lebih lama sehingga mencegah makan berlebihan, tetapi tidak membuat Mama kekurangan kalori yang diperlukan untuk memproduksi ASI yang dibutuhkan bayi. 

4. Mencegah kelelahan

4. Mencegah kelelahan
Freepik/Mrsiraphol

Ketika menyusui, tubuh mama bekerja dua kali lipat dari biasanya karena harus menyediakan makanan untuk bayi melalui ASI. Belum lagi perubahan hormon dan pola tidur si Kecil yang belum teratur sehingga memaksa ibu menyusui untuk begadang. Tak heran jika banyak mama yang merasakan kelelahan teramat sangat dalam masa menyusui ini.

Beras merah kaya akan mineral dan nutrisi seperti magnesium, mangan, fosfor, selenium, dan zat gizi penting lainnya yang bermanfaat untuk mencegah kelelahan.

5. Mencegah depresi pasca melahirkan

5. Mencegah depresi pasca melahirkan
Freepik/topntp26

Beras merah dipercaya baik untuk dikonsumsi pasca melahirkan. Ini dikarenakan beras merah mengandung zat-zat kimia alami yang dapat mencegah terjadinya depresi pasca melahirkan.

Nah, itulah lima manfaat beras merah untuk ibu menyusui.

Semoga informasi ini membantu ya, Ma!

Baca Juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.