Cegah Sesak Napas, Ketahui 5 Tips Mencegah Asma Kambuh saat Hamil

Ibu hamil, cegah asma kambuh sedini mungkin!

18 Februari 2021

Cegah Sesak Napas, Ketahui 5 Tips Mencegah Asma Kambuh saat Hamil
Freepik/wavebreakmedia

Penyakit asma diklasifikasikan menjadi empat kategori umum, mulai dari yang paling ringan hingga yang paling parah. Penelitian menunjukkan bahwa tingkat keparahan asma selama kehamilan berhubungan dengan keparahan asma sebelum kehamilan.

Jika asma membaik, progres secara umum akan terlihat seiring dengan perkembangan kehamilan. Namun jika asma memburuk, kemunculan gejala akan mulai terlihat selama trimester pertama dan ketiga kehamilan.

Penting untuk mencegah komplikasi asma selama kehamilan sedini mungkin. Yuk, simak informasi lengkap Popmama.com tentang tips mencegah asma kambuh selama kehamilan.

1. Peka terhadap sinyal tubuh

1. Peka terhadap sinyal tubuh
Freepik/KamranAydinov

Batuk, dada sesak, sesak napas, hingga napas mengi adalah tanda dan gejala awal memburuknya asma.

Segera sadari apabila Mama mulai mengalami gejala-gejala ini dan bicaralah dengan dokter kepercayaan tentang bagaimana perawatan asma di rumah serta pertolongan pertama apabila asma kambuh.

Editors' Picks

2. Jangan merokok

2. Jangan merokok
Freepik/nensuria

Merokok dapat memperburuk asma dan merokok dalam keadaan hamil dapat menyebabkan berbagai permasalahan kesehatan pada janin.

Apabila sebelum kehamilan, Mama adalah perokok aktif, bicarakan dengan perawat untuk membantu Mama berhenti merokok.

3. Hindari pemicu asma

3. Hindari pemicu asma
Freepik

Jauhi paparan asap rokok pasif dan pemicu potensial lainnya seperti debu dan bulu binatang. Pastikan tempat di mana Mama banyak menghabiskan waktu, selalu dalam keadaan steril atau gunakan pelindung tambahan. Mama bisa menggunakan air purifier untuk menyaring udara menjadi lebih bersih.

Hindari menggunakan selimut bulu dan singkirkan boneka dari tempat tidur. Mama juga sebaiknya tidak memelihara hewan berbulu selama kehamilan.

4. Kendalikan GERD

4. Kendalikan GERD
Freepik

Gastroesophageal reflux disease (GERD) adalah sebuah gangguan pencernaan kronis yang menyebabkan asam lambung naik. Kondisi ini dapat sangat memperparah gejala asma.

Apabila Mama memiliki GERD, Mama dapat mengurangi gejalanya dengan meninggikan posisi kepala saat tidur, mengonsumsi makanan dalam porsi lebih kecil, menunggu setidaknya tiga jam setelah makan sebelum berbaring, dan menjauhi makanan yang terlalu pedas atau asam.

5. Lakukan pemeriksaan dan minum obat secara rutin

5. Lakukan pemeriksaan minum obat secara rutin
Freepik

Jangan lewatkan jadwal pemeriksaan kandungan rutin selama kehamilan dan tetaplah mengonsumsi obat kehamilan maupun asma sesuai kebutuhan.

Apabila Mama memiliki keluhan atau ragu apakah obat, suplemen, maupun vitamin kehamilan yang Mama konsumsi berpengaruh terhadap kondisi kesehatan mama, jangan ragu untuk konsultasikan dengan dokter atau bidan kepercayaan.

Nah, setelah mengetahui lima tips di atas, Mama dapat mencegah asma kambuh selama kehamilan. Selalu komunikasikan kondisi kesehatan mama dengan perawat terdekat dan dokter kepercayaan untuk dukungan lebih selama kehamilan!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.