Dukung Tumbuh Kembang Janin, Ini 7 Asupan Penting di Trimester Pertama

Jangan lupakan pentingnya makan makanan bergizi di periode waktu kehamilan ini, Ma

19 September 2019

Dukung Tumbuh Kembang Janin, Ini 7 Asupan Penting Trimester Pertama
Freepik

Ibu hamil memerlukan rata-rata ekstra 300 kalori per hari guna menunjang tumbuh kembang janin. Tambahan kalori ini bisa didapat dari sumber karbohidrat kompleks seperti roti gandum dan pasta.

Selain itu, jangan lupa juga untuk mengonsumsi jumlah cairan dan serat yang cukup, supaya keseimbangannya tetap terjaga.

Diet sehat, terutama di trimester pertama, perlu diperhatikan karena pada periode waktu ini janin sedang bertumbuh secara pesat. Oleh sebab itu, selain rutin mengonsumsi suplemen vitamin dari dokter, ada beberapa jenis asupan yang sebaiknya dikonsumsi secara rutin.

Dirangkum Popmama.com, berikut 7 asupan penting di trimester pertama yang baik dikonsumsi ibu hamil:

1. Sayuran sangat dibutuhkan saat masa kehamilan

1. Sayuran sangat dibutuhkan saat masa kehamilan
Freepik

Dikutip dari Parenting First Cry, penting bagi ibu hamil untuk mengonsumsi sekitar 3 hingga 5 porsi sayuran dengan berbagai varian warna. Salah satunya adalah sayuran berdaun hijau seperti bayam.

Bayam merupakan sumber asam folat yang baik untuk ibu hamil. Selain itu, brokoli juga bisa menjadi sumber folat lainnya untuk Mama.

Brokoli bahkan juga memiliki kandungan zat besi yang tinggi, yang membantu dalam proses pembentukan sel darah merah pada janin selama trimester pertama.

Untuk warna lainnya, Mama bisa mengonsumsi kacang hijau, tomat, paprika merah, hijau, dan kuning, asparagus, dan kentang selama trimester pertama demi memenuhi kebutuhan nutrisi janin.

2. Buah-buahan dapat memenuhi nutrisi baik

2. Buah-buahan dapat memenuhi nutrisi baik
Freepik/Lifeforstock

Selain sayuran, buah-buahan juga menjadi asupan yang sebaiknya tak dilewatkan ibu hamil. Jumlah buah yang dikonsumsi ibu hamil di trimester pertama sebaiknya rata-3 porsi per hari. Supaya lebih terkontrol, jadikan buah sebagai camilan di jeda waktu makan utama.

Jeruk menjadi salah satu pilihan buah yang baik dikonsumsi ibu hamil, karena buah segar ini mengandung asam folat yang tinggi. Selain jeruk, Mama juga bisa rutin mengonsumsi alpukat, pisang, pir, ceri, anggur, jambu biji, apel, semangka, delima, dan mangga.

Ganti variasi buah setiap harinya supaya terasa lebih menyenangkan dan tidak bikin bosan ya, Ma!

3. Telur dan daging jadi pilihan untuk kebutuhan protein ibu hamil

3. Telur daging jadi pilihan kebutuhan protein ibu hamil
Freepik/yuliyafurman

Sumber protein hewani seperti telur dan daging juga penting dikonsumsi selama trimester pertama karena mengandung asam lemak omega 3 yang tinggi.

Supaya tetap aman, pastikan telur dan daging yang dipilih adalah yang berkualitas baik. Upayakan juga keduanya dimasak dengan matang sempurna, untuk menghindari risiko infeksi bakteri yang membahayakan kehamilan.

Selain telur dan daging, sumber protein hewani lain yang bisa dipilih adalah ikan dan seafood. Tetapi hindari ikan dan seafood yang memiliki kandungan merkuri tinggi seperti makarel dan udang, ya.

Kandungan merkuri dikhawatirkan dapat mengganggu pertumbuhan dan perkembangan janin di trimester pertama.

Editors' Picks

4. Susu dan produk olahannya sumber kalsium untuk Mama dan janin

4. Susu produk olahan sumber kalsium Mama janin
Freepik

Susu menjadi sumber kalsium yang sangat baik dikonsumsi ibu hamil, karena bermanfaat membantu perkembangan tulang, gigi dan otot janin.

Tak perlu minum susu khusus ibu hamil, Mama juga bisa mendapatkan manfaatnya dari susu UHT (ultra high temperature).

Untuk produk olahan susu, Mama bisa mengonsumsi keju dan yoghurt. Keduanya tak hanya menjadi sumber kalsium, tetapi juga sumber protein yang baik untuk tubuh Mama dan juga janin.

5. Biji-bijian termasuk kategori baik untuk dikonsumsi

5. Biji-bijian termasuk kategori baik dikonsumsi
Freepik

Gandum, barley, jagung, millet, dan beras adalah beberapa biji-bijian yang termasuk dalam kategori baik dikonsumsi ibu hamil selama trimester pertama.

Ini karena mereka menjadi sumber karbohidrat kompleks, yang baik dikonsumsi guna menyediakan pasokan energi dan penting untuk pertumbuhan plasenta di tahap awal kehamilan.

Mama bisa mendapatkan manfaatnya dengan mengonsumsi sereal gandum, roti gandum, serta olahan biji-bijian lainnya.

6. Makanan manis alami jadi pilihan ibu hamil untuk atasi mual

6. Makanan manis alami jadi pilihan ibu hamil atasi mual
Freepik/rawpixel

Trimester pertama identik dengan keluhan khas seperti morning sickness alias mual muntah berlebih. Konsumsi makanan dengan manis alami seperti buah dan olahan jahe pun sebaiknya siap sedia.

Tetapi ada baiknya Mama menyesuaikan juga dengan kondisi dan kesukaan masing-masing. Seringkali jahe berpengaruh pada satu ibu hamil, tapi tidak pada ibu hamil lainnya.

Mama bisa mengonsumsi asupan lain seperti biskuit atau popsicle buah yang segar. Es krim dan permen juga bisa dijadikan asupan cadangan.

7. Buah kering hampir sama dengan buah segar yang cocok buat ibu hamil

7. Buah kering hampir sama buah segar cocok buat ibu hamil
Freepik

Selain buah-buahan segar, Mama juga bisa mengonsumsi buah kering di trimester pertama untuk mendapatkan cukup asupan dan terhindari dari mual muntah berlebih.

Dilansir Healthline, buah kering mengandung jumlah nutrisi yang hampir sama dengan buah segar, hanya saja tanpa air dan dalam bentuk yang jauh lebih kecil.

Oleh karena itu, konsumsi buah kering pun dapat memberikan tambahan vitamin dan mineral, termasuk folat, zat besi dan kalium. Selain itu, rasanya yang manis juga membantu mengatasi mual, Ma.

Prune misalnya, buah kering ini kaya akan serat, kalium, vitamin K, dan sorbitol. Sebagian kandungan ini menjadi pencahar alami dan dapat membantu mengatasi sembelit. Sementara itu, kurma mengandung serat, kalium, dan zat besi.

Namun perlu dicatat bahwa buah kering juga mengandung gula alami dalam jumlah tinggi. Pastikan Mama membatasi juga konsumsi buah kering supaya manfaat sehatnya tidak hilang, ya.

Pada intinya, menjaga pola makan sehat selama tahap awal kehamilan, yakni dengan memenuhi kebutuhan vitamin, mineral, dan nutrisi lainnya sangat penting bagi tumbuh kembang janin.

Jika Mama ada riwayat alergi, jangan lupa untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter. Patuhi juga anjuran dokter untuk minum suplemen jika memang diberikan.

Baca juga:

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!