5 Makanan Sehat Ini Bisa Membantu Meredakan Alergi Saat Hamil

Cobalah mengatasi alergi dengan cara yang aman di saat hamil

12 Februari 2020

5 Makanan Sehat Ini Bisa Membantu Meredakan Alergi Saat Hamil
psychcentral.com

Masa kehamilan sangat penting bagi Mama untuk benar-benar menjaga kesehatan. Namun apakah di saat hamil tiba-tiba merasa lebih sering bersin-bersin atau ruam kulit?

Ya, mungkin saja sedang mengalami alergi. Di mana alergi terjadi ketika sistem kekebalan tubuh bereaksi terhadap bahan-bahan tertentu yang oleh tubuh dianggap berbahaya (alergen).

Dikutip dari Healthline, sebagian besar ibu hamil dapat dengan aman minum obat alergi. Namun selalu ada risiko ketika mengambil obat apa pun selama kehamilan. Di mana ibu hamil harus berbicara dengan dokter sebelum mengambil obat alergi.

Nah, berikut ada 5 pilihan makanan sehat yang bisa membantu redakan gejala alergi di saat hamil. Yuk, lihat rangkumannya dari Popmama.com :

1. Bayam mencegah serangan asma yang dipicu oleh alergi

1. Bayam mencegah serangan asma dipicu oleh alergi
Pixabay/ponce_photography

Tentu alergi di masa kehamilan membuat Mama merasa tidak nyaman. Oleh sebab itu, perlu mengetahui perawatan apa yang aman.

Dilansir dari What to Expect, ibu hamil bisa mendapatkan alergi. Kadang-kadang mereka mengalaminya untuk pertama kali atau memang memiliki riwayat. Namun tidak semua ibu hamil mengalami alergi jangka panjang.

Cobalah sebisa mungkin untuk menghindari pemicu alergi dengan memakan bayam. Di mana bayam adalah sayuran dengan kadar magnesium yang tinggi. Hal ini membantu melemaskan otot-otot pada saluran pernapasan. Ini juga berguna untuk mencegah serangan asma yang dipicu oleh alergi.

2. Jambu biji memiliki sifat anti alergi

2. Jambu biji memiliki sifat anti alergi
Pixabay/picturedesign96

Jambu biji penuh dengan vitamin dan mineral yang sehat. Bahkan buah ini dapat digunakan untuk mengobati banyak penyakit serius.

Setiap buah jambu biji mengandung banyak air, vitamin A, vitamin B1, vitamin C, kalsium, protein, kalori, air 86 gram, fosfor dan zat besi. Maka tidak heran jika buah jambu biji dapat membantu melawan pilek dan batuk di masa kehamilan.

Bangla News24 mengatakan, tidak perlu mendapatkan perawatan kimia apa pun untuk menyingkirkan alergi.

Obat yang mudah dan alami yakni ada pada daun jambu biji. Di mana daun jambu biji memiliki sifat anti alergi yang membantu mencegah produksi histamin untuk melawan bahan asing.

Jadi ibu hamil bisa menggunakan obat alami dari buah atau daun jambu biji saat diserang alergi.

Editors' Picks

3. Kuaci membantu meredakan peradangan

3. Kuaci membantu meredakan peradangan
Pixabay/Petrucy

Gejala alergi pada ibu hamil sebenarnya sama dengan yang dialami orang pada umumnya, yaitu bersin-bersin, batuk, hidung tersumbat, tenggorokan gatal hingga ruam.

Makanan yang kaya akan kandungan vitamin E seperti kuaci mampu meredakan peradangan yang disebabkan oleh alergen. 

Draxe.com menjelaskan, pengobatan gejala alergi dapat dilakukan dengan mengonsumsi makanan alami untuk membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mengurangi perkembangan alergi.

Kuaci sendiri merupakan salah satu jenis camilan yang sehat dikonsumsi semasa hamil. Antioksidan dalam kuaci juga mampu mencegah kerusakan sel akibat produksi histamin yang berlebihan.

4. Salmon membantu tubuh mengeluarkan racun

4. Salmon membantu tubuh mengeluarkan racun
Pixabay/robsonmelo

Gejala alergi yang kadang bersifat umum mungkin membuat Mama bingung, apakah termasuk alergi atau kondisi lain yang sering menyertai kehamilan.

Everyday Health menyarankan, cara terbaik menghindari gejala alergi adalah dengan menjauhkan diri dari alergen itu sendiri dan menggunakan pilihan makanan sehat untuk membantu alergi. Salah satunya salmon yang kaya asam lemak omega 3 dan telah terbukti memiliki efek anti inflamasi dalam meredakan alergi. 

Selain itu antioksidan pada daging ikan salmon juga sangat bermanfaat menjaga kehamilan tetap sehat dan membantu tubuh mengeluarkan racun.

5. Yogurt merangsang produksi zat sistem kekebalan tubuh

5. Yogurt merangsang produksi zat sistem kekebalan tubuh
Pixabay/BUMIPUTRA

Ibu hamil tetap perlu waspada terhadap kemungkinan timbulnya reaksi alergi. Untuk menangani alergi di masa kehamilan yakni dapat mengonsumsi yogurt.

Web MD memberitahu, beberapa penelitian menunjukkan bahwa memakan secangkir yogurt rendah lemak setiap hari dapat membantu mengurangi kerentanan terhadap pilek. Bakteri menguntungkan dalam yogurt dapat merangsang produksi zat sistem kekebalan tubuh yang melawan penyakit.

Selain itu, probiotik yang tinggi pada yogurt bisa menjadi antihistamin yang aman ketika sedang alami alergi. Di mana antihistamin bertugas menghentikan reaksi sistem imun berlebihan terhadap pemicu alergi.

Itulah kelima daftar makanan untuk atasi alergi di masa kehamilan. Jika sudah sangat mengganggu, segeralah ke dokter untuk diberikan pengobatan yang tepat dan aman.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!