5 Tips Konsumsi Vitamin Prenatal, Mengurangi Rasa Tak Nyaman di Perut

Walau terasa tidak nyaman, mungkin Mama akan bertahan demi si Bayi

5 Januari 2021

5 Tips Konsumsi Vitamin Prenatal, Mengurangi Rasa Tak Nyaman Perut
Unsplash/Elsa Olofsson

Masa kehamilan bisa dibilang sebagai fase kritis. Selain menjadi awal tumbuh kembang bayi, kesehatan mama juga dipertaruhkan. Karenanya, demi menghindari hal-hal tak diinginkan seperti preeklamsia, kurang gizi, atau cacat lahir, ibu hamil perlu mendapat asupan nutrisi yang cukup. Salah satu caranya adalah dengan mengonsumsi vitamin prenatal.

Vitamin prenatal adalah suplemen yang dirancang khusus untuk ibu hamil. Seiring dengan berkembangnya janin di dalam perut, Mama membutuhkan lebih banyak vitamin dan mineral dari kondisi normal demi mendukung tumbuh kembang bayi sekaligus menjaga tubuh mama agar tetap prima. 

Beberapa komponen penting yang harus Mama konsumsi antara lain adalah asam folat, kalsium, vitamin B6, Omega 3, dan zat besi. Zat-zat tersebut dibutuhkan dalam jumlah besar, sehingga makanan yang Mama konsumsi kadang belum cukup untuk memenuhinya. Karena itulah vitamin prenatal sangat dianjurkan oleh banyak dokter.

Sayangnya, konsumsi vitamin prenatal ternyata juga membawa sedikit efek samping. Beberapa ibu hamil mungkin mengalami rasa tidak nyaman di bagian perut, mulai dari mual, kembung, bahkan rasa tidak nyaman akibat konstipasi. Hal tersebut bisa saja sangat mengganggu aktivitas ibu hamil.

Nyatanya, hal ini sebenarnya cukup normal sebagai akibat dari perubahan metabolisme, serta meningkatnya hormon estrogen dan HCG di dalam tubuh selama proses kehamilan. Karenanya, masuknya vitamin ke dalam tubuh kerap memengaruhi kondisi perut dan menyebabkan mual.

Meski demikian, bukan berarti gejala tersebut tidak bisa diatasi. Jika muncul gejala tidak nyaman di perut, Mama bisaa menerapkan tips mengonsumsi vitamin prenatal yang sudah dirangkum Popmama.com dari Healthine berikut ini:

1. Mengganti produk yang dikonsumsi

1. Mengganti produk dikonsumsi
Pexels/Anna Shvets

Suplemen tidak selalu cocok dengan kondisi tubuh manusia. Mungkin saja vitamin prenatal yang Mama konsumsi memang mengandung formula yang kurang cocok sehingga menimbulkan efek samping.

Jika demikian, cobalah beralih pada produk lain yang bisa diterima tubuh. Namun untuk memastikannya, Mama perlu melakukan konsultasi dengan dokter demi mendapatkan produk yang tepat.

Editors' Picks

2. Coba metode lain

2. Coba metode lain
Freepik/Irrmago

Vitamin prenatal umumnya tersedia dalam berbagai bentuk, mulai dari kapsul, minuman, shake, gummy, dan lain-lain. Walaupun kandungan gizinya sama, masing-masing mungkin menimbulkan efek yang berbeda dalam proses penyerapan oleh tubuh.

Karenanya, jangan ragu untuk menggunakan vitamin dengan berbagai bentuk. Jika kapsul membuat Mama mual, coba menggantinya dengan gummy. Dengan catatan, dosis dan kandungan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh tetap sama.

Misalnya, konsumsi satu kapsul yang biasa dikonsumsi satu kali sehari bisa diganti dengan tiga gummy dengan dosis lebih rendah yang dikunyah tiga kali sehari. Mama juga bisa menggantinya dengan shake yang diminum pagi dan sore. Untuk lebih amannya, lakukan konsultasi dengan dokter demi mendapatkan formula dan dosis yang tepat.

3. Minum banyak air

3. Minum banyak air
Freepik/svetlanasokolova

Konstipasi adalah salah satu ‘penderitaan’ yang sering dialami ibu hamil. Konsumsi vitamin prenatal bahkan kadang memperparah kondisi ini. Akibatnya, sebah, mual, dan rasa tidak nyaman lainnya akan benar-benar mengganggu keseharian dan aktivitas mama. 

Untuk meringankan gejala ini, perbanyaklah konsumsi air putih. Hal ini akan membantu Mama melancarkan pencernaan dan membersihkan lambung sehingga membantu mengurangi rasa tidak nyaman.

Konsumsi banyak air putih juga tidak ada ruginya. Selain melancarkan pencernaan, cairan ini juga akan membuat tubuh tetap terhidrasi serta membuat volume ketuban tetap dalam kondisi ideal. Dengan demikian Mama akan tetap dalam kondisi fit sedangkan bayi juga mendapat nutrisi dan ruang gerak yang cukup.

4. Perbanyak serat

4. Perbanyak serat
Pixabay/havewhatyousay

Selain air putih, konsumsi serat juga sangat penting untuk memperlancar pencernaan mama. Dengan demikian, masalah sebah, kembung, dan tidak nyaman pada perut akan berkurang.
 
Asupan serat bisa Mama dapatkan pada sayur-sayuran dan buah-buahan. Zat ini juga bisa didapatkan dari suplemen tertentu. Namun Mama sebaiknya melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

5. Eksperimen dengan makanan

5. Eksperimen makanan
Freepik/pvproductions

Setiap orang punya cara sendiri untuk mengonsumsi vitamin. Ada yang meminumnya bersama makanan, ada pula yang tidak. Namun jika Mama mengalami masalah dengan metode yang digunakan, jangan ragu untuk beralih cara.

Misalnya jika Mama biasa meminum vitamin prenatal dalam kondisi perut kosong, cobalah untuk memakan sesuatu terlebih dahulu. Siapa tahu Mama tipe orang yang memiliki lambung sensitif terhadap obat-obatan. 

Nah, itulah beberapa tips mengonsumsi vitamin prenatal yang bisa Mama terapkan untuk mengurangi rasa tidak nyaman pada perut. Namun sekedar catatan, sebaiknya Mama tidak melakukan eksperimen tanpa memiliki pengetahuan yang cukup. 

Cara terbaik untuk mengatasi masalah selama kehamilan adalah dengan menghubungi dokter, yang akan memeriksa kondisi mama dan melakukan penanganan yang tepat. Dengan demikian, kesehatan ibu dan bayi akan tetap terjaga.

Baca juga:

Topic:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.