Manfaat Utama Prenatal Gentle Yoga untuk Persalinan Lancar dan Nyaman!

Prenatal gentle yoga bisa dilakukan dengan pasangan agar sama-sama siap jalani proses persalinan

8 Oktober 2020

Manfaat Utama Prenatal Gentle Yoga Persalinan Lancar Nyaman
freepik.com/yanalya

Bagi ibu hamil mengalami persalinan yang nyaman dengan minim rasa sakit tentu jadi dambaan. Ternyata melahirkan dengan nyaman dan minim rasa sakit perlu latihan lho. Hal ini diungkapkan oleh Jamilatus Sadiyah atau akrab disapa Bidan Mila.

Salah satu yang bisa disiapkan ibu hamil sebelum melahirkan adalah dengan melakukan yoga hamil. Menurut Bidan Mila, yoga ini bisa membantu ibu hamil secara fisik untuk menghadapi proses persalinan.

Yoga yang bisa mengakomodir ibu hamil agar bisa melahirkan nyaman salah satunya adalah Prenatal Gentle Yoga.

“Yoga sangat membantu proses persalinan karena mempersiapkan dari semuanya. Power entah itu kekuatan rahim, fisik dan dari semangat ibunya,” jelas Bidan Mila kepada Popmama.com.

Lantas bagaimana manfaat Prenatal Gentle Yoga untuk proses persalinan? Berikut Popmama.com rangkum informasi lengkapnya.

Editors' Picks

1. Hal yang dilatih ibu hamil ketika prenatal gentle yoga

1. Hal dilatih ibu hamil ketika prenatal gentle yoga
Freepik

Menurut Bidan Mila ada beberapa hal yang dilatih dalam prenatal gentle yoga. Selain melatih power atau kekuatan ibu saat melahirkan, selanjutnya yang dilatih dengan yoga ini adalah passage atau jalan lahir.

Passage ini jalan lahir, sangat terbantu ketika disiapkan salah satunya dengan prenatal gentle yoga. Passage ketika disiapin dia akan siap dan lentur, sehingga posisi bayinya bisa jadi pas di dalam panggul, dan mudah masuk ke jalan lahir,” jelas Bidan Mila.

Selanjutnya yang disiapkan dalam prenatal gentle yoga yakni passanger. Di sini, passanger-nya adalah si Bayi, dengan prenatal gentle yoga ini sang Bayi juga disiapkan agar posisinya optimal, sehingga persalinannya menjadi lebih lancar.

“Setelah passanger ada optimalisasi posisi ibu. Di prenatal gentle yoga tidak hanya bayi yang disuruh optimal posisinya, tapi dari ibunya dulu. Jadi di prenatal gentle yoga kita belajar pose ibu yang baik seperti apa. Supaya posisi janinnya optimal,” jelas Bidan Mila.

Terakhir yang dilatih dalam prenatal gentle yoga yakni psikologis ibu hami. Dalam prenatal gentle yoga ada sesi relaksasi.

“Sehingga membantu proses persalinan ibu agar ibu siap juga secara psikologis,” jelas Bidan Mila.

2. Boleh dilakukan di rumah jika mendapat ijin dari ahlinya

2. Boleh dilakukan rumah jika mendapat ijin dari ahlinya
Popmama.com/Fx Dimas
This article supported by vivo as Official Journalist Smartphone Partner IDN Media

Prenatal gentle yoga biasanya dipandu oleh instruktur berpengalaman. Namun, tidak menutup kemungkinan bahwa ibu hamil juga bisa melakukannya di rumah. Namun, menurut Bidan Mila hal ini tentu tidak bisa sembarang. Ada syarat-syarat tertentu agar ibu hamil bisa melakukan prenatal gentle yoga sendiri di rumah.

“Bisa, tapi harus beberapa kali bertemu dengan instrukturnya, jadi artinya minimal bertemu seminggu 3-4 kali, setelah itu biasanya yang saya amati, ada perubahan progres dari tubuh ibu, kalau mengikuti prenatal gentle yoga dari 20 minggu minimal,” tuturnya.

Ketika sudah paham dan kenal postur-postur tubuhnya atau pakem-pakem yang baik saat yoga, maka di sana boleh meminta saran instruktur apakah boleh untuk melakukannya di rumah.

“Kalau sudah bertemu dengan instruktur dan sebenarnya dia sudah paham, mengenai semua gerakan-gerakan yoga, pakem-pakemnya agar mengurangi cedera. Karena banyak banget juga ibu-ibu yang tidak pernah yoga, tidak pernah ketemu instruktur, hanya mengikuti dari Youtube, itu justru akan ada risiko cedera lebih besar,” jelas Bidan Mila.

3. Prenatal gentle yoga bisa dilakukan dengan pasangan

3. Prenatal gentle yoga bisa dilakukan pasangan
Freepik

Biasanya ketika hamil yang melakukan yoga adalah si Ibu hamil tersebut. Namun, ada baiknya jika yoga ini dilakukan dengan suami lho, Ma. Menurut Bidan Mila, suami yang sudah mendampingi istrinya menuju persalinan bisa menjadi lebih siap.

“Nah, prenatal gentle yoga dilakukan dengan pasangan, manfaatnya agar suami punya bekal, siap, apa saja gerakan-gerakan yang membantu nanti saat proses persalinan,” tuturnya.

Hal ini juga bisa membuat suami lebih menyadari dan paham tentang keluhan atau masalah yang dilalui ibu hamil terutama kebutuhan fisik.

“Misalnya, ibunya sedang sesak napas, tulang punggung sering nyeri atau back pain, ternyata itu bisa sangat diminimalkan dengan kita melakukan prenatal gentle yoga,” jelas Bidan Mila.

Ketika melakukan prenatal gentle yoga, suami ikut berperan dengan mengingatkan gerakan-gerakan apa yang bisa dilakukan. Bisa juga menyemangati dan memberi arahan kalau postur ibu setiap harinya sudah baik atau belum.

“Karena hanya dari postur tubuh ibu yang tidak baik, keluhannya bisa banyak sekali timbul, dan berpengaruh ke proses persalinan,” pungkas Bidan Mila.

Itulah tadi sederet manfaat dari prenatal gentle yoga untuk ibu hamil dan membantu proses persalinan. Pada dasarnya setiap Mama pasti ingin menjalani masa kehamilan hingga melahirkan dengan aman dan nyaman. Salah satunya Mama bisa melakukan prenatal gentle yoga!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.