Comscore Tracker
TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

11 Artis yang Pernah Keguguran Anak Kedua, Ada Asmirandah

Walau sempat merasa sedih, beberapa di antaranya kini berhasil hamil kembali

9 Oktober 2022

11 Artis Pernah Keguguran Anak Kedua, Ada Asmirandah
Instagram.com/@raffinagita1717 / Instagram.com/@asmirandah89

Keguguran menjadi sebuah kata yang menakutkan ketika Mama akhirnya mendapatkan kehamilan. Apalagi jika kehamilan ini merupakan sebuah penantian panjang setelah memiliki anak pertama.

Ada banyak hal yang dapat menyebabkan keguguran terjadi pada ibu hamil. Misalnya saja seperti kelainan kromosom, hamil anggur, kecapekan, dan masih banyak lagi.

Untuk pulih setelah mengalami keguguran pun tidaklah mudah. Mama pelan-pelan harus kembali membenahi kesehatan fisik dan mental untuk siap mencoba lagi.

Hal ini pun terjadi pada beberapa artis seperti Meghan Markle, Nagita Slavina, Tasya Farasya, dan juga Asmirandah lho, Ma.

Berikut ini Popmama.com rangkumkan deretan artis yang pernah keguguran anak kedua

1. Asmirandah

1. Asmirandah
Instagram.com/Asmirandah89

Pasangan artis Jonas Rivanno dan Asmirandah tengah berduka setelah kehilangan calon anak kedua mereka baru-baru ini.

Mengutip dari unggahan Jonas di akun Instagramnya, ia mengatakan kalau Asmirandah sempat terinfeksi Covid-19 sebelum mengalami keguguran. Saat itu, ia dan keluarga kecilnya menjalani isoman sehingga tidak bisa melakukan pemeriksaan kandungan.

Setelah sembuh, keduanya pun segera melakukan pemeriksaan kandungan. Sayangnya, tepat di usia kandungan 11 minggu Jonas dan Asmirandah harus merelakan kepergian calon adik untuk Chloe, anak pertama mereka. 

Dokter menyatakan bahwa detak jantung bayinya diperkirakan sudah tidak ada sejak usia 9 minggu.

2. Nagita Slavina

2. Nagita Slavina
Instagram.com/@raffinagita1717

Selanjutnya, ada Nagita Slavina yang mengalami keguguran ketika usia kandungannya masih menginjak 4 minggu.

Melalui akun YouTube RANS Entertainment, Nagita mengatakan ia mengalami keguguran di toilet mal sesaat sebelum bertemu dokter kandungan karena sempat mengalami flek.

Menurut dokter, Gigi mengalami keguguran akibat kelelahan. Saat itu, memang Raffi Ahmad dan juga Nagita baru saja kembali dari luar negeri. Oleh karena itu, sesampainya di Jakarta Nagita pun langsung ingin dipijat.

“Aku lupa banget mau ingetin untuk jangan dipijit, tapi ya belum rejeki, jadi Gigi dipijit, namanya juga belum tahu hamil," jelas Raffi saat itu.

Saat ini, Raffi dan Nagita tak lagi bersedih setelah kehadiran Rayyanza Malik Ahmad pada 26 November 2021 di tengah keluarga mereka.

3. Tasya Farasya

3. Tasya Farasya
instagram.com/tasyafarasya

Pada bulan Mei 2021 yang lalu, Tasya Farasya membagikan kabar dukacita melalui unggahan Instagram dengan caption "Innalillahi wainna ilaihi raajiun, till we meet again." Ia mengunggah kabar tentang keguguran kehamilan keduanya itu pada tengah malam.

Saat itu, istri dari Ahmad Assegaf ini tidak menyebutkan usia janin yang ia kandung. Namun, dari unggahan foto USG calon buah hatinya pada 29 April 2021, diketahui usia kehamilan Tasya saat itu menginjak 4 minggu.

4. Beby Prisillia

4. Beby Prisillia
Instagram.com/@onadioleonardo_official

Istri dari aktor dan musisi Onadio Leonardo ini mengumumkan kehamilannya pada Agustus 2021, namun ia harus mengalami keguguran dua bulan kemudian.

Sebelumnya, Beby memang dikabarkan mengalami perdarahan selama 4 hari. Menurut pengakuan Beby, saat itu, ia tidak sedang melakukan aktivitas yang berat yang berpotensi mengganggu kehamilannya.

Namun, setelah melakukan pemeriksaan ke dokter kandungan Beby menemukan kalau janinnya tidak berkembang.

"Tidak berkembang, karena mungkin saat pembuatannya salah satu dari kami ada yang kelelahan," tulisnya di Instagram Story pada Oktober 2021.

Selain itu, dokter juga menjelaskan kalau bentuk janin dan plasentanya tidak dalam keadaan normal. Ditambah lagi adanya perdarahan berhari-hari. Inilah yang menyebabkan Beby mengalami keguguran.

Editors' Picks

5. Sabai Morscheck

5. Sabai Morscheck
Instagram.com/sabaidieter

Istri dari Ringgo Agus Rahman ini kehilangan janinnya pada usia 5 minggu. Kabar duka itu disampaikan melalui unggahan Instagram pada Juli 2018 yang lalu.

Sabai mengalami keguguran saat itu karena kandungannya belum sempurna dan masih lemah. Akhirnya Sabai pun mengalami pendarahan dan keguguran.

Namun, pada April 2020 lalu pasangan ini pun mengumumkan kalau Sabai kembali mengandung dan usia kandungannya sudah menginjak 12 minggu.

Saat ini, Bjorka telah menjadi kakak dari Curtis Ziggy Mars Morscheck. Mars, panggilannya, lahir melalui proses persalinan normal pada 30 Oktober 2020.

6. Cherly Juno

6. Cherly Juno
Instagram.com/@wdphotoworks2020

Pada akhir Agustus 2020 lalu, Cherly Juno juga menyampaikan kabar duka tentang keguguran yang dia alami. Ia mengumumkan kabar tersebut melalui unggahan video di akun Instagramnya. 

Cherly bercerita awalnya ia dapat mendengar detak jantung bayinya pada pemeriksaan sebelumnya. Namun, ketika melakukan USG kembali ke dokter, Cherly dan suaminya tak lagi mendengar detak jantung anak keduanya itu.

Dokter pun menyatakan bayi Cherly meninggal dalam kandungan sehingga harus dilakukan tindakan kuret, sebelum terjadi perdarahan. 

Namun tak perlu menunggu lama, Cherly kembali dinyatakan hamil dan dia melahirkan anak keduanya pada 9 September 2021. Putranya ini ia beri nama Sean Giorgio Panjaitan.

7. Angelina Sondakh

7. Angelina Sondakh
Instagram.com/@keanu_massaid

Mama dari Keanu Massaid ini ternyata sempat mengalami dua kali keguguran saat menantikan anak keduanya dulu. 

Saat itu, Angie sapaan akrab Angelina, mengalami keguguran pada hari ketiga setelah kepergian Adjie Massaid, suaminya.

Diketahui kandungan Angie memasuki usia 2 minggu ketika itu. Ia mengalami shock serta kelelahan sehingga tidak dapat menyelamatkan janinnya.

Ternyata, itu bukanlah keguguran pertama yang Angie alami. Sebelumnya, ia sempat mengalami keguguran setelah merencakan program kehamilan. Namun, karena terlalu sibuk bekerja dan kuliah, ia pun mengalami keguguran.

8. Kalina Ocktaranny

8. Kalina Ocktaranny
Instagram.com/vickyprasetyo777

Setelah memiliki anak pertama bersama Deddy Corbuzier, Kalina pun kembali hamil dengan Vicky Prasetyo. Namun, kehamilan keduanya ini mengalami masalah sehingga Kalina pun harus mengalami keguguran pada Agustus 2021 yang lalu.

Menurut Kalina, ia mengalami kelelahan karena menemani sang Suami beraktivitas. Ditambah Kalina juga masih aktif melakukan aktivitas pribadinya.

Vicky pun sempat menambahkan kalau kondisi Kalina memang tergolong rentan. Terlebih lagi ia sudah lama tidak hamil setelah kehadiran Azka.

Selain itu, sebelumnya ternyata Kalina pun sempat mengalami keguguran ketika ia masih bersama dengan Muhammad Hendrayan.

9. Han Soo Min

9. Han Soo Min
Instagram.com/@minlovesyou

Salah satu bintang dan komedian ternama asal Korea Selatan Park Myung Soo juga harus merelakan kepergian calon anak keduanya. Istrinya, Han Soo Min, mengalami keguguran tak lama setelah ia mengabarkan berita itu pada acara penghargaan Entertainment Awards di tahun 2016.

Pasangan ini padahal sudah sudah cukup lama menantikan kehadiran anak kedua mereka. Putri pertama mereka diketahui lahir pada tahun 2008 dan diberi nama Park Min-seo.

10. Meghan Markle

10. Meghan Markle
Instagram.com/@meghanmarkle_official

Selanjutnya ada Meghan Markle, istri Pangeran Harry yang mengalami keguguran ketika menanti calon anak keduanya. Meghan diketahui mengungkapkan berita ini pada Juli 2020 lalu.

Dikutip dari The Sun, saat itu, Meghan hanya melakukan kegiatan sehari-hari yang biasanya ia lakukan dan bukan hal-hal yang berat. Setelah itu, ia pun menggendong anak pertamanya, Archie Harrison Mountbatten-Windsor, dan menggantikan popoknya sebelum akhirnya mengalami keguguran.

Tak lama setelah peristiwa ini, Meghan pun kembali dinyatakan hamil. Kini Meghan telah melahirkan anak keduanya yang diberi nama Lilibet Diana Mountbatten-Windsor. Putrinya ini diketahui lahir pada 4 Juni 2021.

11. Dinda Hauw

11. Dinda Hauw
Instagram.com/dindahw

Terakhir ada Dinda Hauw. Pada Selasa (22/3/2022) lewat Instagram, Dinda Hauw mengumumkan ia mengalami keguguran bayi kembar. 

Diceritakan di Instagramnya, Dinda Hauw hamil anak kedua saat dirinya sedang berada di Paris. Sepertinya, saat itu mama satu anak ini melakukan tes kehamilan sendiri.

Ia sangat bahagia, meski garis dua masih samar saat mencoba test pack di Paris. Namun, di saat bersamaan justru keluar gumpalan darah dari rahim saat tes pertama. 

Sesampainya di Jakarta, Dinda pun melakukan tes ulang. Ia bersyukur karena garis dua di test pack-nya makin terlihat.

"Hari dimana testpack pertama tahu bahwa garis 2..Keluar darah menggumpal seperti ati ayam waktu di Paris… Sampai 2. Sesampainya di Jakarta, Dinda Hauw memutuskan USGJakarta diberi kekuatan lagi dengan garis yang semakin terang warnanya..," tulis Dinda, Selasa (22/3/2022) malam.

Sepulang dari USG, Dinda dan Rey menjalani hari-hari mereka dengan bahagia. Namun, kebahagiaan itu tak berlangsung lama.

Pasalnya hanya berselang seminggu dari USG tersebut perut Dinda mengalami masalah. Aktris kelahiran 1996 ini mengalami pendarahan.

"Tepat 1 minggu setelah USG, 4. Dinda Hauw ucapkan selamat tinggal kepada janin dalam kandungannya perut sakit dan keluar darah banyak sekali.. Pendarahan… Akhirnya segera ku bawa ke rumah sakit," tulisnya.

Allah SWT punya rencana lain. Di rumah sakit itu Dinda dan Rey Mbayang diberi tahu kalau janin Dinda sudah tidak memiliki detak jantung.

Perlahan, Dinda Hauw mencoba kuat. Ia mengucapkan perpisahan untuk anak kembarnya.

"Selamat jalan Adik ke surga… Terimakasih rasa bahagianya kemarin, dan sampai ketemu lagi nanti," kata Dinda.

Itu tadi deretan artis yang pernah keguguran anak kedua. Yuk, kita doakan agar Mama yang masih berjuang bisa pulih dan mendapatkan kehamilan kembali!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk