Apa Manfaat Ikan Teri untuk Ibu Hamil? Begini Fakta Menariknya!

Manfaat ikan teri untuk ibu hamil tak bisa disepelekan

12 Desember 2019

Apa Manfaat Ikan Teri Ibu Hamil Begini Fakta Menariknya
alibaba.com

Ikan teri termasuk salah satu asupan makanan untuk ibu hamil yang mempunyai kandungan gizi, sehingga tak kalah jika dibandingkan dengan jenis ikan lainnya. Apalagi ibu hamil mengalami peningkatan dalam pemenuhan kebutuhan nutrisi seperti zat besi, kalsium hingga asam lemak omega 3. 

Kandungan gizi di dalam ikan teri pun bisa bermanfaat untuk kesehatan tubuh ibu hamil serta janin dalam kandungan. 

Jika Mama ingin mengetahui beberapa manfaat yang bisa dirasakan oleh ibu hamil saat mengonsumsi ikan teri, kali ini Popmama.com telah merangkum dan membahasnya secara rinci. 

Kenali fakta dari ikan teri yang dikonsumsi oleh ibu hamil yuk, Ma!

1. Membantu dalam menguatkan tulang selama menjalani masa-masa kehamilan

1. Membantu dalam menguatkan tulang selama menjalani masa-masa kehamilan
Freepik/Phduet

Asupan makanan yang dikonsumsi oleh ibu hamil cukup beragam karena harus memenuhi berbagai nutrisi untuk diri sendiri dan janin dalam kandungannya. Ikan teri bisa menjadi salah satu lauk yang dikonsumsi selama hamil karena memiliki kandungan kalsium, sehingga mampu menguatkan tulang. 

Tulang selama hamil perlu dijaga kondisinya dengan berbagai asupan makanan berkalsium dan mineral. Ibu hamil disarankan untuk mendapatkan setidaknya 1.300 mg kalsium per hari. Jika keduanya dipenuhi oleh ibu hamil, maka janin di dalam kandungan pun dapat mengambil sebagian kalsium dari tulang Mama. 

Perlu Mama ketahui bahwa ikan teri mengandung kalsium disetarakan dengan susu, sehingga memang aman dikonsumsi oleh ibu hamil. Kalsium yang dikonsumsi oleh ibu hamil tidak hanya baik untuk kesehatan tulang saja, namun membantu dalam menjaga kesehatan gigi agar terhindar dari gangguan penyakit termasuk sakit gigi. 

2. Mencegah anemia yang membahayakan untuk kesehatan ibu hamil

2. Mencegah anemia membahayakan kesehatan ibu hamil
Freepik/Comzeal

Anemia termasuk gangguan kesehatan yang rentan terjadi pada ibu hamil dan kasus yang cukup sering yakni anemia defisiensi zat besi.

Perlu Mama ketahui bahwa anemia yang terjadi pada ibu hamil dapat disebabkan karena meningkatnya volume darah selama menjalani masa-masa kehamilan. Hal ini tentunya dapat memengaruhi kondisi ibu hamil menjadi mudah lemah dan lesu menjalani aktivitas keseharian. 

Jika anemia dibiarkan begitu saja, risikonya tak bisa dianggap sepele karena dapat menyebabkan kematian pada janin. 

Usahakan tidak berantung pada obat berbahan kimia selama hamil demi mencegah terjadinya anemia. Demi mencegah terjadinya anemia secara alami selama hamil, maka ada baiknya mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi tinggi seperti ikan teri.

Ikan teri sebagai lauk bisa membantu mengatasi anemia serta mencegahnya terjadi. Ibu hamil yang mengonsumsi ikan teri pun akan semakin terhindar dari gejala-gejala seperti pusing dan mual akibat faktor kekurangan darah.  

3. Meningkatkan proses pembentukan energi selama masa-masa kehamilan

3. Meningkatkan proses pembentukan energi selama masa-masa kehamilan
buydryseahorsecom.com/

Seiring berjalannya waktu dan usia kehamilan semakin meningkat, tak jarang beban berat badan saat hamil memerlukan energi yang cukup banyak. 

Demi memenuhi gizi seimbang, ibu hamil tidak perlu terlalu banyak mengonsumsi terlalu banyak makanan karena tidak semuanya mengandung gizi serta energi. Perlu Mama ketahui bahwa makanan yang tidak salah atau bahkan tak menghasilkan energi justru memicu perut ibu hamil mudah kembung. 

Ikan teri bisa menjadi salah satu lauk yang bisa disarankan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Kandungan vitamin B1 di dalam ikan teri akan membantu proses pembentukan energi selama menjalani kehamilan. 

Mama tak perlu khawatir karena kandungan vitamin B1 pada ikan teri mampu membantu proses pembentukan energi di dalam tubuh sekaligus bermanfaat sebagai oksidasi.

Editors' Picks

4. Mampu menjaga berat badan semakin hamil optimal

4. Mampu menjaga berat badan semakin hamil optimal
medicalnewstoday.com

Terlalu sembarangan mengonsumsi makanan selama hamil memang akan berdampak buruk pada kesehatan sekaligus berat badan. Apalagi sebagian perempuan berat badannya mudah sekali naik, sehingga perlu sekali terus dijaga agar kenaikannya tidak terlalu berlebihan. 

Ikan teri dapat menjadi lauk untuk menu makan siang dan malam ibu hamil memiliki rendah kalori serta protein yang tinggi. Sebagai lauk teman makan nasi, Mama pun dapat mengatur kadar kalori yang masuk setiap kali makan apalagi ikan teri mudah sekali membuat kenyang. 

Jika Mama termasuk yang ingin menjaga kesehatan dan berat badan selama hamil, maka ikan teri termasuk pilihan lauk yang tepat untuk menu makan karena membantu berat badan tidak mengalami kenaikan secara drastis. 

5. Membantu meningkatkan perkembangan otak janin meskipun masih di dalam kandungan 

5. Membantu meningkatkan perkembangan otak janin meskipun masih dalam kandungan 
yomoya.info

Beragam jenis ikan mulai dari teri, salmon dan makarel termasuk sumber asam lemak omega 3 yang baik untuk ibu hamil.

DHA dan EPA (asam eikosapentanoat) di dalam asam lemak omega 3 memberikan banyak manfaat termasuk perkembangan otak janin.  

Maka dari itu, ikan teri dapat disarankan untuk ibu hamil agar memperoleh asupan bergizi untuk kesehatan si Kecil. Mama pun tak perlu khawatir karena kadar merikuri di dalam ikan teri lebih rendah daripada jenis ikan ukuran besar lainnya. 

6. Menjaga mata terhindar dari berbagai penyakit

6. Menjaga mata terhindar dari berbagai penyakit
Pixabay/PublicDomainPictures

Selama menjalani masa-masa kehamilan, seringkali ibu hamil mengalami beragam masalah kesehatan akibat perubahan hormon. Perlu diketahui bahwa perubahan ini dapat memengaruhi berbagai organ tubuh selama hamil, termasuk kesehatan dan fungsi mata. 

Dikutip dari ABC News bahwa ketidaknyamanan dengan lensa kontak, mata kering, kelopak mata bengkak dapat mengaburkan fungsu penglihatan dan sensitivitas mata terhadap cahaya. Hal ini dapat terjadi akibat migrain yang kerap muncul saat hamil. 

Meskipun gangguan kesehatan mata yang terjadi pada ibu hamil terbilang normal akibat perubahan hormon, namun ada baiknya tetap menjaga kesehatan mata agar terhindar dari berbagai penyakit. 

Demi menjaga mata tetap sehat, maka ada baiknya mengonsumsi makanan dengan vitamin A seperti ikan teri. Vitamin A yang terkadung di dalamnya dapat membantu mengatasi berbagai gangguan mata, sehingga tak berdampak buruk pada kondisi janin dalam kandungan. 

7. Menjaga kesehatan kulit selama hamil 

7. Menjaga kesehatan kulit selama hamil 
Freepik

Dilansir dari Baby Center, ibu hamil seringkali mengalami perubahan kulit mulai dari kemunculan stretch mark, warna kulit menggelap, jerawatan hingga timbul garis gelap pada perut. 

Padahal menjaga kesehatan kulit selama hamil perlu dilakukan agar kulit terawat dan terhindar dari kusam. Salah satu caranya yakni mengonsumsi makanan bergizi termasuk ikan teri karena kaya akan vitamin E. 

Tak hanya itu, ikan teri pun mengandung cukup banyak antioksidan sehingga mampu menghentikan kerusakan sel di dalam tubuh.

Walau ada beragam manfaat yang bisa didapat setelah mengonsumsi ikan teri, namun ada baiknya dibatasi agar tidak terlalu berlebihan. Lalu pastikan juga untuk mengonsumsi ikan teri segar karena memiliki kadar garam yang rendah. 

Baca juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!