Ikan Kakap Mengandung Omega 3 dan Mineral yang Dibutuhkan Ibu Hamil

Dapatkan gizi yang sehat dari ikan kakap yuk, Ma!

6 Oktober 2019

Ikan Kakap Mengandung Omega 3 Mineral Dibutuhkan Ibu Hamil
Freepik/Dashu83

Makanan saat hamil perlu diperhatikan dengan baik untuk menutrisi Mama dan janin yang ada di dalam kandungan. Berbagai gizi seperti, karbohidrat, protein, lemak, kalsium, omega 3, vitamin dan mineral sangat dibutuhkan oleh tubuh.

Mencukupi semua kebutuhan gizi di atas bisa melalui sayur, buah, dan ikan. 

Ikan ada banyak jenisnya, salah satu ikan yang baik untuk dikonsumsi saat hamil adalah ikan kakap. Ikan ini mengandung mineral, dan vitamin yang sangat bermanfaat dalam mendukung kesehatan ibu hamil.

American Heart Associaation mengatakan bahwa dengan memenuhi asam omega 3 pada tubuh, maka akan menurunkan kolestrol dan memperkecil risiko terkena penyakit jantung.

Apa saja manfaat yang bisa dihasilkan dari mengonsumsi lauk-pauk ikan kakap ya, Ma? Kali ini Popmama.com sudah merangkum informasinya, dibaca yuk!

1. Mengandung kalium yang dapat menambah stamina tubuh

1. Mengandung kalium dapat menambah stamina tubuh
Freepik

Ketika hamil badan Mama lebih cepat merasa lelah sebab asupan yang Mama dapatkan tidak hanya untuk tubuh sendiri tetapi untuk menutrisi janin juga. Perubahan hormon yang terjadi ikut memengaruhi tubuh Mama, sehingga Mama perlu istirahat dengan cukup dan membatasi kegiatan berlebihan.

Namun, ada lho makanan yang bisa menambah stamina, yaitu dengan mengonsumsi makanan yang mengandung kalium.

Sumber kalium bisa Mama dapatkan dengan memakan ikan kakap. Dengan begitu tubuh Mama bisa mendapatkan energi dan tidak mudah lelah.

Editors' Picks

2. Sumber asam lemak omega 3 yang dapat merangsang perkembangan otak janin

2. Sumber asam lemak omega 3 dapat merangsang perkembangan otak janin
Freepik

Ikan kakap memiliki kandungan gizi omega 3, kandungan ini bisa menutrisi perkembangan otak pada janin sebab di dalam omega 3 terdapat EPA dan DHA yang bisa memberi stimulasi perkembangan otak pada janin.

Dengan mengonsumsi ikan kakap maka nutrisi omega 3 pada si Janin akan terpenuhi, selain itu Mama akan terhindar dari risiko penyumbatan pembuluh darah.

Sebagian orang takut untuk makan ikan karena ikan mengandung lemak, ikan kakap memang mengandung lemak tetapi lemak baik yang dapat mengontrol kolestrol pada tubuh. 

Sehingga memperkecil risiko terkena penyakit yang berhubungan dengan jantung.

Jadi sangat aman ya, bila mama ingin makan nasi ditambah dengan ikan kakap sebagai lauknya.

3. Mengandung vitamin untuk pemenuhan gizi tubuh dan janin

3. Mengandung vitamin pemenuhan gizi tubuh janin
Freepik/Senivpetro

Bukan cuma sayur dan buah yang mengandung vitamin A, pada ikan kakap juga terdapat vitamin tersebut. Vitamin A berfungsi untuk menjaga kesehatan mata dan memperbaiki penglihatan.

Dengan makan ikan kakap kebutuhan tubuh akan vitamin jadi terpenuhi, belum lagi ikan kakap mengandung vitamin B yang mengandung folat jadi tubuh Mama akan semakin sehat pastinya.

Tubuh yang sehat tentu membuat kehamilan selalu terjaga dengan baik.

4. Menangkal radikal bebas yang bisa merusak DNA pada janin

4. Menangkal radikal bebas bisa merusak DNA janin
Redsnapperfish.com

Radikal bebas sangat berbahaya bagi tubuh, terlebih saat Mama hamil. Jika terkena radikal bebas bisa membuat kerusakan DNA pada janin. Tentu Mama tidak menginginkan hal ini terjadi bukan? Oleh sebab itu makan ikan kakap ya.

Mengapa harus ikan kakap?

Makanan ini menjadi sumber selenium, senyawa ini mampu untuk menangkal radikal bebas. Dengan begitu tubuh Mama akan terhindar dari racun-racun yang bisa membahayakan kesehatan si Janin.

Selain itu ikan kakap mengandung beberapa mineral seperti zat besi, zink, dan fosfor. Sehingga mencukupi kebutuhan harian akan mineral.

Itulah beberapa manfaat yang bisa Mama dapatkan saat mengonsumsi ikan kakap, selain memenuhi kebutuhan akan omega 3, vitamin, dan mineral. Ikan kakap juga lezat untuk dikonsumsi, jadi jangan lupa untuk menambahkan ikan kakap sebagai menu makan ya, Ma!

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.