5 Bahaya Kebanyakan Minum Es Teh Manis Saat Hamil 

Menyegarkan, tapi harus waspada ya!

6 Maret 2019

5 Bahaya Kebanyakan Minum Es Teh Manis Saat Hamil 
Pixabay/JASONBON

Mama pasti setuju kalau es teh manis menjadi salah satu minuman wajib saat sedang makan. Seolah kurang lengkap rasanya jika makan tidak ditemani segelas es teh manis ya, Ma. 

Meskipun kafein pada teh lebih ringan daripada kopi, namun bukan berarti ibu hamil dapat mengonsumsinya secara berlebihan. Teh memang memiliki kandungan polifenol yang bersifat antioksidan, sehingga dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan mampu meredakan gejala mual di pagi hari selama hamil. 

Hanya saja, es teh manis yang dikonsumsi secara berlebihan dapat memberikan dampak buruk. Apalagi rasa manis dari tambahan gula untuk es teh ini bila dikonsumsi terlalu sering dapat meningkatkan risiko diabetes. 

Untuk Mama yang suka dan terbiasa mengonsumsi es teh manis saat hamil, kali ini Popmama.com akan memberikan beberapa dampak buruk yang bisa terjadi bila dikonsumsi secara berlebihan.

1. Mengalami insomnia

1. Mengalami insomnia
Unsplash/Vladislav Muslakov

Gangguan tidur selama hamil di trimester pertama memang bisa terjadi. Ini dikarenakan masih berusaha untuk adaptasi terhadap perubahan fisik dan mental. 

Selain itu, gangguan tidur atau insomnia bisa terjadi karena mengonsumsi es teh manis secara berlebihan. Padahal kualitas tidur yang nyenyak sangat dibutuhkan untuk ibu hamil.   

Kandungan kafein di dalam es teh manis dapat memperparah kesulitan tidur, apalagi ditambah dengan perubahan hormon dan bentuk tubuh. Bila ini sering terjadi tentu sangat menyiksa dan tidak nyaman ya, Ma. 

2. Bayi terlahir dengan berat lahir rendah 

2. Bayi terlahir berat lahir rendah 
Unsplash Alex Hockett

Perlu disadari, pemicu bayi berat lahir rendah (BBLR) dapat disebabkan karena terlalu banyak mengonsumsi kafein, salah satunya es teh manis secara berlebihan saat hamil. Padahal bayi berat lahir rendah dapat menimbulkan berbagai gangguan kesehatan lain pada si Kecil.

Kafein akan melewati plasenta sebagai jembatan penyalur nutrisi untuk janin. Jika dikonsumsi secara berlebihan, kafein dapat menjadi racun. Selain berat badan, kafein juga dapat memengaruhi tinggi dan lingkar kepala bayi.  

Kafein pada es teh manis juga memicu masa kehamilan menjadi lebih lama. Jika Mama menyukai es teh manis, sebaiknya jumlah asupan setiap hari perlu dibatasi. 

WHO sebuah Organisasi Kesehatan Dunia merekomendasikan untuk para perempuan hamil dalam mengonsumsi kafein setiap harinya yaitu kurang dari 300 miligram. Sementara itu, American College of Obstetricians and Gynecologists (ACOG) lebih menyarankan ibu hamil mengonsumsi hanya 200 miligram dalam sehari. 

Editors' Picks

3. Memicu anemia 

3. Memicu anemia 
Freepik

Selama masa kehamilan memang banyak ibu hamil yang cenderung mengalami anemia. 

Saat mengonsumsi es teh manis secara berlebihan selama kehamilan, tanpa disadari penyerapan zat besi di dalam tubuh justru akan terhambat dan memicu terjadinya anemia. 

Anemia termasuk kondisi saat jumlah kadar sel darah merah di dalam tubuh terlalu sedikit atau di bawah normal. Anemia bisa terjadi karena kurangnya kadar zat besi atau vitamin B12 di dalam tubuh.  

4. Risiko kematian janin di dalam kandungan

4. Risiko kematian janin dalam kandungan
Unsplash/Thought Catalog

Mengonsumsi es teh manis terlalu banyak selama masa kehamilan dapat memicu kematian janin di dalam kandungan. Bisa dibilang kalau risiko ini paling berbahaya jika Mama terbiasa mengonsumsi es teh manis terlalu sering, termasuk di awal-awal kehamilan. 

Kandungan kafein di dalam es teh manis dapat menghambat pertumbuhan janin. Jika berlebihan dikonsumsi dapat menyebabkan risiko kematian janin ketika masih di dalam perut. 

5. Menyebabkan keguguran 

5. Menyebabkan keguguran 
Freepik

Konsumsi es teh manis bukan dilarang selama hamil hanya saja perlu dikurangi agar jumlah kafein di dalam tubuh masih dalam keadaan normal. 

Keguguran menjadi salah satu ketakutan terbesar bagi setiap ibu hamil. Perlu disadari bahwa risiko keguguran akan meningkat karena mengonsumsi kafein terlalu berlebihan, terutama saat kehamilan muda. 

Itulah beberapa dampak buruk yang bisa terjadi bila mengonsumsi es teh manis secara berlebihan saat hamil.

Tetap harus bijak dalam mengonsumsi makanan atau minuman selama masa kehamilan ya, Ma.

Baca juga: 

Topic:

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!