Menyusul Irish Bella, Citra Kirana Positif Hamil Anak Pertama

Banyak aktris Indonesia yang sedang hamil nih, Ma!

28 Februari 2020

Menyusul Irish Bella, Citra Kirana Positif Hamil Anak Pertama
Instagram.com/citraciki

Kabar bahagia datang dari pasangan Citra Kirana dan Rezky Adhitya karena di awal tahun 2020 ini, mereka berdua diberikan anugerah yang luar biasa. 

Usai Irish Bella dan Cut Meyriska mengumumkan bahwa keduanya positif hamil, kini Citra Kirana pun membagikan kabar bahagia karena sedang mengandung anak pertamanya bersama Rezky.  

Kabar kehamilan Citra sempat diumumkan melalui sebuah unggahan video berjudul "Mama Citra dan Papa Rezky" yang tayang perdana pada Kamis (27/2/2020) di channel YouTube Ciky Citra Rezky. 

Video berdurasi 11 menit 10 detik ini diambil ketika keduanya sedang berlibur di Eropa. Di awal video, Citra menggunakan test pack sebagai alat uji kehamilan di toilet. 

"Oke guys sekarang aku lagi di toilet. Aku tuh sebenarnya dari Indonesia sudah bawa ini (test pack). Penasaran banget, hasilnya apa ya?" kata Ciki.

Setelah menunggu, raut wajah Citra pun mendadak bahagia karena test pack yang digunakan memperlihatkan hasil positif. 

"Ya Allah, alhamdulillah. Jawabannya yes," girang Citra. 

Usai mengetahui kabar bahagia ini melalui hasil test pack, Citra pun memberitahukan kehamilannya kepada sang Suami. Ketika sedang makan malam romantis, Citra mengatakan bahwa dirinya sedang mengandung anak pertama. 

Mengetahui kabar bahagia tersebut, Rezky tersenyum kegirangan dan langsung memeluk Citra sambil mengusap air mata bahagianya. 

"Benar ya (hamil)? Peluk aku dong. Terima kasih ya, mama love," kata Rezky sambil mengusap air matanya. 

"Doain ya. Semoga bayinya bisa jadi anak yang baik, sehat, bahagia dan dapat menyenangkan orangtuanya. Semoga kita berdua juga semakin solid, kompak dan mencintai. Amin," doa Rezky untuk keluarga kecilnya. 

Menurut Citra, vlog kali ini sangat luar biasa sekali karena sang Pencipta sudah memberikan sebuah kejutan luar biasa yang tak ternilai. 

Allah kasih kejutan buat kita berdua dengan sempurna. Aku bahagia bisa dipercaya untuk menjadi calon Ibu. Begitu juga Masky yang akan menjadi calon Ayah. Terima kasih Allah atas karunia-Mu. 

Aamiin Allahumma Aamiin... 

Terkait kondisi kehamilan Citra yang sedang hamil muda, kali ini Popmama.com telah memberikan sedikit informasi mengenai hamil di trimester pertama. 

Semoga informasinya berguna ya, Ma!

1. Makanan yang perlu dikonsumsi saat hamil muda

1. Makanan perlu dikonsumsi saat hamil muda
Pexels/Lisa Fotios

Kehamilan yang sehat tentu menjadi idaman semua ibu hamil apalagi di masa-masa trimester awal. 

Demi mendapatkan nutrisi dan asupan bergizi, ibu hamil perlu memenuhi kebutuhanya dengan baik. Selain mengonsumsi susu hamil perlu sekali rutin makanan yang mengandung protein, zat besi, asam folat dan kandungan baik lainnya. 

Mungkin banyak yang bertanya-tanya mengenai asupan selama menjalani trimester pertama. Berikut panduan sederhananya: 

  • Telur sebagai sumber protein, kalsium dan vitamin D. Telur juga memiliki kandungan kolin yang mampu mempertahankan perkembangan saraf otak janin dalam rahim.
  • Bayam sebagai sumber kalsium, zat besi dan asam folat yang sangat baik dikonsumsi pada ibu hamil.
  • Asparagus memiliki banyak vitamin D yang bisa menjadi alternatif untuk mengatasi morning sickness. 
  • Brokoli memiliki banyak nutrisi yang diperlukan selama kehamilan mulai dari kalsium, asam folat, serat, vitamin C, dan antioksidan tinggi. Berbagai nutrisi tersebut dapat menangkal radikal bebas, menghilangkan dan mencegah bayi lahir prematur.
  • Kacang almond sebagai camilan bernutrisi dengan kandungan vitamin E, asam lemak omega-3 dan protein. Kacang almond pun dapat diolah menjadi makanan berat hingga camilan sehat saat hamil. 

Segala jenis makanan selama hamil, termasuk di trimester pertama memang perlu diperhatikan. 

Editors' Picks

2. Pahami jenis olahraga yang aman saat hamil muda

2. Pahami jenis olahraga aman saat hamil muda
Freepik

Trimester pertama menjadi awal kehamilan yang harus diperhatikan dengan baik agar mampu beradaptasi dengan hadirkan si Kecil di dalam perut. 

Meskipun ketika awal kehamilan akan mengalami beberapa ketidaknyamanan karena banyak perubahan hormon terjadi, namun Mama perlu tetap aktif bergerak. Jenis olahraga pun dapat dipilih saat sedang hamil muda, seperti: 

  • Pilates membantu ibu hamil dalam mengatasi gangguan di awal kehamilan, seperti masalah keseimbangan, nyeri punggung bagian bawah serta nyeri tulang ekor. Saat rutin dilakukan, maka pilater dapat membantu dalam memperbaiki otot. 
  • Yoga membantu otot tetap lentur apalagi jenis olahraga ini dapat dilakukan sendiri di rumah. Tak hanya itu, yoga dapat membangun kekuatan dan keseimbangan tubuh, mengurangi tekanan darah dan mengatur ritme pernapasan. 
  • Berlari ringan saat akhir pekan membantu membakar kalori dan meningkatkan kekuatan kaki selama masa kehamilan. 
  • Berenang membantu tubuh merasa lebih rileks, tenang dan nyaman selama kehamilan. Pastikan untuk melakukan pemanasan sebelum berenang agar kram kaki tidak terjadi ya, Ma. 

Selama menjalani kehamilan di trimester pertama, usahakan agar olahraga yang dipilih sesuai dengan kebutuhan serta kemampuan tubuh. 

Berkonsultasi pada dokter kandungan terlebih dahulu saat memilih jenis olahraga. 

Baca juga: Apakah Olahraga Lari Aman untuk Ibu Hamil Muda?

3. Asupan vitamin D selama hamil muda diperlukan untuk kesehatan

3. Asupan vitamin D selama hamil muda diperlukan kesehatan
Pexels/Victor Freitas

Menurut American Pregnancy Association dalam penelitiannya mengatakan bahwa cukup asupan vitamin D selama hamil memiliki manfaat bagi perkembangan sistem imun dan tulang janin. 

vitamin D bisa ditemukan pada beberapa makanan seperti ikan salmon, ikan tuna, sarden, makarel, kuning telur, jamur kancing, udang dan tahu. Asupan vitamin D yang cukup dapat melindungi tubuh dari berbagai infeksi selama hamil. 

Tak hanya makanan saja, namun vitamin D alami dapat diperoleh dari sinar matahari. 

Sinar matahari memiliki sinar ultraviolet B alias UVB. Ketika sinar UVB ini terkena kulit ibu hamil, maka kulit akan membantu vitamin D secara alami dalam jumlah besar. 

Sinar matahari tanpa disadari dapat meningkatkan perkembangan tulang si Kecil yang sedang bertumbuh di dalam kandungan. Tercukupinya vitamin D diperlukan karena dapat mengurangi risiko komplikasi yang sewaktu-waktu akan muncul. 

Itulah kabar bahagia yang sempat dibagikan oleh Citra Kirana dan Rezky Adhitya karena tahun ini mereka akan dikaruniai anak pertama. 

Untuk semua yang sedang hamil muda semoga informasi di atas juga berguna ya, Ma!

Baca juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.