Tetap Aman, Ini 5 Obat Panas Dalam untuk Ibu Hamil dengan Bahan Alami

Ibu hamil yang mengalami panas dalam dianjurkan untuk mengonsumsi obat berbahan dasar alami 

24 Juni 2021

Tetap Aman, Ini 5 Obat Panas Dalam Ibu Hamil Bahan Alami
Pixabay/nastya_gepp

Istilah panas dalam pasti sudah tidak asing lagi di telinga ya, Ma? Apalagi panas dalam bisa terjadi pada siapa saja, termasuk ibu hamil. 

Ibu hamil yang mengalami panas dalam biasanya akan merasa kurang nyaman di bagian tenggorokan, termasuk nyeri ketika ingin menelan. Tak hanya itu saja, gejala panas dalam meliputi bibir pecah-pecah dan aroma bau mulut yang berbeda dari biasanya. 

Walau tidak bisa dikategorikan sebagai penyakit menurut medis, namun panas dalam menjadi tanda terhadap gejala awal suatu penyakit. Panas dalam yang dirasakan oleh ibu hamil tidak boleh disepelekan karena berisiko adanya infeksi virus atau bakteri di dalam tubuh. 

Jika Mama sedang ingin mengetahui beberapa obat panas dalam untuk ibu hamil dengan bahan alami, Popmama.com telah memberikan rangkumannya. 

Demi kesehatan diri sendiri dan janin, simak alternatif mengatasi panas dalam melalui bahan alami yuk. 

1. Berkumur dengan air garam membantu tenggorokan terasa nyaman

1. Berkumur air garam membantu tenggorokan terasa nyaman
Freepik/Rawpixel.com

Air garam termasuk salah satu obat panas dalam yang bisa diberikan untuk ibu hamil. Penggunaan garam sebagai bahan alami dapat meredakan gejala yang terkesan kurang nyaman di daerah tenggorokan. 

Perlu diketahui bahwa air garam bersifat hipertonik. Ketika digunakan untuk berkumur, maka sel-sel di tenggorokan akan terendam oleh air garam dalam beberapa saat. 

Cairan sel yang terpapar virus atau bakteri di dalam tenggorokan akan tertarik ke permukaan. Lalu akan dikeluarkan bersama air yang sudah dikumur-kumur. 

Larutan air garam ini mudah sekali dibuat, Mama hanya perlu mencampurkan segelas air hangat dengan setengah sendok teh garam. 

Setelah berkumur, ibu hamil disarankan untuk mengonsumsi air putih yang cukup agar mulut tidak kering. 

Editors' Picks

2. Mengonsumsi sup ayam hangat agar imunitas tubuh meningkat

2. Mengonsumsi sup ayam hangat agar imunitas tubuh meningkat
Pixabay/RitaE

Sup ayam yang memiliki kuah hangat bisa menjadi rekomendasi untuk ibu hamil ketika sedang mengalami panas dalam. 

Mengonsumsi sup ayam dipercaya dapat membantu meredakan gejala panas dalam dan membuat tenggorokan terasa nyaman. Mengingat makanan ini memiliki sumber nutrisi yang baik untuk ibu hamil dalam menjaga kekebalan tubuh. 

Semangkuk sup ayam dapat meningkatkan sistem imun serta membuat tulang lebih kuat. Apalagi kandungan asam amino pada daging ayam bersifat antiinflamasi, sehingga mampu menjaga kesehatan selama masa kehamilan. 

Demi mengurangi gejala panas dalam, ibu hamil disarankan mengonsumsi semangkuk sup ayam agar memiliki kekebalan tubuh yang tinggi terhadap infeksi serta peradangan. 

3. Mengonsumsi air kelapa muda dengan kandungan kalium yang baik untuk tubuh

3. Mengonsumsi air kelapa muda kandungan kalium baik tubuh
Pixabay/Gadini

Ibu hamil yang mengalami panas dalam dan sulit menelan bisa jadi sedang mengalami gejala infeksi virus serta alergi. Jika ingin meringankan gangguan kesehatan ini, cobalah untuk mengonsumsi air kelapa muda.

Tak hanya menyegarkan saja, namun air kelapa muda cukup efektif karena memiliki kandungan mineral termasuk kalium. 

Ketika panas dalam, tak jarang tubuh akan mengeluarkan banyak keringat untuk menurunkan suhu tubuh. Asupan air kelapa muda bisa menggantikan cairan tubuh yang sudah keluar. 

4. Air madu dengan perasan lemon dapat meningkatkan daya tahan tubuh 

4. Air madu perasan lemon dapat meningkatkan daya tahan tubuh 
Rawpixel/Ake

Ibu hamil yang sedang mengalami panas dalam memang disarankan untuk menyembuhkannya melalui bahan-bahan alami. 

Air madu dengan perasan lemon termasuk cara alami yang bisa meredakan gejala panas dalam. Tak hanya mengatasi permasalahan sulit menelan ketika panas dalam saja, namun ibu hamil yang mengonsumsi air madu dengan perasan lemon secara rutin dapat meningkatkan daya tahan tubuhnya. 

Perasan air lemon dalam larutan ini juga mampu mengatasi masalah sariawan yang terjadi selama masa kehamilan. 

5. Sari kacang hijau memberikan beragam nutrisi untuk tubuh dan meredakan gejala panas dalam

5. Sari kacang hijau memberikan beragam nutrisi tubuh meredakan gejala panas dalam
Pixabay/PDPics

Gejala panas dalam yang dirasakan oleh ibu hamil memang seringkali dapat mengganggu aktivitas. Rasa tidak nyaman akan muncul karena gejala panas dalam mampu memicu rasa sakit ketika ingin menelan makanan. 

Jika sedang mencari obat alami untuk mengatasi panas dalam selama masa kehamilan, maka cobalah mengonsumsi sari kacang hijau. 

Kacang hijau memiliki beragam nutrisi, termasuk zat besi, vitamin, serat dan mineral. Dengan mengolah sari kacang hijau dengan menambahkan jahe dan sedikit gula akan mampu meredakan gejala panas dalam. 

Mama bisa mengonsumsinya selagi hangat, sehingga membantu tenggorokan terasa lebih nyaman dan meredakan panas dalam. 

Itulah beberapa obat untuk mengatasi panas dalam saat hamil yang berbahan alami. Perlu diingat juga, ibu hamil perlu beristirahat secara cukup karena dapat membantu memperkuat daya tahan tubuh termasuk saat melawan virus dan bakteri. 

Perbanyak minum air putih agar mampu mencegah terjadinya dehidrasi ya, Ma. 

Baca juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.