14 Rekomendasi Merek Vitamin untuk Ibu Hamil yang Bagus di Apotik

Vitamin berikut ini dapat menjadi penambah nutrisi ibu hamil

13 Juni 2024

14 Rekomendasi Merek Vitamin Ibu Hamil Bagus Apotik
Pexels/Anna Shvets

Ibu hamil perlu menjaga asupan makanan dan minuman selama sembilan bulan masa kehamilan. Meningkatkan pola makan sehat dan mengurangi makanan instan pun perlu dilakukan agar perkembangan janin optimal. 

Tak hanya itu, komponen nutrisi yang diperlukan selama masa kehamilan bisa didapat dari suplemen atau multivitamin. Vitamin dapat menjadi pendukung sekaligus penambah nutrisi di luar asupan makanan sehari-hari. 

Ada baiknya konsumsi vitamin ibu hamil yang bagus dengan kandungan nutrisi cukup lengkap di trimester 1, 2 dan 3. Nah, berikut Popmama.com telah merangkum beberapa rekomendasi merek vitamin untuk ibu hamil yang bagus di apotik.

Simak rekomendasinya, yuk, Ma!

Rekomendasi vitamin untuk ibu hamil di apotik

1. Blackmores Pregnancy & Breast-Feeding Gold

1. Blackmores Pregnancy & Breast-Feeding Gold
Tokopedia.com/Moermer

Kondisi ibu hamil di awal kehamilan masih rentan. Apalagi, bila ibu hamil kelelahan, pendarahan bisa saja terjadi. Untuk itu, ibu hamil perlu menjaga kesehatan agar tidak mudah jatuh sakit.

Selain makan asupan bergizi, lengkapi kebutuhan tubuh dengan vitamin buat ibu hamil, seperti Blackmores Pregnancy & Breast-Feeding Gold. 

Blackmores Pregnancy & Breast-Feeding Gold mengandung vitamin B6 dan asam folat yang dapat membantu kebutuhan nutrisi harian ibu hamil. Asam folat juga dapat meningkatkan kecerdasan janin. 

Harga Blackmores Pregnancy & Breast-Feeding Gold: mulai dari Rp155.000

2. Blackmores I-Folic

2. Blackmores I-Folic
Shopee.co.id

Dalam setiap tablet Blackmores I-Folic terkandung asam folat dan yodium yang Mama dan si Kecil butuhkan. Oleh karenanya, sudah pasti Blackmores I-Folic dapat memberikan manfaat jika dikonsumsi selama masa kehamilan.

Dalam setiap tablet Blackmores I-Folic mengandung yodium (berupa kalium iodida 196.2 mikrogram) sebesar 150 mikrogram. 

Yodium adalah elemen penting dan merupakan bagian dari hormon tiroid dan tiroksin, yang diperlukan untuk pertumbuhan dan metabolisme. Asupan yodium dibutuhkan ibu hamil dan ibu menyusui untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan otak. 

Blackmores I-Folic ini juga mengandung 500 mikrogram asam folat, yakni vitamin kelompok B yang larut dalam air. 

Asam folat memiliki banyak manfaat bagi kesehatan janin selama di kandungan. Jika Mama kekurangan asam folat akan berdampak pada janin, bahkan berisiko keguguran.

Beberapa manfaat asam folat untuk janin di antaranya adalah mencegah penyakit jantung, mencegah bibir sumbing, mendukung pertumbuhan dan perkembangan janin, serta meningkatkan pembentukan DNA.

Harga Blackmores I-Folic: mulai dari Rp226.000

3. Elkana

3. Elkana
Goapotik.com/Apotek Melia

Trimester pertama termasuk fase kehamilan yang penting. Pada masa ini, ibu hamil harus ekstra menjaga diri dan memenuhi kebutuhan nutrisi. Sehingga, janin tumbuh secara optimal. 

Agar kebutuhan nutrisi tetap terpenuhi, ada baiknya lengkapi asupan dengan vitamin yang bagus untuk ibu hamil. Salah satunya adalah Elkana.

Suplemen ini mengandung vitamin A, vitamin B6, vitamin B12, vitamin D3 dan mineral. Elkana tidak hanya menjadi suplemen penambah nafsu makan, tapi juga dapat membantu pertumbuhan otot dan tulang janin.

Elkana bisa dikonsumsi sehabis makan agar perut tidak mengalami iritasi. Hindari juga makanan yang pedas, asam, dan berlemak selama mengonsumsi suplemen ini agar tidak memicu gangguan kesehatan janin di dalam kandungan. 

Harga Elkana: mulai dari Rp10.000

4. Esfolat

4. Esfolat
Tokopedia.com/Awul Shop

Esfolat termasuk vitamin ibu hamil yang bernutrisi. Suplemen ini mengandung multivitamin, mineral, dan asam folat. Suplemen ini dapat memenuhi kebutuhan tubuh ibu hamil. Namun, jangan lupa utamakan asupan bergizi sehari-hari, ya.

Kandungan asam folat dapat mendukung perkembangan otak dan saraf janin. Sehingga, suplemen ini dapat meningkatkan kecerdasan calon bayi.

Harga Esfolat: mulai dari Rp350.000.

5. Folamil Genio

5. Folamil Genio
Tokopedia.com/Toko Menteng

Folamil Genio diklaim sebagai vitamin ibu hamil terbaik. Suplemen ini mengandung multivitamin, mineral, dan asam folat.

Kandungan beta karoten dapat mencegah bayi cacat lahir. Ada baiknya, konsumsi beta karoten tidak melebihi 10.000 IU untuk ibu hamil.

Vitamin ibu hamil di apotik, selain aman untuk ibu hamil, Folamil Genio juga dapat dikonsumsi ibu menyusui.

Harga Folamil Genio: mulai dari Rp160.000.

Editors' Pick

6. Folavit

6. Folavit
bukalapak.com

Salah satu merk vitamin ibu hamil trimester 1 di apotik yaitu Folavit. Folavit merupakan suplemen yang mengandung asam folat. Suplemen bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan asam folat dalam tubuh yang bermanfaat dalam pemeliharaan sistem saraf yang sehat dan dalam pembentukan sel darah merah yang membawa oksigen ke seluruh tubuh.

Harga Folavit: mulai dari Rp11.000

 

 

7. Natavit

7. Natavit
Bukalapak.com/Putri Silvia

Suplemen vitamin ibu hamil berikutnya, yaitu Natavit. Suplemen berbentuk tablet ini mengandung asam folat, vitamin B kompleks, DHA. Kandungan tersebut dapat menjaga kesehatan dan kecerdasan otak janin.

Natavit juga mampu membantu proses pembentukan sel-sel tubuh. Sehingga, vitamin ini dapat mencegah  cacat lahir pada bayi.

Harga Natavit: mulai dari Rp90.000

8. Natures Plus Prenatal

8. Natures Plus Prenatal
Naturalfarm.id

Apakah kamu mencari vitamin ibu hamil yang dapat meningkatkan kesehatan tulang? Natures Plus Prenatal bisa jadi pilihan tepat nih.

Suplemen ini mengandung kalsium dan fosfor. Kandungan tersebut dapat memperkuat tulang.

Manfaat lainnya, suplemen ini dapat menjaga daya tahan tubuh. Pasalnya, Natures Plus Prenatal dapat mengoptimalkan kelenjar tiroid dalam memproduksi hormon.

Harga Natures Plus Prenatal: mulai dari Rp530.000.

9. Neurodex

9. Neurodex
Shopee.co.id

Neurodex merupakan jenis suplemen obat yang mengandung vitamin B1 (Thiamine monohydrate), B6 (Pyridoxine HCl), dan B12 (Cyanocobalamin). 

Suplemen ini diperbolehkan dikonsumsi saat hamil untuk memenuhi kebutuhan vitamin B kompleks ibu hamil.

Tidak hanya bermanfaat untuk menutrisi saraf, Neurodex juga bermanfaat untuk membantu mengatasi beberapa jenis penyakit, termasuk keluhan pada ibu hamil.

Salah satu manfaatnya bagi ibu hamil adalah membantu mengatasi mual dan muntah atau morning sickness yang kerap dirasakan pada trimester pertama kehamilan.

Neurodex juga dapat mengatasi anemia yang diakibatkan oleh defisiensi vitamin B12. Selain itu, Neurodex juga dapat mengatasi pegal-pegal dan kesemutan yang juga kerap dikeluhkan oleh ibu hamil.

Neurodex merupakan jenis suplemen yang termasuk dalam golongan obat bebas. Artinya, obat ini bisa dibeli tanpa resep dokter.

Meski demikian, Neurodex harus dikonsumsi sesuai dengan dosis yang dianjurkan. Dosis Neurodex adalah sebanyak 1 tablet, diminum 1 kali sehari.

Neurodex dapat diminum sebelum maupun sesudah makan. Namun, disarankan Mama meminum suplemen ini di jam yang sama setiap harinya.

Dilarang mengonsumsi Neurodex lebih dari dosis yang telah dianjurkan untuk menghindari efek samping yang tidak diinginkan.

Harga Neurodex: mulai dari Rp7.000 per strip

10. Nutrimax Mother

10. Nutrimax Mother
Tokopedia.com/Top Store 1

Nutrimax Mother adalah vitamin ibu hamil dan menyusui. Suplemen ini memiliki banyak manfaat, mulai dari mencegah kelahiran prematur, mengurangi risiko kelahiran cacat, sampai mencegah kerusakan sel saraf otak janin. 

Suplemen ini ternyata juga dapat meningkatkan perkembangan fisik janin. Selain melengkapi kebutuhan ibu hamil, Nutrimax Mother berguna untuk pertumbuhan calon bayi.

Harga Nutrimax Mother: mulai dari Rp225.000.

11. Osfit DHA

11. Osfit DHA
Kalbestore.com

Osfit DHA adalah salah satu vitamin ibu hamil muda. Suplemen ini mengandung vitamin D3, kalsium, dan minyak ikan tuna. 

Osfit DHA memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Kandungan DHA dan EPA dapat meningkatkan perkembangan otak janin. Meskipun tergolong aman, ada baiknya konsultasikan penggunaan suplemen ini dengan dokter terlebih dulu.

Harga Osfit DHA: mulai dari Rp140.000

12. Prolacta DHA for Mother

12. Prolacta DHA for Mother
Tokopedia.com/Alleee Store

Prolacta DHA for Mother termasuk vitamin ibu hamil dengan kandungan DHA, EPA, kalsium, dan vitamin E.

Selain mampu menambah energi yang dapat disalurkan ke seluruh bagian tubuh, DHA dapat membantu perkembangan otak janin. Di sisi lain, DHA juga dapat meningkatkan kinerja sistem saraf pusat dan mata. 

Sebelum dikonsumsi di trimester pertama, ada baiknya berkonsultasi dengan dokter kandungan. Supaya kesehatan janin di dalam kandungan tetap terjaga.

Harga Prolacta DHA for Mother: mulai dari Rp60.000

13. Promavit

13. Promavit
Blibli.com/Albier Mukhtar

Di trimester pertama kehamilan, umumnya ibu hamil mengalami anemia. Jika dibiarkan, anemia dapat menimbulkan komplikasi terhadap kehamilan hingga mengalami keguguran. 

Promavit bisa menjadi salah satu asupan suplemen vitamin yang dibutuhkan oleh ibu hamil. Kandungannya cukup lengkap, seperti DHA, EPA, asam folat, omega 3, dan mineral. Dengan semua kandungan tersebut, Promavit dapat meningkatkan pertumbuhan janin.

Tak hanya itu, Promavit juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan mencegah sakit gigi dan tulang keropos pada ibu hamil 

Harga Promavit: mulai dari Rp35.000

14. Vitabiotics Pregnacare Plus

14. Vitabiotics Pregnacare Plus
Vitabiotics.co.id

Satu lagi vitamin ibu hamil, yakni Vitabiotics Pregnacare Plus. Suplemen ini mengandung 18 nutrisi, mulai dari vitamin, mineral, sampai folic acid. Beberapa kandungan Vitabiotics Pregnacare Plus:

  • Vitamin E
  • Vitamin B16
  • Vitamin B5
  • Vitamin B1
  • Zat besi
  • Zinc
  • Magnesium
  • Selenium, dan sebagainya.

Selain dapat memenuhi nutrisi tubuh ibu hamil, vitamin ini dapat meningkatkan perkembangan otak dan mata janin. 

Harga Vitabiotics Pregnacare Plus: mulai dari Rp145.000.

 

Nah, itulah rekomendasi vitamin untuk ibu hamil yang bagus di apotik untuk trimester 1, 2 dan 3.

Demi keamanan dan kesehatan, ada baiknya konsumsi vitamin-vitamin tersebut sesuai saran dokter. Selain itu, utamakan asupan makanan sehari-hari yang bergizi, ya. 

Baca juga:

The Latest