6 Hal yang Harus Dipersiapkan saat Pertama Kali Melakukan USG

Pemeriksaan USG saat awal kehamilan bisa jadi momen pertama bertemu si Kecil lho Ma

31 Juli 2020

6 Hal Harus Dipersiapkan saat Pertama Kali Melakukan USG
Pixabay/karlajara

Pemeriksaan ultrasonografi (USG) adalah hal yang sangat dianjurkan untuk perempuan yang sedang hamil.  

Selain bertujuan untuk mengetahui jenis kelamin dan jumlah janin, USG juga bisa mendeteksi masalah dan perkembangan janin selama di dalam kandungan.

Mama bisa melakukan USG setelah mengetahui bukti kehamilan melalui testpack. USG pertama disarankan untuk dilakukan saat usia kehamilan sudah lebih dari tujuh minggu, agar pemeriksaan dapat memberikan hasil yang lebih jelas mengenai kesehatan, ukuran, dan perkiraan lahir janin.

Namun, USG dianjurkan hanya dilakukan tiga kali dalam satu masa kehamilan. Yaitu pada trimester pertama, kedua dan mendekati waktu persalinan.

Saat USG dilakukan itulah momen pertemuan Mama dengan si Kecil. Pasti ada rasa senang, haru, dan khawatir kan Ma?

Nah, untuk meminimalkan perasaan yang campur aduk, sebaiknya Mama menenangkan diri sambil mempersiapkan enam hal sebelum pemeriksaan USG pertama, yang sudah Popmama.com rangkum untuk Mama.

1. Pilih dokter yang bersertifikat

1. Pilih dokter bersertifikat
health.mil

Metode USG sudah berkembang, tidak hanya dapat melihat bayi dalam dua dimensi, tetapi sudah bisa dilakukan dengan USG 3D (tiga dimensi) atau 4D (empat dimensi).

Jika Mama ingin melaukan pemeriksaan 3D dan 4D, sebaiknya Mama memilih dokter yang sudah memiliki sertifikasi.

Sebab, pemeriksaan USG 3D dan 4D, harus ditangani oleh dokter yang memiliki keterampilan khusus untuk membaca hasil diagnosis USG jenis ini. Sehingga hasil USG bisa didapatkan dengan optimal.

2. Pilih waktu yang tepat

2. Pilih waktu tepat
pxhere.com

Setelah Mama menentukan dokter dan jenis USG yang akan dilakukan, sebaiknya Mama sesuaikan juga dengan usia kandungan yang tepat.

Pemeriksaan USG tahap awal dapat dilakukan sejak usia kehamilan 6-7 minggu agar bisa mendengarkan denyut jantung bayi.

Namun, kalau Mama ingin mengetahui jenis kelamin si Kecil, USG dapat dilakukan pada usia kehamilan 18 minggu.

Selain itu, jika Mama tertarik mengetahui bentuk wajah si Kecil, Mama bisa melihatnya di usia kandungan 27-28 minggu melalui USG 3D.  Jadi tentukan ya Ma, waktu yang paling tepat untuk bertemu si Kecil.

Editors' Picks

3. Minum banyak air

3. Minum banyak air
Pexels/Daria Shevtsova

Sebelum melakukan USG sebaiknya Mama meminum cukup air putih sejak pagi hari. Bukan tanpa alasan, mengonsumsi banyak air dapat membantu membersihkan cairan ketuban sehingga hasil USG akan terlihat lebih jelas.

4. Ciptakan rasa nyaman dalam diri

4. Ciptakan rasa nyaman dalam diri
Freepik/Pressfoto

Hilangkan rasa khawatir dan ciptakan perasaan senyaman mungkin. Dan jangan biarkan perut mama dalam kondisi lapar maupun kekenyangan saat melakukan USG,.

Selain itu, jika Mama masih merasa takut untuk pergi dan melakukan USG sendiri, mintalah kepada Papa, saudara, atau sahabat Mama untuk menemani. Intinya buat diri Mama senyaman mungkin.

5. Pakai busana yang sesuai

5. Pakai busana sesuai
Freepik/Bearfotos

Bagi Mama yang ini melakukan pemeriksaan USG, disarankan untuk mengenakan pakaian yang nyaman dan memudahkan saat USG.

Mama bisa menggunakan blouse longgar dengan bawahan yang nyaman.

Jika Mama ingin mengenakan loosedress saat USG, sebaiknya Mama tetap mengenakan celana bawahan lagi agar tetap memudahkan dokter saat melakukan pemeriksaan.

6. Siapkan daftar pertanyaan

6. Siapkan daftar pertanyaan
Pixabay/TeroVesalainen

Tidak hanya tentang jenis kelamin, Mama juga bisa menanyakan tentang posisi, kondisi, atau kelainan yang mungkin ada pada janin.

Ceritakan juga Ma, gejala yang Mama rasakan dan yang seharusnya dirasakan pada kehamilan tapi Mama tidak merasakannya. Dan jangan lupa tanyakan juga kapan jadwal USG selanjutnya dengan dokter.

Nah, itulah yang bisa Mama persiapkan sebelum pertama kali melakukan USG. Pertemuan Mama dengan si Kecil saat USG pertama adalah momen yang sangat berarti. Jadi persiapkan sebaik mungkin ya, Ma.

Bacajuga:


 

Topic:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.