Cara Membaca Hasil USG agar Tak Bingung

Ketahui cara membaca hasil USG yuk Ma agar tak lagi bingung.

12 Oktober 2019

Cara Membaca Hasil USG agar Tak Bingung
Freepik

Bagi Mama yang baru pertama kali mengandung, kebingungan dalam membaca hasil USG pasti pernah dialami. bagaimana tidak Ma, dalam lembaran oto USG berwarna hitam putih, hanya tertera  huruf dan angka yang tersusun rapi sebagai keterangan perkembangan janin dalam kandungan dari waktu ke waktu.

Mama yang masih merasa bingung dalam membaca singkatan huruf dan angka harus membaca artikel berikut ini. Sebab selain menjelaskan mengenai makna huruf dan angka yang tertera, Mama juga jadi tahu apa makna warna hitam putih yang tertera pada foto USG. 

Popmama.com telah merangkum penjelasannya agar Mama lebih mengerti lagi.

1. Membaca istilah dalam USG

1. Membaca istilah dalam USG
Freepik

Ada beberapa istilah yang disebut dalam monitor saat ibu hamil melakukan USG. Untuk istilah yang tertera pada USG, berikut penjelasannya Ma:

  • GA atau Gestational Age
    Istilah GA yang tertera dalam foto USG adalah Gestational Age Ma. GA menunjukkan perkiraan umur kehamilan Mama yang diukur berdasarkan panjang tungkai kaki, tungkai lengan, diameter kepala, hingga perkembangan organ tubuh janin.
  • CRL atau Crown Rump Length
    CRL atau Crown Rump Length merupakan keterangan yang menunjukkan ukuran jarak dari ujung kepala hingga ujung kaki janin Ma. Biasanya, CRL digunakan dokter untuk mengukur janin di usia kehamilan trimester awal.
  • GS atau Gestational Sac
    GS atau Gestational Sac merupakan ukuran kantung kehamilan yang ditandai dengan  bulatan hitam MA. GS umumnya muncul pada hasil foto USG trimester awal.
  • BPD atau Biparietal Diameter
    BPD atau Biparietal Diameter menunjukkan ukuran tulang pelipis kiri dan kanan Ma. BPD umumnya digunakan untuk mengukur janin saat memasuki trimester dua atau tiga.
  • AC atau Abdominal Circumferencial
    AC atau Abdominal Circumferencial merupakan perkiraan ukuran lingkar perut janin Ma. Nah, apabila AC dikombinasikan dengan BPD maka hasilnya akan berupa  perkiraan berat janin dalam kandungan.
  • HC atau Head Circumferencial
    HC atau Head Circumferencial merupakan keterangan terkait ukuran lingkaran kepala janin dalam kandungan.
  • FL atau Femur Length
    Sementara untuk FL atau Femur Length merupakan keterangan terkait ukuran panjang tulang paha janin Ma.
  • FW atau Fetal Weight
    FW atau Fetal Weight merupakan keterangan mengenai  berat janin dalam kandungan
  • FHR atau Fetal Heart Rate
    Sementara untuk FHR atau Fetal Heart Rate menunjukkan  frekuensi detak jantung janin
  • LMP atau Last Menstrual Period
    LMP atau Last Menstrual Period merupakan hitungan hari pertama haid terakhir. Umumnya ini digunakan sebagai acuan umur janin dalam kandungan.
  • EDD atau Estimated Delivery Date
    EDD atau Estimated Delivery Date merupakan keterangan mengenai perkiraan persalinan berdasarkan tanggal menstruasi. Mama mungkin lebih akrab dengan istilah HPL (Hari Perkiraan Lahir) dibandingkan istilah EDD.

Editors' Picks

2. Arti perbedaan gradasi warna saat USG

2. Arti perbedaan gradasi warna saat USG
steadyhealth.com

Sebagian besar foto USG berwarna hitam putih, namun Mama bisa melihat perbedaannya dalam gradasi warna hitam dan putih di foto tersebut. Perbedaan warna berasal dari perbedaan densitas bahan yang dilewati oleh gelombang suara.

  • Jaringan padat, seperti tulang akan terlihat berwarna putih. Sebab permukaan luarnya memantulkan lebih banyak suara.
  • Jaringan yang berisi cairan, seperti rahim, akan terlihat gelap atau berwarna hitam.
  • Gambar ultrasonik tidak bisa berfungsi dengan baik terhadap gas. Sehingga organ-organ tubuh yang berisi udara, seperti paru-paru, tidak bisa diperiksa dengan ultrasonografi Ma.

3. Pilih USG 2D, 3D, atau 4D sesuai dengan kebutuhan

3. Pilih USG 2D, 3D, atau 4D sesuai kebutuhan
Freepik

Perkembangan teknologi yang ada membuat hasil USG terlihat jelas. Jika dulu hanya ada USG 2D, maka kini telah ada USG 3D dan juga USD 4D Ma.

Mama ingin tahu perbedaanya?

Nah, sesuai dengan tingkatannya Ma, dibanding dengan USG 2 dimensi, USG 3 dimensi memiliki hasil yang yang lebih jelas.

USG 3D dapat menampilkan ciri-ciri wajah janin termasuk melihat kemungkinan adanya kelainan yang diderita janin seperti bibir sumbing atau lainnya Ma. Sementara USG 4 dimensi tentu akan lebih jelas lagi karena Mama bisa melihat gerakan janin, termasuk denyut jantungnya.

Nah, itu dia Ma cara membaca USG. Jika Mama masih bingung, jangan sungkan untuk menanyakan kepada dokter kandungan agar Mama lebih mengerti dan tahu perkembangan janin dalam kandungan dari waktu ke waktu. 

Baca juga: 

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!