Apakah USG 5 Dimensi Aman Bagi Janin? Cek Faktanya Dulu, Ma

Mama dapat melihat janin dengan lebih jelas lagi menggunakan USG 5 dimensi

22 Mei 2020

Apakah USG 5 Dimensi Aman Bagi Janin Cek Fakta Dulu, Ma
Youtube/RizalFitni

Hampir setiap ibu hamil tidak asing dengan USG 2 dimensi. Mama bahkan mungkin mengetahui tentang USG 3 dimensi dengan gambar mirip aslinya yang berkualitas tinggi. Jika ingin melihat perkembangan janin dengan gambar bergerak, Mama dapat mencoba USG 4 dimensi.  

Tetapi apakah Mama pernah mendengar tentang teknologi USG5 dimensi?

Beberapa produsen dan klinik komersial di Amerika Serikat menggembar-gemborkan USG 5 dimensi. USG ini dikenal juga dengan USG HD, pencitraan janin dengan standar emas.

Apakah USG 5 dimensi ini aman bagi Mama dan janin? Bagaimana cara kerjanya? Yuk, simak ulasan Popmama.com berikut ini mengenai USG 5 dimensi dan perbedaannya dengan USG lainnya.

USG dengan Standar Emas

USG Standar Emas
youtube/janakramer

USG 5 dimensi mengandalkan perangkat lunak untuk menghasilkan gambar janin yang lebih baik. USG ini menunjukkan hasil yang lebih jelas, seperti warna kulit melalui pencahayaan.

Namun menurut Dr. Welsey Lee, co-direktur Texas Children's Fetal Center di Texas Children's Pavilion for Women di Houston, Amerika Serikat, meski terdengar seperti teknologi terbaru dan paling hebat, USG 5 dimensi pada dasarnya sama dengan USG 3 dimensi dan 4 dimensi.

USG 5 dimensi diklaim dapat menampilkan spesialisasi seperti jantung, anggota badan, dan sistem saraf pusat. Ini adalah hasil pengembangan perangkat lunak dari USG 3 dimensi dan 4 dimensi.

Editors' Picks

Apakah Perbedaannya dengan USG Lainnya?

Apakah Perbedaan USG Lainnya
nydailynews.com

USG  5 dimensi sangat mirip dengan USG 3 dimensi dan 4 dimensi, yang didasarkan pada model 2 dimensi tradisional. Inilah perbedaannya:

  • USG 2 dimensi

Ini merupakan USG hitam putih yang tradisional. Menggunakan gelombang suara frekuensi tinggi dan perangkat lunak pencitraan khusus untuk membuat gambar janin yang ditampilkan pada monitor.

  • USG 3 dimensi

USG ini hampir sama dengan USG 2 dimensi namun memberikan gambar yang lebih tajam dan hidup. Dokter dapat menggunakan USG 3 dimensi untuk melihat anatomi janin dengan lebih baik. Ini dapat membantu untuk mendiagnosis apakan ada potensi cacat kelahiran atau kelainan.

  • USG 4 dimensi

USG ini memberikan gambaran janin dalam bentuk video yang real time. Seperti model 3 dimensi, USG ini dapat memungkinkan dokter mendiagnosis masalah kesehatan janin.

USG 2 dimensi berguna untuk penilaian diagnostik. Ketika dokter melihat ada sesuatu yang mencurigakan, maka dokter akan menggunakan USG 3 dimensi atau 4 dimensi.

  • USG 5 dimensi

USG ini diklaim mengandalkan perangkat lunak untuk menghasilkan gambar yang lebih baik dari janin. Mama akan melihat wajah, warna kulit, dan organ tubuh janin. Selain itu USG ini juga memiliki sumber pencahayaan virtual.

Apakah USG 5 Dimensi Aman bagi Mama dan Janin?

Apakah USG 5 Dimensi Aman bagi Mama Janin
freepik.com/asmedvednikov

Menurut FDA dan American College of Obstetricians dan Gynaecologists (ACOG), USG tidak terbukti membahayakan janin yang sedang berkembang. USG ini tidak menggunakan sinar-X atau radiasi dan tidak terkait dengan masalah kesehatan atau perkembangan apa pun. Dengan catatan, jika dilakukan oleh tenaga profesional terlatih berdasarkan kebutuhan medis.

Paparan non-medis jangka panjang belum terbukti aman dan beberapa ilmuwan khawatir bahwa energi dari gelombang ultrasonik mungkin memengaruhi janin. Namun ini masih harus dilakukan penelitian lebih lanjut.

Jadi Mana yang Harus Mama Pilih?

Jadi Mana Harus Mama Pilih
freepik.com/wavebreakmedia

Mama dapat memilih USG sesuai kebutuhan. Pastikan Mama mendapatkan USG dari dokter di rumah sakit. Jika janin tidak memiliki masalah, USG 3 dimensi atau 4 dimensi cukup baik bagi Mama.

Semoga bermanfaat, Ma.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.