7 Manfaat Ikan Gabus untuk Ibu Hamil

Bisa mencegah terjadinya pembengkakan pada tubuh saat hamil lho, Ma

22 Juli 2019

7 Manfaat Ikan Gabus Ibu Hamil
Freepik.com

Jika ingin anaknya pintar, maka ibu hamil harus mengonsumi banyak protein hewani salah satunya ikan. Pernah mendengar kata-kata seperti itu, Ma? Pernyataan seperti ini ternyata ada benarnya juga lho.

Kandungan vitamin yang terdapat pada ikan memang bagus untuk perkembangan janin, sebab itu ibu hamil disarankan untuk mengunsumsi ikan.

Salah satunya ikan gabus, jenis ikan air tawar ini terbukti memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh dan baik di konsumsi untuk ibu hamil.

Selain memiliki kandungan protein yang tinggi, kandungan yang terdapat pada ikan gabus lainnya yaitu kalori, lemak, zat besi, kalsium, fosfor, vitamin A, vitamin B, dan air.

Banyak sekali, bukan? Tidak hanya itu, ternyata ikan gabus memiliki kandungan albumin yang cukup tinggi, yang mana merupakan jenis protein terbanyak dalam darah.

Dengan kandungan sebanyak itu, tak heran jika ibu hamil sangat disarankan untuk mengonsumsi ikan gabus. Penasaran apa saja manfaat ikan gabus bagi ibu hamil? Yuk, disimak baik-baik informasinya ya, Ma.

1. Mengatasi kurang gizi

1. Mengatasi kurang gizi
Pexels/Public Domain

Menjaga keseimbangan gizi memang bukan merupakan hal yang mudah, terutama bagi janin dan juga anak-anak yang memiliki kebiasaan susah makan. Ternyata ikan gabus ini sangat baik untuk mengatasi kekurangan gizi lho, Ma.

Ibu hamil seringkali melupakan kecukupan nutrisi gizi yang dua kali lipat lebih dibutuhkan ketika sedang masa kehamilan, sebab nutrisi utama sang bayi saat di kandungan adalah makanan yang dikonsumsi oleh Mama. 

2. Nutrisi untuk pertumbuhan

2. Nutrisi pertumbuhan
Pexels/Wayne Evans

Ikan gabus ternyata baik untuk menjadi nutrisi pendukung pertumbuhan. Oleh karena itu ibu hamil, ibu menyusui, dan anak-anak sangat dianjurkan mengonsumsi salah jenis ikan air tawar ini.

Perlu Mama ketahui bahwa tubuh membutuhkan nutrisi ekstrak untuk membantu proses pertumbuhan, jika pada manfaat sebelumnya ikan gabus baik untuk mengatasi kekurangan gizi, yang satu ini juga dikatakan baik sebagai lengkah pencegahan.

Editors' Picks

3. Baik untuk pertumbuhan rahim dan janin

3. Baik pertumbuhan rahim janin
Pexels/Rawpixel

Ibu hamil seringkali disarankan untuk mengonsumsi banyak protein hewani seperti hati ayam, telur dan ikan.

Kandungan protein yang cukup tinggi pada ikan gabus ternyata sangat dipercaya baik untuk pertumbuhan rahim ibu hamil dan juga janin yang dikandungnya.

4. Menambah berat badan

4. Menambah berat badan
Pexels/Rawpixel

Ibu hamil yang memiliki berat badan kurang sangat disarankan oleh dokter untuk mengonsumi protein hewani yang dipercaya sangat baik untuk menambah berat badan.

Sebab jika ibu hamil memiliki berat badan yang tidak sesuai pada usia kandungannya, maka akan menyebabkan lahirnya bayi prematur.

Ikan gabus juga memiliki manfaat untuk menarikan berat badan lho, Ma. Jadi, kira-kira sudah cukup belum nih berat badan Mama?

5. Membantu mencegah pembengkakan

5. Membantu mencegah pembengkakan
Freepik.com

Tidak hanya perut saja yang semakin membesar, saat masa kehamilan biasanya banyak ibu hamil mengeluhkan perubahan kaki yang ikut membengkak seiring bertambahnya usia kandungan.

Hal ini sering disebut dengan hormon kehamilan, yang mana volume darah dalam tubuh selama kehamilan cenderung meningkat. Jadi jangan langsung panik ya, Ma.

Terjadinya pembengkakan ini biasa disebut edema. Manfaat ikan gabus disini dapat membantu kinerja albumin untuk mengikat darah supaya tidak terjadi pengendapan yang menyebabkan edema tersebut.

6. Membuat luka cepat pulih

6. Membuat luka cepat pulih
Freepik.com

Ikan gabus memang terkenal dengan manfaat albumin nya yang luar biasa untuk kesehatan tubuh.

Selain untuk mencegah terjadinya pembengkakan, juga bisa membantu meregenerasi jaringan tubuh yang terluka dengan baik dan cepat.

Selain baik dikonsumsi saat masa kehamilan, ikan gabus juga dijadikan sebagi obat alternatif bagi para Mama yang akan melakukan operasi sesar untuk menutup luka bekas operasi lebih cepat.

7. Menjaga kekebalan tubuh

7. Menjaga kekebalan tubuh
Freepik.com

Nah, bagian ini juga tak kalah penting lho, Ma. Saat sedang masa kehamilan, menjaga kekebalan tubuh sangatlah penting, sebab ibu hamil seringkali mudah terkena penyakit misalnya flu, batuk, pilek, dan lain sebagainya.

Kembali lagi pada kandungan albumin yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, salah satunya juga dapat membantu pembentukan sel darah putih yang memiliki tugas penting dalam menjaga kekebalan tubuh terhadap serangan penyakit.

Sudah tahu manfaat ikan gabus kan, Ma?

Ternyata salah satu jenis ikan air tawar ini bisa dijadikan sebagai daftar menu wajib saat Mama sedang hamil.

Selain itu, jika dokter menyarankan Mama untuk melakukan operasi sesar, ikan gabus juga bisa dijadikan pilihan sebagai penyembuh luka bekas operasi nanti.

Semoga bermanfaat dan semoga kandungan Mama sehat sampai waktu persalinan tiba ya, Ma.

Baca juga: 

Topic:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.