Cara Mengatasi Mual Saat Hamil Ketika Sedang Bekerja di Kantor

Duh, kalau sedang bekerja sepertinya agak merepotkan ya

6 Juli 2018

Cara Mengatasi Mual Saat Hamil Ketika Sedang Bekerja Kantor
babyandchild.ae

Banyak perempuan yang masih bekerja ketika sedang menjalani masa trimester pertama. Jelas ini terasa sulit terutama ketika kita nggak bisa menahan perasaan mual saat sedang bekerja di kantor.

Bisa jadi kita lebih sering bolak-balik ke toilet dibandingkan di meja kerja kita. Duh!

Agar tak mengganggu pekerjaanmu, ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk sedikit meringankan morning sickness ketika sedang bekerja di kantor.

1. Bekerja secara fleksibel

1. Bekerja secara fleksibel
medlife.com

Jika atasan kamu mengizinkan, buatlah jadwal tersendiri untuk mengatasi rasa mual.

Misalnya, jika kamu merasa mual setiap pagi, mintalah izin untuk datang siang atau ketika kamu sudah merasa tubuh kamu lebih fit dan siap fokus bekerja.

Beberapa perusahaan, memiliki keijakan untuk kita bisa bekerja di rumah. Manfaatkan fasilitas ini pada awal trimester pertamamu.

2. Istirahatkan ketika memiliki waktu

2. Istirahatkan ketika memiliki waktu
hellodoktor.com

Duduk selama kurang lebih 8 jam di depan komputer menjadi salah satu pemicu kamu merasa mual dan letih selama trimester pertama.

Maka, cobalah meminta izin kepada atasanmu untuk memberikan waktu sekitar 10 menit setiap 4 jam sekali untuk merenggangkan kaki dan melakukan beberapa hal yang bisa mengatasi rasa mual seperti meminum jahe hangat.

Miliki waktu sekitar 10 menit atau lebih untuk releksasi di luar ruangan. Hirup udara luar dengan baik agar kamu merasa tenang karena seharian di ruangan dengan AC juga kerap membuat kamu merasa mual dan pusing.

Jika bos kamu pengertian, pastinya ia akan mempersilahkan kamu untuk menenangkan diri dari morning sickness.

Saat kamu naik angkutan umum, tutup mata selama perjalanan. Simpan bantal dan selimut di dalam mobil sehingga kamu bisa mendapatkan sedikit waktu untuk beristirahat.

Istirahat dapat memberi kamu sedikit penyegaran saat kamu bekerja hingga menuju sore hari.

3. Jangan biarkan perut kamu kosong atau terlalu kenyang

3. Jangan biarkan perut kamu kosong atau terlalu kenyang
Unsplash/Priscilla Fong

Ini jadi senjata utama ketika mengatasi morning sickness. Untuk mencegah perasan mual saat trimester pertama, jangan biarkan perut kamy merasa kelaparan atau terlalu kenyang.

Sediakan beberapa cemilan pereda morning sickness ketika sedang di kantor seperti granola bar, permen mint, atau kukis oat dengan rasa buah.

Kamu juga bisa menyediakan beberapa pilihan buah yang menyegarkan yang bisa kamu nikmati ketika merasa mual.

Editors' Picks

4. Simpanlah peralatan darurat yang mudah dijangkau

4. Simpanlah peralatan darurat mudah dijangkau
amazon.com

Sediakan di tas kamu beberapa peralatan darurat seperti air sickness bag, sikat gigi, pasta gigi, tisu, air, dan kebutuhan lainnya yang siap digunakan.

Pastikan kamu dapat mudah mengambilnya ketika tiba-tiba merasa mual dimanapun kamu berada.

Simpan pakaian ekstra - termasuk sepatu - berguna hanya jika terjadi bencana. Banyak hal yang tak terduga, jadi siapkan sebelum semuanya terjadi sebelum kamu berlari ke toilet

5. Letakkan humidifier pada meja kerjamu

5. Letakkan humidifier meja kerjamu
organicdailypost.com

Beberapa ibu hamil membutuhkan aroma yang segar saat melakukan kegiatan. Begitu pula pada ibu hamil yang seharian menghabiskan waktunya di meja kerja.

Jika kamu memiliki ruangan sendiri, nggak ada salahnya menyediakan lilin aromatherapy atau humidifier yang mengeluarkan wangi kesukaanmu. Alat ini dapat membuat kamu merasa rileks.

6. Sesuaikan pengaturan monitor komputer

6. Sesuaikan pengaturan monitor komputer
Freepik/suksao

Kecerahan, warna, dan kontras dapat menyebabkan mual.

Sesuaikan pengaturan monitor komputer agar lebih nyaman bagi kamu. Sering-seringlah beristirahat dengan menutup mata, lihat file kerja non-elektronik, atau berdiri.

7. Konsultasikan dengan dokter

7. Konsultasikan dokter
maxpixel.freegreatpicture
Obat hipertensi bisa menyebabkan batuk

Jika morning sickness memaksa kamu terus bolak-balik ke toilet selama berjam-jam setiap hari, berbicaralah dengan dokter kandungan kamu.

Ia akan merekomendasikan atau meresepkan obat yang bisa meringankan morning sickness. Dokter juga akan tahu apakah harus diperiksa di rumah sakit untuk perawatan yang lebih signifikan.

Kalau kamu, bagaimana cara mengatasi morning sickness saat berada di kantor?

Topic: