7 Asupan Gizi Penting untuk Ibu Hamil Muda, Wajib Dikonsumsi!

Kandungan gizi ini membantu maksimalkan perkembangan janin di awal kehamilan

15 Oktober 2020

7 Asupan Gizi Penting Ibu Hamil Muda, Wajib Dikonsumsi
Pexabay/PublicDomainPictures

Ibu hamil membutuhkan asupan nutrisi agar janin tumbuh dengan baik. Apalagi jika Mama sedang hamil muda, maka kebutuhan nutrisi dalam makanan ini harus dipertimbangkan.

Kondisi trimester pertama biasanya menjadi momen yang cukup menantang bagi ibu hamil. Kondisi kandungan yang masih muda rentan dengan masalah dan gangguan. Makanan sehat untuk ibu hamil muda ini bisa membantu perkembangan janin dan kesehatan mama sendiri.

Ada beberapa jenis nutrisi yang wajib dikonsumsi pada masa awal kehamilan ini. Selain itu, Mama juga sudah harus menghindari makanan maupun minuman yang berisiko menimbulkan gangguan pada janin.

Berikut Popmama.com rangkum informasi asupan gizi yang baik untuk ibu hamil:

1. Makanan yang kaya asam folat

1. Makanan kaya asam folat
www.freepik.com
Asam folat bisa didapat dari alpukat

Asal folat adalah kandungan yang berguna untuk pertumbuhan dan perkembangan otak bayi mama. Asam folat juga membantu mencegah bayi dari berbagai gangguan kecacatan. Mama bisa mengonsumsi makanan kaya asam folat dari sayuran berdaun hijau, buah-buahan seperti alpukat, dan kacang-kacangan. Untuk masa kehamilan, konsumsi asam folat yang dianjurkan adalah sejumlah 600 mikrogram per hari.

2. Makanan yang kaya serat

2. Makanan kaya serat
Unsplash/Shelley Pauls

Serat juga menjadi nutrisi yang penting karena membantu menjaga kesehatan pencernaan ibu hamil. Makanan yang mengandung serat bisa didapatkan dari wortel, kol, sereal hingga buah-buahan seperti jeruk. Buah pisang juga bisa jadi pilihan karena bisa menjaga tekanan darah mama selama hamil dan terhindar dari sembelit. Asupan serat minimal per hari yakni sekitar 28 gr.

Editors' Picks

3. Makanan dengan kandungan protein

3. Makanan kandungan protein
Pexels/Lukas

Kebutuhan protein sangat penting apalagi di masa awal kehamilan. Ibu hamil setidaknya membutuhkan sekitar 75 mg protein per harinya. Makanan yang mengandung protein bisa didapatkan dari ayam, telur, susu, dan ikan. Namun, Mama harus berhati-hati karena ada beberapa ikan yang berbahaya bagi ibu hamil.

4. Makanan yang kaya zat besi

4. Makanan kaya zat besi
Pixabay/Sabrinakoeln

Zat besi dibutuhkan oleh ibu hamil karena bermanfaat untuk mendukung suplai darah yang sehat. Karena saat Mama mengandung, ibu hamil sepatutnya memiliki aliran darah yang sehat untuk mengatasi mual dan kelelahan. Mama bisa mendapatkan nutrisi zat besi dari bit, ayam, ikan dan bayam.

5. Makanan dengan kandungan kalsium

5. Makanan kandungan kalsium
Pexels.com/Daria Shevtsova

Pada masa trimester pertama kehamilan, kebutuhan kalisum sangat penting untuk ibu hamil. Setidaknya, Mama perlu 1000 mr per hari kebutuhan kalsium. Selain susu hamil, Mama juga bisa mengonsumsi lobak, kol dan sayuran berdaun yang terkenal tinggi kalsium.

6. Makanan yang mengandung zinc

6. Makanan mengandung zinc
Fitnessmagazine.com

Selanjutnya ada makanan yang mengandung zinc yang berfungsi untuk metabolisme asam dan perkembangan fungsi biologis janin. Mama bisa mengonsumsi ikan, ayam, sayuran dan kacang-kacangan karena mengandung banyak zinc.

7. Makanan yang mengandung lemak

7. Makanan mengandung lemak
Pexels/Irita Antonevica

Kebutuhan akan lemak tidak bisa dihilangkan dari ibu hamil. Namun, Mama harus memilih lemak sehat yang membantu pertumbuhan janin terutama untuk mata, otak, plasenta dan jaringan lainnya. Pilih asupan lemak sehat seperti Ghee/ minyak samin. Minyak samin atau ghee adalah mentega dari lemak hewani yang dimurnikan. Namun, jangan berlebihan dalam mengonsumsinya ya.

Itulah tadi asupan gizi yang baik untuk ibu hamil. Tentunya pilihan makanan ini bisa disesuaikan dengan saran dokter kandungan mama ya. Mama juga perlu menghitung kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh mama sendiri.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.