Catat, Ini 6 Obat Diare Alami untuk Ibu Hamil

Mama tak bisa sembarangan mengonsumsi obat-obatan saat diare

18 Juni 2022

Catat, Ini 6 Obat Diare Alami Ibu Hamil
Pexels/Sora Shimazaki

Ibu hamil mengalami perubahan hormon yang terkadang menyebabkan masalah pencernaan seperti diare dan sembelit. Namun, dilansir dari Healthline, diare tidak selalu berhubungan dengan kehamilan. Ada kalanya Mama mengalami diare karena terkontaminasi bakteri dan virus dalam makanan atau minuman. 

Saat terserang diare, Mama umumnya mengalami dehidrasi sehingga mudah lemas dan tidak bersemangat dalam beraktivitas. Oleh karena itu, Mama perlu mengonsumsi sejumlah obat untuk menghentikan diare dan kembali beraktivitas. 

Meskipun begitu, Mama tak bisa sembarangan mengonsumsi obat-obatan karena bisa membahayakan kesehatan janin dalam kandungan. Mama disarankan untuk mengonsumsi obat alami untuk menghentikan diare secara efektif. 

Agar Mama tak bingung lagi, berikut informasi selengkapnya dari Popmama.com seputar obat diare alami untuk ibu hamil. 

1. Oralit

1. Oralit
Unsplash/Jana Sabath

Oralit adalah obat alami yang kerap dijadikan pertolongan pertama saat diare. Oralit mengandung senyawa elektrolit dan mineral di antaranya natrium klorida, kalium klorida, glukosa anhidrat, dan natrium bikarbonat. Kombinasi antara senyawa elektrolit dan mineral itu berfungsi untuk mengatasi diare dan mengembalikan cairan tubuh yang hilang. 

Untuk membuat oralit, Mama hanya perlu mencampurkan 1 liter air dengan setengah sendok teh gram dan 6 sendok teh gula. Efek oralit mulai terasa sekitar 8 sampai 12 jam setelah dikonsumsi. 

2. Gandum kaya serat

2. Gandum kaya serat
Freepik/Atlascompany

Dilansir dari Medical News Today, Mama perlu mengonsumsi makanan yang terasa hambar dan mengandung kaya serat seperti oatmeal. 

Gandum mengandung kaya serat yang mampu menyerap bakteri dan virus penyebab diare dalam saluran pencernaan. Gandum juga mengandung zat besi, selenium, magnesium, dan sumber vitamin B yang baik untuk menunjang kesehatan ibu hamil. Tak hanya itu, gandum juga mengandung karbohidrat yang bisa mengembalikan energi yang hilang akibat terserang diare. 

Editors' Picks

3. Makanan atau minuman yang mengandung probiotik

3. Makanan atau minuman mengandung probiotik
Pexels/Vlat Chetan

Untuk diketahui, probiotik adalah mikroorganisme hidup yang terdiri dari bakteri baik. Bakteri dalam probiotik mampu mengurangi keberadaan bakteri jahat dalam usus dan saluran pencernaan. Contoh minuman yang mengandung probiotik adalah yoghurt. 

Oleh karena itu, Mama bisa mengonsumsi yoghurt ketika terserang diare karena yoghurt mampu membantu sistem pencernaan bekerja lebih optimal dan meredakan diare. Sedangkan contoh makanan yang mengandung probiotik adalah miso, kombucha, dan tempe. 

4. Pisang

4. Pisang
Freepik

Pisang selama ini dikenal sebagai makanan yang bisa melancarkan sistem pencernaan. Namun, Mama juga bisa mempertimbangkan pisang sebagai makanan untuk meredakan diare. 

Pisang mengandung fruktosa, glukosa, dan sukrosa yang dibutuhkan tubuh untuk menghasilkan energi. Saat diare, Mama pasti merasa lemas dan kurang berenergi.

Sehingga, mengonsumsi pisang bisa mengganti elektrolit yang hilang ketika tubuh kehilangan nutrisi akibat diare. Pisang juga mudah dicerna dan membantu membersihkan bakteri jahat dalam usus dan saluran pencernaan. 

5. Ubi

5. Ubi
Pixabay/Buntysmum

Obat alami berikutnya yang bisa dikonsumsi saat diare adalah ubi. Sama seperti pisang, ubi juga mengandung sejumlah senyawa yang berfungsi untuk menghasilkan energi. Senyawa yang terkandung dalam ubi di antaranya kalium, vitamin A, vitamin C, dan vitamin B6. 

Dilansir dari Harvestplus.org, kandungan vitamin A dalam ubi bisa mengatasi diare dan mencegah infeksi dalam saluran pencernaan. Vitamin A juga melapisi dinding usus dan saluran pencernaan agar tak ada kuman dan bakteri yang masuk. 

6. Minuman jahe

6. Minuman jahe
Unsplash/Dominik Martin

Terakhir, Mama bisa mengonsumsi minuman jahe saat terserang diare. Jahe bisa mengobati masalah perut mulai dari sembelit hingga diare. Jahe bisa mencegah pertumbuhan bakteri dalam saluran pencernaan sekaligus mengandung antioksidan yang bisa memberikan efek positif. 

Itulah enam obat diare alami untuk ibu hamil yang bisa dikonsumsi. Segeralah ke dokter apabila Mama mengalami diare lebih dari dua minggu. 

Baca juga :

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk