Wajib Tahu, Ini 6 Cara Kendalikan Kondisi Mudah Lapar saat Hamil

Mudah lapar adalah kondisi yang sering dirasakan ibu hamil

9 Februari 2021

Wajib Tahu, Ini 6 Cara Kendalikan Kondisi Mudah Lapar saat Hamil
Freepik/andreycherkasov

Saat hamil, Mama pasti merasa mudah lapar padahal baru saja makan. Kondisi itu memang wajar terjadi selama kehamilan khususnya pada trimester pertama. 

Dilansir dari Babycenter, Mama merasa mual dan mudah lapar pada trimester pertama. Kondisi mual dan mudah lapar itu terjadi secara bersamaan. Namun, bagi Mama yang baru pertama kali hamil, tentu saja kondisi itu mengejutkan. 

Mama khawatir kondisi mudah lapar bisa menyebabkan kenaikan berat badan secara drastis, tapi Mama juga tak ingin mengurangi asupan nutrisi untuk janin dalam kandungan. Nah, Mama perlu mengetahui cara mengendalikan rasa lapar saat hamil tersebut tanpa perlu mengurangi asupan nutrisi untuk si Kecil. 

Bagaimana caranya? Tenang ya Mama karena Popmama.com telah merangkum enam cara untuk mengendalikan kondisi mudah lapar saat hamil. 

Penyebab Mudah Lapar

Penyebab Mudah Lapar
Freepik

Sebelum menjelaskan cara mengendalikan rasa lapar saat kehamilan, Mama sebaiknya mengetahui terlebih dahulu penyebab kondisi tersebut.

Pertama, ada bayi dalam rahim mama yang membutuhkan nutrisi untuk tumbuh kembangnya. Oleh karena itu, Mama membutuhkan asupan kalori dan nutrisi tambahan untuk ditransfer kepada si Kecil. 

Kedua, Mama mengalami perubahan hormon estrogen dan progesteron selama kehamilan yang turut memengaruhi nafsu makan. Jadi, ketika hormon meningkat, maka nafsu makan mama juga meningkat. 

Dilansir dari Healthline, penyebab lain rasa mudah lapar selama kehamilan adalah kekurangan asupan protein. Protein memang nutrisi harian yang penting bagi tubuh karena bisa mengendalikan rasa lapar. 

Lalu, kondisi kurang tidur juga bisa menjadi penyebab Mama selalu merasa lapar. Saat Mama kurang tidur, maka kadar ghrelin akan naik dan menjadi pemicu Mama mudah lapar. 

Setelah memahami penyebab rasa lapar, kini saatnya Mama mengetahui cara-cara untuk mengendalikan kondisi tersebut. 

1. Memperbanyak minum air putih

1. Memperbanyak minum air putih
Freepik/racool_studio

Sebelum memutuskan makan saat lapar, sebaiknya minum air putih terlebih dahulu. Apabila Mama merasa tidak lapar lagi, maka rasa lapar tersebut sebenarnya adalah rasa haus. Terkadang tubuh mengartikan rasa haus sebagai rasa lapar. 

Akibatnya, Mama akan mengonsumsi lebih banyak makanan tapi tidak merasa kenyang. Perlu diketahui, Mama setidaknya harus minum air putih 12-13 gelas setiap hari. Hindari konsumsi soda ketika merasa haus karena dapat berisiko bagi kesehatan. 

Editors' Picks

2. Jaga asupan protein

2. Jaga asupan protein
Freepik

Seperti dijelaskan sebelumnya bahwa kekurangan asupan protein bisa membuat Mama mudah lapar. Pasalnya, protein memiliki sifat mengurangi rasa lapar. Mama bisa memenuhi kebutuhan protein harian dengan mengonsumsi daging, ikan, atau telur. Apabila Mama memenuhi kebutuhan protein harian, maka kebutuhan kalori juga bisa terpenuhi. 

Selama kehamilan, Mama setidaknya membutuhkan tambahan 300 kalori di trimester kedua dan 400 kalori di trimester ketiga. Kebutuhan kalori ibu hamil bergantung pada kondisi kesehatan dan riwayat kehamilan. Sehingga, tak ada salahnya untuk konsultasi ke dokter untuk mengetahui jumlah kalori harian yang dibutuhkan selama kehamilan. 

3. Lebih sering makan dalam porsi sedikit

3. Lebih sering makan dalam porsi sedikit
Feepik/ronnachaipark

Cara ini memang terdengar klise, bahkan sering direkomendasikan bagi perempuan yang sedang melakukan diet. Namun, cara ini dinilai efektif untuk mengurangi nafsu makan berlebih saat hamil tanpa mengurangi asupan nutrisi untuk si Kecil. 

Mama hanya perlu makan sering dalam porsi sedikit dibanding makan banyak dalam sekali waktu. Cara tersebut juga bisa mengurangi rasa sakit pada ulu hati yang disebabkan konsumsi makanan secara berlebihan. 

4. Batasi konsumsi makanan cepat saji

4. Batasi konsumsi makanan cepat saji
Freepik/bilahata

Sadar atau tidak, menyantap makanan cepat saji adalah cara mama mengendalikan rasa lapar selama kehamilan. Padahal, makanan cepat saji mengandung lebih banyak karbohidrat yang membuat tubuh mudah lelah dan mudah merasa lapar. Oleh karena itu, kurangi konsumsi makanan cepat saji ketika Mama merasa lapar. 

Mama bisa mencoba camilan sehat atau makanan yang bernutrisi tinggi seperti kacang-kacangan, roti gandum, dan buah-buahan. Makanan tersebut bisa menyeimbangkan asupan nutrisi dalam tubuh tanpa menyebabkan tubuh mudah lapar. 

5. Istirahat cukup

5. Istirahat cukup
Freepik/gilitukha

Istirahat cukup juga perlu dilakukan agar Mama tidak mudah lapar saat hamil. Sebelumnya dijelaskan bahwa kadar ghrelin dalam tubuh bisa naik ketika Mama kurang tidur. Dilansir dari Alaska Sleep Clinic, apabila Mama tidur kurang dari tujuh jam, maka tubuh akan melepaskan hormon pengontrol nafsu makan. 

Itulah sebabnya, nafsu makan bisa meningkat secara drastis. Oleh karena itu, Mama perlu menerapkan gaya hidup sehat dengan memprioritaskan kualitas tidur yang lebih baik dibanding sebelum hamil. 

6. Jangan stres

6. Jangan stres
Freepik

Cara terakhir untuk mengendalikan kondisi mudah lapar adalah hindari stres. Mama memang mudah stres ketika hamil karena adanya perubahan hormon. Meskipun begitu, Mama perlu mengendalikan stres itu. 

Dilansir dari Harvard Health Publishing, stres meningkatkan tekanan fisik dan emosional sehingga nafsu makan pun meningkat. Mama akan mencari makanan untuk mengembalikan energi yang habis karena stres. Apabila Mama merasa lapar saat stres, sebaiknya konsumsi camilan sehat seperti buah-buahan. Camilan sehat bisa membantu Mama meredakan stres sekaligus memberikan nutrisi untuk si Kecil dalam kandungan. 

Itulah enam cara mengendalikan rasa lapar saat hamil. Selamat mencoba ya, Ma!

Baca juga :

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk