Sudah Tahu Ma? Ini 7 Penyebab Pusing Saat Hamil 

Biasa terjadi di trimester pertama dan ketiga

14 Februari 2020

Sudah Tahu Ma Ini 7 Penyebab Pusing Saat Hamil 
parents.com

Salah satu keluhan yang dirasakan banyak ibu hamil adalah rasa pusing. Ini biasanya sering muncul pada trimester pertama dan trimester ketiga. 

Pusing memang tidak berbahaya bagi ibu hamil namun akan menimbulkan rasa tidak nyaman dan sering membuat suasana hati jadi berantakan. 

Ada beberapa penyebab pusing yang sebenarnya bisa saja dengan mudah dihindari. Disusun Popmama.com, inilah 7 penyebab pusing saat hamil dan bagaimana cara menghindarinya. 

1. Pusing karena anemia

1. Pusing karena anemia
Freepik

Bagi sebagian ibu hamil, anemia sering dirasakan karena kurangnya asupan zat besi. Ini menyebabkan sel darah merah yang membawa oksigen menuju otak dan organ lainnya menjadi lebih sedikit. 

Akibatnya, Mama akan merasakan pusing. Oleh karena itu, pastikan untuk mencukupi asupan zat besi saat hamil. Pada trimester kedua dan tiga, biasanya anemia suka muncul jika kekurangan zat besi. 

Jadi pastikan untuk mengonsumsi zat besi sesuai rekomendasi dari dokter, ya. 

2. Terlalu lama menahan lapar

2. Terlalu lama menahan lapar
Freepik/pch.vector

Rasa lapar yang ditahan terlalu lama bisa jadi salah satu pemicu pusing pada ibu hamil. Ini diakibatkan tubuh yang kurang energi sehingga menjadi pusing. 

Bagi ibu hamil, telat makan lebih dari 1 jam bisa membuat mereka pusing. Jadi pastikan untuk selalu memenuhi kebutuhan energi Mama saat hamil. Makan teratur dan mengganjal perut dengan camilan di sela waktu makan agar tidak terlalu lapar. 

3. Kurang minum 

3. Kurang minum 
Freepik

Selain kurang makan, kurang minum juga bisa membuat ibu hamil jadi pusing. Saat hamil, hormon kehamilan dalam tubuh ibu akan membuat lebih banyak cairan yang dialirkan ke janin untuk menunjang kehidupan dan pembentukan organnya. 

Hormon kehamilan ini juga menyebabkan tubuh ibu hamil lebih mudah berkeringat. Jika tidak tercukupi, tubuh jadi dehidrasi dan memicu pusing. 

Asupan air putih ibu hamil adalah 10 gelas per hari. Pastikan untuk memenuhinya, ya!

Editors' Picks

4. Berdiri tiba-tiba

4. Berdiri tiba-tiba
Freepik/prostooleh

Sebuah hal sederhana bisa juga membuat ibu hamil merasa pusing. Salah satunya adalah jika Mama berdiri dengan tiba-tiba. 

Saat duduk, darah akan terkumpul di bagian kaki. Jika berdiri tiba-tiba, aliran darah yang menuju jantung jadi lebih sedikit dan tekanan darah turun dengan cepat. Inilah yang membuat ibu hamil jadi pusing. 

Untuk menghindarinya, hindari berdiri tiba-tiba. Mama bisa berdiri pelan dari posisi duduk atau berbaring. 

5. Berdiri terlalu lama

5. Berdiri terlalu lama
ladyolla.com

Selain berdiri tiba-tiba, pusing pada ibu hamil bisa dipicu juga karena berdiri terlalu lama. Masalahnya pun mirip, karena darah banyak terkumpul di area kaki. 

Untuk mengurangi rasa pusing karena berdiri terlalu lama, Mama bisa duduk atau berbaring hingga pusing mereda. Selain itu, bisa juga menggerakkan kaki selama beberapa menit untuk membantu melancarkan sirkulasi darah. 

6. Berbaring terlalu lama

6. Berbaring terlalu lama
Freepik/Phduet

Saat hamil, rasa malas bergerak sering melanda sehingga Mama bisa berlama-lama berbaring di kasur atau sofa. Ternyata, hal ini bisa memicu pusing, Ma. 

Hal ini sering terjadi pada ibu hamil di trimester kedua dan ketiga. Saat Mama tidur terlentang terlalu lama, seringnya akan merasa pusing. 

Ini dikarenakan pembuluh darah di belakang rahim terjepit. Akibatnya, aliran darah balik dari kaki dan panggul menuju jantung akan tertahan dan tidak mengalir dengan lancar. 

Untuk mencegahnya, Mama bisa berbaring dengan posisi miring ke kiri untuk meningkatkan aliran darah ke jantung dan otak. Agar lebih nyaman, sanggah punggung juga dengan bantal empuk. 

7. Perubahan hormon

7. Perubahan hormon
Freepik

Penyebab pusing saat hamil yang terakhir adalah karena perubahan hormon. Hal ini tidak bisa dihindari karena proses alami dari tubuh saat mengalami kehamilan. 

Saat hamil, hormon kehamilan membuat pembuluh darah akan melebar untuk meningkatkan aliran darah ke janin. Efek sampingnya, suplai darah ke otak jadi berkurang dan menimbulkan efek pusing. 

Untuk mengantisipasinya, Mama bisa beristirahat dan mengonsumsi obat yang telah disarankan dari dokter. 

Pusing saat hamil memang wajar. Namun harus diwaspadai jika pusing dibarengi dengan gejala lain seperti pingsan, nyeri perut, kejang, dan demam. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!