TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Wajib Tahu, Ini 6 Ciri Hamil Muda yang Sehat

Seperti apa, ya, ciri-ciri hamil muda yang sehat?

15 Juli 2022

Wajib Tahu, Ini 6 Ciri Hamil Muda Sehat
Freepik/yanalya

Setiap calon mama berharap memiliki kehamilan yang sehat dan janin berkembang dengan baik. Jika ini kehamilan pertama, Mama mungkin bertanya-tanya: apa ciri-ciri hamil muda yang sehat? Bagaimana jika Mama mengalami muntah dan mual yang terlalu sering, apakah ini normal?

Bila Mama mengetahui jika kehamilan sehat, ini tentu membuat rasa khawatir berkurang. Kehamilan sehat bisa menjadi tanda jika janin juga tumbuh dan berkembang dengan baik.

Nah, kali ini Popmama.com akan membahas soal ciri hamil muda yang sehat. Apa saja?

1. Mengalami mual dan muntah

1. Mengalami mual muntah
Freepik.com/8photo

Mual dan muntah ‘kan tidak enak, kok bisa ya ini jadi tanda kehamilan yang sehat? Mual dan muntah atau morning sickness biasanya dialami oleh calon mama di trimester pertama atau saat hamil muda. Kondisi ini biasanya disebabkan oleh perubahan hormon, Ma.

Saat hamil, tubuh mengalami banyak perubahan untuk mempersiapkan kehamilan dan merawat janin, termasuk perubahan hormon ini. Jadi bila Mama mengalaminya, ini adalah tanda kehamilan sehat dan normal.

Namun, Mama juga perlu waspada jika mengalami mual dan muntah yang parah. Ini bisa menjadi gejala hiperemesis gravidarum yang bisa berisiko bagi Mama dan janin.

2. Indra penciuman semakin sensitif dan kehilangan selera makan

2. Indra penciuman semakin sensitif kehilangan selera makan
Freepik/cookie_studio

Mama mendadak mual ketika mencium atau merasakan makanan kesukaan? Apakah ini normal? Jangan khawatir, ini juga salah satu tanda kehamilan sehat, Ma. Lagi-lagi perubahan hormon dipercaya menjadi penyebabnya. Periode mual dan muntah juga membuat indra penciuman menjadi sensitif.

Meski normal, jangan sampai Mama mengalami kekurangan nutrisi ya. Pastikan Mama mengonsumsi makanan sehat yang baik untuk Mama dan janin.

Editors' Picks

3. Payudara nyeri

3. Payudara nyeri
Freepik/cookie_studio

Biasanya ini terjadi di awal kehamilan. Mengapa kondisi ini dianggap menjadi salah satu tanda kehamilan sehat?

Peningkatan hormon estrogen dan progesteron menyebabkan perubahan tubuh, termasuk nyeri payudara. Seiring berjalannya waktu, Mama akan terbiasa dan nyeri ini pun hilang.

Lonjakan hormon ini juga mempersiapkan payudara untuk menghasilkan ASI agar Mama bisa menyusui bayi nantinya.

4. Sering buang air kecil

4. Sering buang air kecil
Freepik/gpointstudio

Saat hamil, volume darah meningkat untuk menyalurkan oksigen ke seluruh tubuh, termasuk ke janin. Ini menyebabkan ginjal bekerja ekstra dan menghasilkan banyak urine. Maka tidak heran jika Mama akan semakin sering buang air kecil saat hamil.

Seiring bertambahnya usia kehamilan nanti, ukuran janin pun bertambah dan akan mendesak kandung kemih. Nah, ini juga bisa menjadi penyebabnya nanti.

Meski tidak nyaman, ini juga salah satu tanda kalau kehamilan mama itu sehat dan normal.

5. Mudah lelah

5. Mudah lelah
Pexels/Shvets-production

Mudah lelah di awal kehamilan, apakah ini normal dan sehat? Peningkatan progesteron menyebabkan kantuk dan rasa lelah meningkat, Ma. Ini bisa diatasi dengan istirahat yang cukup ya, Ma.

Nanti ketika usia kehamilan bertambah, Mama akan menjadi terbiasa dan rasa lelah pun hilang. Tetapi ini tidak boleh dijadikan alasan untuk tidak aktif bergerak atau berolahraga, ya. Olahraga sangat penting untuk ibu hamil. Diskusikan dengan dokter mengenai olahraga yang sesuai untuk Mama.

Selain itu, meski normal dan sehat, rasa lelah yang disertai gejala lain. Misalnya pucat, sakit kepala, nyeri dada, jantung berdebar, dan kaki tangan terasa dingin. Ini bisa menjadi gejala anemia yang sering dialami oleh ibu hamil.

6. Kenaikan berat badan

6. Kenaikan berat badan
Freepik/v.ivash

Biasanya Mama akan mengalami kenaikan berat badan sebanyak 1-2 kg di awal kehamilan. Kenaikan berat badan ini penting untuk menumbuhkan janin, Ma. Tetapi, karena Mama mengalami mual dan muntah serta selera makan hilang saat hamil muda, Mama mungkin tidak mengalami kenaikan berat badan yang terlalu banyak ya.

Meski kenaikan berat badan adalah tanda kehamilan sehat dan normal, kenaikan yang berlebihan juga tidak baik, Ma. Karena ini bisa meningkatkan risiko kehamilan, seperti diabetes gestasional dan darah tinggi.

Tips Kehamilan Sehat

Tips Kehamilan Sehat
Freepik/wayhomestudio

Setiap ibu hamil pasti berharap kehamilannya selalu sehat serta janin berkembang dengan baik. Nah, agar harapan Mama tercapai, lakukan beberapa tips berikut ini:

  • Mempersiapkan kehamilan dengan konsumsi makanan sehat, istirahat cukup, serta mengasup suplemen 3-4 bulan sebelum kehamilan terjadi.
  • Tidak merokok, konsumsi alkohol dan perhatikan obat yang dikonsumsi.
  • Penuhi kebutuhan nutrisi yang penting bagi ibu hamil dan janin.
  • Makanan bergizi dan alami, hindari makanan berpengawet, instan, mentah, atau mengandung merkuri dan bahan kimia.
  • Tidak konsumsi kopi atau teh berlebihan.
  • Hindari aktivitas yang terlalu berat.
  • Rutin melakukan pemeriksaan dokter ya, Ma.
  • Istirahat cukup dan hindari stres berkepanjangan.
  • Olahraga yang baik untuk ibu hamil secara rutin agar aliran nutrisi janin optimal.

Nah, itulah tadi ciri hamil muda yang sehat. Kehamilan adalah hal yang membahagiakan bagi pasangan. Tetap terapkan pola hidup sehat dan jangan lewatkan jadwal pemeriksaan kandungan ya, Ma!

Semoga kehamilannya selalu sehat, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk