6 Nutrisi yang Dibutuhkan Mama saat Trimester Pertama Kehamilan

Trimester pertama kehamilan memang menjadi periode penuh tantangan buat Mama.

9 Oktober 2020

6 Nutrisi Dibutuhkan Mama saat Trimester Pertama Kehamilan
www.bellybelly.com.au

Trimester pertama kehamilan menjadi tantangan buat Mama karena Mama harus beradaptasi dengan perubahan hormon, namun tetap harus memerhatikan kesehatan janin. Trimester pertama kehamilan berlangsung dari minggu pertama hingga minggu ke-13. Periode ini merupakan minggu-minggu terpenting untuk perkembangan janin dalam kandungan. 

Minggu pertama hingga minggu keempat, terjadi pembuahan sehingga sel telur yang telah dibuahi akan menempel di dinding rahim. Memasuki minggu kelima kehamilan, otak hingga sumsum tulang belakang bayi mulai terbentuk. 

Sedangkan pada minggu berikutnya hingga minggu ke-13, bagian tubuh si Kecil mulai terbentuk, seperti kepala, mata, kaki, dan tangan. Mama biasanya akan merasa mual dan mudah lelah pada trimester pertama kehamilan. 

Oleh karena itu, Mama harus memastikan kebutuhan nutrisi terpenuhi pada trimester pertama kehamilan. Pasalnya, Mama bukan hanya harus memenuhi nutrisi untuk diri sendiri, melainkan untuk kelangsungan hidup si Kecil dalam kandungan. 

Kekurangan nutrisi bisa menyebabkan proses pertumbuhan dan perkembangan awal bayi hingga bisa menyebabkan kelahiran bayi prematur. Berikut Popmama.com merangkum enam nutrisi untuk ibu hamil trimester pertama yang harus dipenuhi. 

1. Air

1. Air
www.meghantelpner.com

Selama trimester pertama kehamilan, Mama bisa kekurangan cairan karena sering mengalami mual dan muntah. Dehidrasi bisa membuat Mama mudah lelah sehingga berpengaruh pada perkembangan janin. Oleh karena itu, Mama harus minum air putih yang banyak untuk memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh. Selain air putih, Mama bisa memenuhi kebutuhan cairan tubuh dengan mengonsumsi lemon dan air kelapa. 

2. Asam Folat

2. Asam Folat
shopee.com

Asam folat sangat penting untuk perkembangan bayi karena mendukung perkembangan otak dan sumsum tulang belakang si Kecil. Kekurangan nutrisi asam folat bisa menyebabkan bayi terlahir cacat atau prematur. 

Oleh karena itu, kebutuhan asam folat pada trimester pertama kehamilan harus diperhatikan. Menurut sejumlah penelitian kesehatan, Mama yang sedang hamil memerlukan 400 hingga 600 mikrogram asam folat per hari. Mama bisa memenuhi kebutuhan asam folat dengan mengonsumsi buah-buahan seperti jeruk, pisang, dan pepaya atau sayuran seperti brokoli dan asparagus. 

Editors' Picks

3. Kalsium

3. Kalsium
Freepik

Kalsium dibutuhkan untuk pertumbuhan tulang dan gigi si Kecil. Sedangkan untuk Mama, kalsium bisa melancarkan peredaran darah serta menstabilkan kerja otot dan saraf selama masa kehamilan. Mama bisa mendapatkan nutrisi kalsium dari susu dan produk olahannya seperti keju dan yoghurt. 

Mengonsumsi sayuran dan ikan juga dapat menjadi alternatif untuk memenuhi kebutuhan kalsium. Sayuran yang mengandung kalsium di antaranya brokoli dan kale. Sedangkan, ikan yang mengandung kalsium adalah ikan teri, sarden, dan salmon. Pastikan Mama hanya mengonsumsi ikan yang sudah dimasak hingga matang sempurna, ya.

4. Protein

4. Protein
Freepik/4045

Protein berguna untuk membentuk sel-sel baru dan memperbaiki sel-sel yang telah rusak. Pastikan asupan protein saat trimester pertama kehamilan yang dibutuhkan untuk perkembangan sel, jaringan otak, dan organ-organ tubuh si Kecil dapat terpenuhi.

Makanan yang mengandung protein mudah ditemukan seperti telur, tahu, tempe, ikan, ayam, dan kacang-kacangan. Mama yang tengah hamil disarankan mengonsumsi makanan mengandung protein setidaknya dua sampai tiga porsi per hari. 

5. Vitamin

5. Vitamin
wikimedia.org

VItamin yang dibutuhkan selama trimester pertama kehamilan adalah vitamin A dan vitamin D. Vitamin A berfungsi untuk perkembangan penglihatan bayi dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Mama bisa mendapatkan asupan vitamin A dari sayuran atau buah-buahan.

Namun, jangan mengonsumsi minyak hati ikan atau makanan yang mengandung vitamin A yang sangat tinggi. Sebab, vitamin A yang sangat tinggi bisa membahayakan kehamilan. 

Selain vitamin A, Mama juga membutuhkan vitamin D. vitamin D berfungsi untuk membantu melancarkan peredaran darah dan pembentukan tulang serta gigi bayi. Mama bisa mendapatkan nutrisi vitamin D dari makanan seperti salmon dan ikan berlemak. 

6. Zat Besi

6. Zat Besi
kilo.co.nz

Nutrisi lainnya yang dibutuhkan selama trimester pertama kehamilan adalah zat besi. Nutrisi ini berguna untuk pembentukan hemoglobin yang berfungsi untuk mengedarkan oksigen ke tubuh mama dan janin dalam kandungan.

Kekurangan zat besi bisa menyebabkan anemia yang dapat meningkatkan risiko bayi terlahir prematur dan bayi terlahir dengan berat badan rendah. Mama bisa mencukupi kebutuhan zat besi dengan mengonsumsi daging merah tanpa lemak, ayam, sayuran hijau, dan kacang-kacangan. 

Kebutuhan nutrisi untuk ibu hamil trimester pertama perlu diperhatikan dan dipenuhi secara teliti agar bayi bisa tumbuh dan berkembang secara optimal. Jangan ragu berkonsultasi ke dokter untuk mengetahui jumlah nutrisi yang harus dipenuhi dan memantau perkembangan bayi dalam kandungan. 

Baca juga :

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.