Baik bagi Janin, 5 Jenis Ikan yang Tinggi Asam Folat untuk Ibu Hamil

Ikan-ikan ini dapat Mama temui dengan mudah dan harga yang relatif terjangkau

7 Juni 2021

Baik bagi Janin, 5 Jenis Ikan Tinggi Asam Folat Ibu Hamil
Freepik

Asam folat adalah salah satu jenis nutrisi yang penting dipenuhi sebelum dan selama kehamilan. Bentuk sintetis dari folat atau vitamin B9 ini diperlukan ibu hamil untuk tumbuh kembang janin serta mencegah cacat lahir pada otak dan saraf bayi. 

Meskipun kini suplemen yang mengandung asam folat sangat mudah ditemui, tetapi sumber asam folat terbaik adalah yang berasal dari makanan utuh. Mama bisa mendapatkan asupan asam folat dari ikan-ikanan dan aneka makanan laut. Berikut ini Popmama.com punya daftar lima ikan yang mengandung asam folat untuk ibu hamil yang dapat Mama konsumsi di masa kehamilan:

1. Ikan sarden

1. Ikan sarden
Pixabay/Lola56

Ikan sarden merupakan ikan yang punya rasa gurih dan kaya gizi. Ikan ini termasuk dalam jenis ikan yang kaya akan asam folat dan asam lemak omega-3. Dalam 100 gram ikan sarden mengandung sekitar 10 mikrogram asam folat.

Konsumsi ikan sarden di masa kehamilan dapat melindungi diri dari penyakit jantung karena kolesterol jahat atau LDL dipecah dengan baik oleh senyawa-senyawa yang terkandung di dalamnya. 

Editors' Picks

2. Ikan salmon

2. Ikan salmon
Freepik

Siapa yang tak kenal dengan ikan berdaging oranye ini? Ya, ikan salmon merupakan jenis ikan yang mengandung asam folat. Hampir sama dengan ikan sarden, ikan salmon juga mengandung asam lemak omega-3 yang baik untuk mendukung pertumbuhan janin. 

Di masa kehamilan, konsumsilah ikan salmon dalam kondisi benar-benar matang ya, Ma, untuk mencegah bakteri yang menimbulkan keracunan dan dapat membahayakan kehamilan.

3. Ikan bandeng

3. Ikan bandeng
Flickr/volvob12b

Kabar baik untuk Mama pecinta ikan bandeng. Ikan yang punya cukup banyak lemak ini merupakan sumber protein, kalsium, dan fosfor yang punya rasa lezat. Tak hanya itu, dilansir dari Recipe Tips, dalam setiap 3 ons penyajian, ikan bandeng mengandung 16 mikrogram asam folat.

Mama bisa menjadikannya sumber asupan yang enak dan bergizi di masa kehamilan. Tetapi ingat ya, Ma, meskipun rasanya enak dan bergizi, konsumsilah dengan takaran sewajarnya.

4. Ikan halibut

4. Ikan halibut
Pixnio.com/Eric Grafman

Bagi sebagian masyarakat Indonesia, ikan halibut lebih akrab disebut dengan ikan sebelah karena wujudnya yang berbentuk pipih dan punya warna berbeda pada bagian atas dan bawahnya.

Dilansir dari National Institutes of Health, dalam 3 ons ikan halibut yang telah dimasak mengandung sekitar 12 mikrogram asam folat.  Ikan halibut juga kaya akan vitamin A dan vitamin D, serta punya kandungan vitamin lebih banyak daripada ikan kod. 

5. Ikan lele

5. Ikan lele
Freepik/poringdown

Apakah Mama penggemar ikan lele? Jika ya, Mama sangat beruntung karena ikan yang murah meriah ini ternyata tinggi akan asam folat lho, Ma. Ikan lele mengandung sedikitnya 10 mikrogram asam folat yang baik untuk mengoptimalkan perkembangan otak dan sistem saraf janin. Dengan dagingnya yang lembut dan gurih, ikan yang satu ini layak jadi bagian dari menu diet di masa kehamilan yang kaya nutrisi. 

Itu dia lima jenis ikan yang mengandung asam folat untuk ibu hamil yang mendukung kesehatan mama dan janin di masa kehamilan. Variasikan jenis makanan mama di masa kehamilan ini agar tetap dapat memenuhi kebutuhan nutrisi yang diperlukan tubuh dan janin secara menyeluruh. Semoga informasi ini bermanfaat. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.