7 Sayuran yang Mengandung Asam Folat untuk Program Hamil

Sedang menjalankan program kehamilan? Penuhi asupan asam folat yuk!

29 Maret 2021

7 Sayuran Mengandung Asam Folat Program Hamil
Freepik/pvproductions

Setelah menikah, banyak pasangan suami istri yang menantikan buah hati mereka dengan menjalankan berbagai program kehamilan untuk meningkatkan kesuburan.

Salah satu cara dalam melancarkan program kehamilan di antaranya adalah dengan menerapkan pola hidup sehat serta mengonsumsi makanan yang mampu mempercepat kehamilan, seperti misalnya sayur yang mengandung asam folat.

Asam folat sendiri sangat dibutuhkan oleh tubuh sebagai regenerasi sel dan pertumbuhan yang dapat mencegah cacat janin, penyakit alzheimer, dan beberapa jenis penyakit kanker. Umumnya, sayuran yang mengandung asam folat merupakan sayuran berwarna hijau yang banyak ditemui dalam kehidupan sehari-hari.

Nah, bagi kamu yang tengah mempersiapkan kehamilan, yuk cukupi asupan asam folat dengan mengonsumsi tujuh jenis sayuran yang mengandung asam folat yang sudah Popmama.com rangkum berikut ini.

1. Brokoli

1. Brokoli
Pixabay/ExplorerBob

Sayuran hijau pertama yang bisa kamu konsumsi sebagai sumber asupan asam folat adalah sayur brokoli. Kamu bisa mengonsumsi brokoli menjadi berbagai menu masakan atau sekadar dikukus karena kandungan lainnya yang baik dan dibutuhkan untuk menunjang fungsi organ tubuh.

2. Seledri

2. Seledri
Pixabay/McJapid

Dipercaya mampu menghilangkan batu ginjal, ternyata seledri juga menjadi sayuran yang mengandung asam folat. Sayuran ini bisa kamu konsumsi sebagai pelengkap makanan yang dikonsumsi, atau dibuat jus seperti yang biasa dikonsumsi para penderita batu ginjal.

Editors' Picks

3. Asparagus

3. Asparagus
Pexels/fecundap6

Mengandung asam folat yang cukup banyak, asparagus juga bisa dijadikan sayuran yang bisa kamu konsumsi untuk program kehamilan. Selain memenuhi asupan asam folat harian, asparagus juga kaya akan antioksidan dan serat yang baik untuk kesehatan tubuh.

4. Bayam

4. Bayam
Pixabay/Showmeyourflowers

Sayuran yang mudah ditemui dan relatif murah ini bisa juga kamu konsumsi sebagai sumber asupan asam folat harian. Banyaknya kandungan vitamin dan mineral pada bayam, termasuk asam folat bisa kamu manfaatkan untuk mempercepat program kehamilan yang sedang dijalani.

5. Selada

5. Selada
Pexels/Daian Gan

Sayuran yang sering dijadikan lalapan ini ternyata juga mengandung asam folat yang baik untuk mencegah risiko cacat lahir saat hamil nanti. Selain itu, kandungan mineral dan vitaminnya pun akan mendukung kehamilan kamu menjadi lebih sehat.

6. Pakcoy

6. Pakcoy
Pexels/laker

Bagi kamu penikmat kuliner chinese food, tentu sudah tak asing dengan sayuran pakcoy, bukan? Sayuran yang identik dengan menu masakan tiongkok ini menjadi salah satu sayuran yang mengandung asam folat tinggi untuk tubuh. Jadi tak hanya rasanya yang lezat, manfaatnya pun bisa kamu rasakan nih!

7. Kentang

7. Kentang
Freepik

Kentang memang termasuk ke dalam jenis umbi-umbian, namun kentang juga sering kali disebut sebagai salah satu sayuran yang kaya akan kandungan asam folat dan vitamin B9. Kandungan tersebut tentu baik dalam menunjang kesehatan tubuh, terlebih ketika kamu sedang mengikuti program kehamilan.

Nah, itu dia deretan sayur dengan kandungan asam folat yang baik untuk menunjang program hamil yang sedang kamu dan pasangan jalani. Jangan lupa untuk selalu menerapkan pola hidup sehat dengan mengonsumsi makanan bernutrisi termasuk penuhi kandungan asam folat harian ya.

Tetap semangat dan sabar dalam menantikan buah hati ya!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.