Hal-hal yang Memengaruhi Cepat atau Lambatnya Peluang Hamil

Sebisa mungkin pahami dulu ya, Ma

10 November 2018

Hal-hal Memengaruhi Cepat atau Lambat Peluang Hamil
Pixabay/SerKuch

Setelah menikah, salah satu hal yang ingin segera dilakukan oleh sebagian besar pasangan suami istri adalah program hamil alias memiliki momongan.

Nah, tapi sayangnya ada beberapa hal yang bisa memengaruhi proses ovulasi. Kadang-kadang hal ini pun tidak diketahui oleh suami maupun istri.

Oleh sebab itu, penting bagi calon Mama dan Papa untuk terlebih dahulu memahami hal ini supaya peluang untuk positif hamil pun lebih besar dan cepat.

Apa saja hal-hal yang bisa memengaruhi cepatnya kehamilan? Berikut Popmama.com berikan rangkuman informasinya:

1. Kebiasaan saat berhubungan intim

1. Kebiasaan saat berhubungan intim
Pexels/Rawpixel.com

Hindari kebiasaan menggunakan pelumas, Ma. Sebagian produk pelumas biasanya tidak ramah sperma alias bisa menyebabkan sperma mati sebelum mencapai sel telur.

Selain itu, hindari kebiasaan melakukan aktivitas apapun yang bisa meningkatkan suhu tubuh sebelum melakukan hubungan intim.

Misalnya berolahraga dengan tingkat intensitas tinggi atau mandi air hangat. Mengap demikian?

Pada dasarnya, sperma sangat sensitif terhadap suhu panas. Sperma bisa lebih cepat kehilangan keaktifan dan peluang hidupnya apabila suhu lingkungannya tinggi.

2. Perhatikan juga kesehatan sperma

2. Perhatikan juga kesehatan sperma
Pexels/Pixabay

Sperma yang sehat juga menjadi salah satu faktor penting dalam meningkatkan peluang kehamilan, Ma.

Menjaga kesehatan tubuh Papa pun menjadi sesuatu yang juga patut diperhatikan oleh Mama. Misalnya dengan memastikan pola makan Papa sehat.

Jumlah sperma yang rendah sering dikaitkan dengan faktor-faktor seperti defisit seng atau vitamin.

Jadi perhatikan juga asupan-asupan yang dikonsumsi Papa, ya. Jika memungkinkan, buatkan bekal makanan lengkap dengan buah untuk Papa.

Jika Papa punya kebiasaan merokok, sebaiknya mintalah untuk berhenti sedikit demi sedikit untuk memastikan kesehatan tubuh Papa.

Editors' Picks

3. Pertahankan berat badan normal

3. Pertahankan berat badan normal
Freepik/V.ivash

Untuk meningkatkan peluang kehamilan, cari tahu dulu apakah berat badan Mama saat ini sudah termasuk dalam kategori normal atau belum.

Berat badan Mama tidak hanya dapat berperan dalam menentukan peluang hamil, tapi juga dapat memengaruhi kesehatan tubuh Mama selama kehamilan.

Ukurlah indeks massa tubuh Mama dan jika perlu cobalah untuk berkonsultasi dengan dokter kandungan atau dokter gizi.

Baca juga: Pose Yoga yang Bisa Meningkatkan Kemungkinan untuk Cepat Hamil

Baca juga: Bahaya! Ini 7 Hal Terlarang yang Dapat Menggagalkan Program Kehamilan

Baca juga: Ketahui 6 Ancaman Bahaya Hamil pada Saat Remaja!

4. Pola makan sehat

4. Pola makan sehat
Pexels/Valeria Boltneva

Diet sehat tidak hanya penting untuk kesehatan, tetapi juga dapat memengaruhi kesuburan Mama, lho.

Pastikan Mama selalu mengosumsi makanan dan minuman sehat bergizi agar tubuh tak defisit salah satu nutrisi dan vitamin yang penting untuk kesehatan kesuburan.

Beberapa contoh asupan yang baik bagi kesehatan organ reproduksi Mama saat sedang program hamil yakni sayur bayam, pisang, telur, sereal, dan kacang-kacangan.

Bayam adalah salah satu asupan penting guna menjaga kesehatan sel telur dan sperma karena mengandung seng cukup tinggi. Sementara pisang kaya akan vitamin B6 yang membantu menyeimbangkan produksi hormon dalam tubuh.

Sementara itu, telur dan sereal dapat memberikan Mama cukup asupan vitamin D. Vitamin ini dibutuhkan untuk menyehatkan kesuburan.

5. Ubah gaya hidup

5. Ubah gaya hidup
Pixabay/Capri23auto

Gaya hidup juga turut memberikan peran penting dalam meningkatkan peluang kehamilan. Bukan cuma untuk Mama, tapi juga untuk Papa.

Salah satunya adalah berhenti merokok. Rokok penuh dengan kandungan bahan berbahaya yang dapat memengaruhi status kesuburan Papa dan Mama. Jadi, tinggalkan kebiasaan ini saat hendak menjalani program hamil.

Selain merokok, kebiasaan lain yang juga perlu dijauhi adalah minum minuman beralkohol. Asupan ini juga turut membahayakan kesehatan organ reproduksi Mama dan Papa.

Yang tak kalah penting, biasakan berolahraga rutin saat ini juga. Beberapa penelitian menyebutkan bahwa laki-laki yang kelebihan berat badan lebih berisiko mengalami penurunan jumlah dan pergerakan sperma.

Yuk Ma, mulai terapkan gaya hidup sehat demi meningkatkan peluang kehamilan!