Manfaat Kuning Telur Bebek Untuk Kesuburan dan Program Hamil

Telur bebek ternyata mengandung berbagai nutrisi penting bagi kesuburan

23 Oktober 2019

Manfaat Kuning Telur Bebek Kesuburan Program Hamil
Freepik/Rawpixel.com

Untuk meningkatkan kesuburan, ada beberapa jenis asupan yang diyakini bisa membantu, Ma. Beberapa di antaranya merupakan makanan seperti sayur dan buah.

Namun selain itu, ada juga jenis makanan lain yang juga diyakini bermanfaat bagi kesuburan dan program hamil. Salah satunya kuning telur bebek.

Telur bebek sering dibanding-bandingkan dengan telur ayam karena rasanya yang mirip, tetapi kandungan gizinya sedikit berbeda. Berikut rangkuman Popmama.com tentang nutrisi, manfaat dan anjuran memasak kuning telur bebek untuk Mama:

1. Kandungan nutrisi kuning telur bebek

1. Kandungan nutrisi kuning telur bebek
Pixabay/Maloneyce

Dikutip dari My Fitness Pal, kuning telur bebek memiliki kandungan nutrisi yang khas. Kuning telur bebek disebutkan mengandung sodium, potassium, protein, vitamin A, vitamin C, kalsium, zat besi.

Kuning telur bebek juga mengandung kolin, vitamin E, vitamin B12, dan selenium. Namun demikian, Mama perlu berhati-hati karena kandungan kolesterol kuning telur bebek cukup tinggi.

Editors' Picks

2. Manfaat kuning telur bebek untuk kesuburan

2. Manfaat kuning telur bebek kesuburan
Pixabay/Whitlox

Kuning telur bebek pun diyakini baik dikonsumsi karena bermanfaat bagi kesehatan. Dikutip dari Livestrong, hal ini karena banyaknya kandungan nutrisi dalam telur bebek, Ma.

Seperti disebutkan sebelumnya, kuning telur bebek mengandung vitamin B12, selenium dan kolin. Kolin adalah nutrisi penting yang membantu sel-sel bisa terhubung dengan baik. Ini sangat berguna dalam membantu tubuh menciptakan neurotransmitter dan memfasilitasi komunikasi saraf di seluruh tubuh.

Vitamin B12 juga diperlukan untuk sintesis DNA dan bermanfaat bagi kesehatan sel darah merah. Vitamin ini juga penting untuk sistem saraf. Kadar vitamin B12 yang rendah dapat menyebabkan masalah dengan keseimbangan dan memori, serta kelelahan.

Jumlah vitamin B12 di telur bebek pun diyakini lebih tinggi dibandingkan jumlah yang terkandung dalam telur ayam.

Kandungan selenium juga diperlukan untuk sintesis dan perbaikan DNA. Selenium membantu mengatur hormon metabolisme dan berperan dalam kesuburan.

Ya, selenium menjadi nutrisi penting yang baik dikonsumsi demi kesehatan kesuburan. Kandungan selenium bekerja sebagai antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari radikal bebas. Selenium juga dapat menurunkan risiko terjadinya kerusakan kromosom, yang pada ujungnya dapat menyebabkan terjadinya keguguran.

Sementara itu, zat besi dalam kuning telur bebek membantu tubuh Mama memproduksi cukup hormon, sehingga keseimbangan hormon estrogen dan progesteron pun terjaga. Efek positifnya, siklus haid pun jadi lancar.

3. Anjuran cara memasak kuning telur bebek untuk ibu hamil

3. Anjuran cara memasak kuning telur bebek ibu hamil
Freepik/Whatwolf

Telur bebek sangat populer di seluruh Asia, terutama di Tiongkok karena dianggap menambah cita rasa makanan. Cara memasak telur bebek hampir sama dengan telur ayam.

Mama bisa mengolahnya dengan cara dibuat menjadi telur dadar, digoreng atau direbus. Yang terpenting, kuncinya adalah memastikan seluruh bagian kuning telur bebek matang sempurna.

Selain dimasak dengan cara tersebut, tak sedikit ibu hamil yang suka mengonsumsi telur bebek setelah diolah menjadi telur asin. Konsumsi telur asin juga bermanfaat bagi ibu hamil lho, Ma.

Beberapa di antaranya seperti membantu perkembangan otak janin dalam kandungan, meningkatkan metabolisme tubuh, mengatasi anemia selama kehamilan, serta mengurangi risiko osteoporosis.

Apabila Mama sebelumnya memiliki riwayat alergi dengan telur, sebaiknya lakukan konsultasikan dulu dengan dokter sebelum mengonsumsi kuning telur bebek sebagai cara meningkatkan kesuburan, ya.

Baca juga:

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!