5 Manfaat Daun Beluntas untuk Kesuburan dan Cara Mengonsumsinya

Daun beluntas bisa membantu agar cepat hamil nih, Ma!

14 Oktober 2020

5 Manfaat Daun Beluntas Kesuburan Cara Mengonsumsinya
diaryjmorrie.blogspot.com

Setelah menikah rasanya kurang lengkap jika kehadiran anak tidak kunjung datang. Faktor kesuburan menjadi sesuatu yang perlu diperhatikan dengan baik oleh pasangan suami istri ketika menginginkan keturunan. 

Untuk menunjang kesuburan reproduksi, ada beberapa jenis tanaman herbal yang bisa membantu, salah satunya adalah daun beluntas.  

Beluntas adalah jenis tanaman semak yang secara umum memiliki tinggi tiga meter dan cukup bercabang. Tanaman yang tumbuh liar ini biasanya bisa ditemukan di pekarangan rumah. Daun beluntas yang bisa meningkatkan kesuburan ini berbentuk bulat seperti telur dengan gerigi di bagian tepinya serta memiliki bulu halus.  

Tanaman yang memiliki nama latin Plucheacea folium memang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, termasuk meningkatkan kesuburan dan mengatasi masalah hormonal. 

Terkait dengan daun beluntas untuk kesuburan, kali ini Popmama.com telah merangkum beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari daun ini.

Disimak yuk, Ma!

1. Mampu menjaga kesehatan rahim agar terhindar dari masalah hormonal 

1. Mampu menjaga kesehatan rahim agar terhindar dari masalah hormonal 
Freepik

Dalam meningkatkan kesuburan perlu sekali menjaga kesehatan rahim. Mengingat rahim akan menjadi tempat bertumbuhnya bayi, sehingga kesehatannya harus benar-benar dijaga dengan baik. 

Daun beluntas bisa menjadi salah satu alternatif alami yang bisa digunakan untuk menjaga kesehatan rahim. Ada kandungan antibakteri dan antioksidan di dalam daun beluntas, sehingga mampu mencegah gangguan penyakit rahim termasuk kanker rahim. 

Yang harus diingat bahwa kondisi kesehatan rahim perlu dijaga dengan baik agar terhindar dari berbagai masalah hormonal dan menganggu kesuburan. 

2. Mengatasi permasalahan keputihan karena mengandung minyak atsiri

2. Mengatasi permasalahan keputihan karena mengandung minyak atsiri
Freepik/Maksymiv-yura

Keputihan pada perempuan akan muncul ketika hormon estrogen meningkat, namun ketika sudah memperlihatkan tanda-tanda berlebihan bisa menjadi sebuah masalah kesuburan. 

Ketika keputihan berlebihan sudah tidak lagi normal perlu sekali kontrol ke dokter karena berisiko sulit memiliki keturunan. 

Manfaat lain yang bisa diberikan oleh daun beluntas yakni dapat mengatasi permasalahan keputihan pada perempuan. Di dalam daun beluntas terdapat kandungan minyak atsiri herbal, sehingga masalah keputihan sekaligus rasa nyeri bisa teratasi. 

Daun beluntas bisa dikonsumsi dengan meminum air rebusannya atau dijadikan lalapan. 

Editors' Picks

3. Meningkatkan kesehatan organ intim karena mengandung anti bakteri

3. Meningkatkan kesehatan organ intim karena mengandung anti bakteri
Freepik/Doucefleur

Menjaga kesehatan organ intim memang sangat memengaruhi banyak hal, mulai dari kehidupan seks bersama pasangan hingga kesuburan. 

Tidak banyak orang yang tahu bahwa bakteri yang bersarang di dalam organ intim bisa memengaruhi pasangan sulit mendapatkan keturunan. Demi meningkatkan kesuburan dan menjaga kebersihan organ vital, maka Mama bisa menggunakan daun beluntas. 

Salah satu kandungan utama dari daun beluntas yakni minyak atsiri yang bersifat anti bakteri, sehingga meningkatkan kesehatan organ intim. Dengan kadar lima persen bisa membantu dalam mengatasi bakteri Staphylococcus aureus, sedangkan dengan kadar 20 persen mampu membunuh bakteri Escherechia coli.

4. Mengembalikan vitalitas agar gairah seks kembali meningkat

4. Mengembalikan vitalitas agar gairah seks kembali meningkat
Freepik/drobotdean

Setuju atau tidak, vitalitas seksual tentu akan memengaruhi kehidupan rumah tangga setiap pasangan. 

Apalagi setiap pasangan yang sudah sah menjadi suami istri tentu ingin segera memiliki anak agar keluarga kecil mereka semakin lengkap. Demi meningkatkan peluang kehamilan serta kesuburan, maka daun beluntas bisa menjadi alternatif solusi. 

Vitalitas seksual yang menurun bisa terjadi karena beberapa faktor, termasuk kurangnya stamina tubuh. 

Untuk mengembalikan vitalitas dan meningkatkan kesuburan, daun beluntas sebagai tanaman herbal bisa menjadi solusi. Jika dikonsumsi secara rutin bisa membantu meningkatkan gairah seks saat bercinta bersama pasangan. 

5. Memiliki kandungan antikanker yang bisa meningkatkan kesuburan

5. Memiliki kandungan antikanker bisa meningkatkan kesuburan
Freepik/Tutatama

Kanker serviks termasuk salah satu masalah reproduksi yang menjadi momok untuk perempuan. 

Kanker yang disebabkan oleh infeksi Human Papilloma Virus (HPV) ini menyerang mulut dan leher rahim akibat perubahan sel yang abnormal pada serviks. Banyak penelitian yang menemukan bahwa pasien yang positif kanker serviks cenderung sulit hamil. 

Demi menjaga kesehatan agar terhindar dari kanker serviks, maka daun beluntas sebagai tanaman herbal bisa dimanfaatkan. Ada kandungan senyawa antikanker yang dapat ikut membantu menurunkan risiko kanker serviks.

Bagaimana Cara Mengonsumsinya Daun Beluntas untuk Meningkatkan Kesuburan?

Bagaimana Cara Mengonsumsi Daun Beluntas Meningkatkan Kesuburan
Pinterest.com/Nuri Fizriani

Sebagai salah satu tanaman herbal yang bisa dikonsumsi dan memiliki khasiat untuk meningkatkan kesuburan, daun beluntas bisa diolah dengan berbagai cara. 

Mama bisa mengolah daun beluntas dengan diminum air rebusannya atau diolah sebagai lalapan. 

  • Daun beluntas bisa diolah dengan cara direbus, caranya sebagai berikut:
  1. Siapkan beberapa helai daun beluntas, sekitar 3-5 helai. 
  2. Cucilah daun beluntas sampai benar-benar bersih dengan air mengalir, lalu tempatkan ke dalam wadah dan tambahkan 2 gelas air untuk direbus. 
  3. Tunggu beberapa menit sampai air rebusan daun beluntas mendidih.
  4. Jika sudah mendidih, angkat dan diamkan sampai kondisi menjadi hangat. Minumlah secara rutin di pagi dan sore hari agar manfaatnya bisa semakin terasa.
  • Daun beluntas bisa diolah dengan cara dijadikan lalapan, caranya sebagai berikut:
  1. Siapkan batang dan daun beluntas yang sudah dicuci bersih dengan air mengalir. 
  2. Kemudian dimasak sampai matang dengan tekstur lunak.
  3. Jadikan batang dan daun beluntas sebagai hidangan lalapan bersama makanan lainnya. 

Nah, itulah manfaat daun beluntas untuk kesuburan dan membantu agar cepat mendapatkan keturunan. 

Selamat mencoba khasiat dari daun beluntas!

Baca juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.