5 Tips Cepat Hamil Anak Pertama

Ini dia Ma, cara cepat hamil anak pertama

25 Juni 2019

5 Tips Cepat Hamil Anak Pertama
cdns.klimg.com

Bagi pasangan yang telah menikah, memiliki momongan pasti menjadi impian yang ingin segera diwujudkan. Namun, sayangnya tidak semua pasangan diberikan kemudahan untuk mendapatkan momongan di awal-awal pernikahan.

Bahkan, ada pasangan yang telah beberapa tahun menikah tanpa dikarunai anak.

Nah, untuk Mama dan Papa yang sudah lama mengidam-idamkan kehadiran anak di tengah keluarga, berikut ini Popmama.com merangkum lima cara cepat hamil yang bisa langsung diterapkan.

1. Stop KB

1. Stop KB
confidentials.com

Bila kamu ingin menjalani program hamil, segera hentikan penggunaan KB beberapa bulan sebelum program hamil dimulai, termasuk penghentian juga semua jenis kontrasepsi hormonal (seperti KB suntik dan spiral).

Alasan di balik pentingnya mengehentikan penggunaan KB sejak dini adalah karena tubuh mama masih membutuhkan penyesuaian untuk bisa mulai berovulasi secara teratur lagi dan siap untuk menerima kehamilan.

Penyesuaian ini membutuhkan waktu yang cukup lama hingga beberapa kali menstruasi.

Baca juga: 7 Efek Samping Pil KB dan Cara Mengatasinya

2. Berhubungan intim sebelum ovulasi

2. Berhubungan intim sebelum ovulasi
sheknows.com

Sperma dapat bertahan hidup di dalam rahim dan tuba falopi selama kurang lebih dua sampai tiga hari. Namun sayangnya, sel telur hanya bisa bertahan hidup selama 12 sampai 24 jam saja.

Jika hubungan suami istri dilakukan di waktu yang tidak pas, maka sperma tidak akan bisa melakukan pembuahan terhadap sel telur karena keduanya tidak bertemu.

Nah, dengan berhubungan intim sebelum mama berovulasi, maka rentang waktu antara kehadiran sel-sel sperma di dalam rahim akan bertepatan dengan munculnya sel telur dan pembuahan pun dapat terjadi.

Untuk Mama yang siklus menstruasinya selama 28 hari  sekali (normalnya ovulasi pada hari ke-14), inilah yang sebaiknya mama lakukan:

  • Lakukan hubungan intim selama beberapa kali seminggu segera setelah mama selesai menstruasi.
  • Lakukan hubungan intim dengan frekuensi 2 hari sekali dimulai sekitar hari ke-10 setelah selesai menstruasi.

Editors' Picks

3. Mendeteksi masa subur

3. Mendeteksi masa subur
onlinedegrees.bradley.edu

Ini adalah tahapan yang penting dari berbagai tips cepat hamil. Sebagai alat bantu, gunakan alat pendeteksi ovulasi. Alat ini bekerja dengan mendeteksi lonjakan luteinizing hormone (LH) dalam urin mama.

Lonjakan hormon ini terjadi sekitar 36 sampai 48 jam sebelum mama berovulasi, yang artinya, jika lonjakan terjadi maka Mama sudah dekat dengan ovulasi.

Sebagai tips tambahan, masa ovulasi dapat dihitung dengan mengurangi 14 hari dari total durasi 1 siklus menstruasi.

Ketahui masa subur dengan mudah dengan menggunakan Ovulation Calculator.

4. Posisi berhubungan intim

4. Posisi berhubungan intim
phoenixmenshealthcenter.com

Saat berhubungan intim, ada beberapa hal yang perlu mama lakukan dan sebaiknya disepakati dengan suami, yaitu:

  • Berbaring telentang setelah melakukan hubungan. Alasannya adalah karena dengan berbaring, maka mama memberikan jalan bagi sperma untuk bergerak masuk ke dala rahim.
  • Berhubungan intim sebelum tidur. Hal ini sebenarnya dimaksudkan untuk memberikan peluang bagi sel-sel sperma untuk bergerak menuju rahim selagi mama berbaring.
  • Lakukan hubungan dengan posisi misionaris. Posisi ini akan membuat Mama telentang di waktu-waktu terakhir hubungan intim.

Baca juga:

5. Larangan dalam berhubungan intim

5. Larangan dalam berhubungan intim
mirror.co.uk

 Untuk melancarkan terjadinya kehamilan, sebaiknya mama hindari beberapa hal berikut ini:

  • Hindari menggunakan pelumas. Fakta tentang pelumas adalah adanya kandungan yang dapat mengubah pH di dalam vagina sehingga sperma akan semakin sulit bergerak menuju rahim.
  • Jangan khawatir jika Mama tidak orgasme. Orgasme memang menyenangkan, namun bukan berarti mama harus mencapai titik orgasme. Fokuslah pada posisi telentang setelah suami mengalami ejakulasi.

Nah, itu tadi lima tips cepat hamil yang bisa mama terapkan untuk mengisi program hamil.

Hal terpenting adalah tetap tenang dan jangan sampai mengalami stres karena hal itu justru akan memperkecil kemungkinan Mama untuk bisa hamil.

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!