Lakukan Terapi Homeopati Sebelum Program Kehamilan

Selama usaha itu membawa kebaikan, nggak ada salahnya untuk dicoba ya Ma

17 April 2019

Lakukan Terapi Homeopati Sebelum Program Kehamilan
Pixabay/Pexels

Menurut wikipedia, homeopati adalah pengobatan alternatif yang diciptakan oleh Samuel Hahnemann pada abad ke-18. Hahnemann adalah seorang apoteker dan homeopath asal Jerman. Teori dasar di balik homeopati adalah bahwa orang sakit dapat disembuhkan dengan menggunakan efek pantulan dari substansi yang menghasilkan gejala sakit pada orang sehat. 

Homeopati dipersiapkan dengan menambahkan banyak air dalam suatu substansi, mengocoknya, lalu mengambil sedikit air, menambahkannya ke banyak air, mengocoknya, dan proses ini diulang-ulang hingga 200 kali dalam beberapa pengobatan.

Hahnmemann mengatakan ini akan mengeluarkan "kekuatan penyembuh yang ada pada obat".

Orang-orang skeptik meragukan pengobatan ini. Mereka mengaku bahwa orang merasa lebih baik setelah diterapi homeopati karena mereka merasa akan sembuh, suatu keadaan yang dikenal dengan istilah "efek plasebo."

1. Apa itu plasebo?

1. Apa itu plasebo
meetdoctor.com

Plasebo adalah sebuah pengobatan yang tidak berdampak atau penanganan palsu yang bertujuan untuk mengontrol efek dari pengharapan. Istilah plasebo diambil dari bahasa latin yang berarti "I shall please" (saya akan senang) yang mengacu pada fakta bahwa keyakinan akan efektivitas dari suatu penanganan akan dapat membangkitkan harapan yang membantu mereka menggerakkan diri mereka sendiri untuk menyelesaikan sebuah masalah tanpa melihat apakah substansi yang mereka terima adalah aktif secara kimiawi atau tidak aktif. 

Dalam penelitian medis tentang kemoterapi, sebuah plasebo  yang sering disebut "pil gula" merupakan zat yang secara fisik menyerupai obat aktif tetapi sebetulnya tidak memiliki kandungan obat yang sesungguhnya.

Dengan membandingkan efek dari obat aktif dan plasebo, peneliti dapat menentukan apakah obat memiliki efek khusus di luar yang diharapkan.

Editors' Picks

2. Tujuan terapi homeopati 

2. Tujuan terapi homeopati 
Freepik/katemangostar

Homeopati bertujuan untuk memulai sistem penyembuhan di dalam tubuh dengan memberi kamu dosis yang sangat kecil, apa pun yang dianggap membuat kamu sakit atau dalam hal ini bisa memberikan efek kamu jadi sulit hamil.

Homeopati kadang-kadang tersedia di NHS untuk membantu meningkatkan kesuburan, meskipun selalu disarankan kamu menggunakannya bersama perawatan kesuburan konvensional.  

Konsultasikan ke dokter umum atau menghubungi British Homeopathic Association (BHA) untuk mencari praktisi dan informasi lebih lanjut. 

Terkait dengan pil plasebo, biasanya dokter akan menyarankan kamu mengonsumsi pil KB jika dianggap ada yang salah dengan sirkulasi haid kamu. Pil ini nantinya akan mengontrol sirkulasi haid.

Baca juga: Tips Mengatur PCO Saat Merencanakan Kehamilan agar Tetap Aktif dan Fit

3. Terapi homeopati bisa mengatasi masalah sulit hamil

3. Terapi homeopati bisa mengatasi masalah sulit hamil
mumsgrapevine.com.au

Seorang homeopati Indonesia, Dr. M. Simanjuntak menceritakan lewat situs miliknya,  homeopati.webstarts.com  bahwa ada 13 penyakit yang berhasil disembuhkan melalui terapi homeopati.

Salah satunya adalah keluhan kewanitaan seperti  sirkulasi haid tidak lancar, haid yang terasa sangat sakit, myoma, mastitis, keputihan dan sulit hamil.

Ini menandakan bahwa bisa saja homeopati yang tepat bisa menjadi jalan yang baik bagi pasangan yang ingin cepat punya anak. 

Baca juga:

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!