Tips dan Cara Cepat Hamil Setelah Pernah Keguguran

Setelah mengalami keguguran, banyak perempuan yang ingin segera hamil lagi. Ini caranya

5 Agustus 2018

Tips Cara Cepat Hamil Setelah Pernah Keguguran
freepik.com/pressfoto

Setiap pasangan tentunya ingin segera memiliki momongan setelah menikah. Bahkan, tak jarang dari mereka yang melakukan berbagai cara agar bisa hamil. Ketika hamil, Mama tentunya juga harus menjaga dengan baik kesehatan janin. Pasalnya, gaya hidup yang tidak sehat bisa meningkatkan risiko keguguran.

Pada umumnya, keguguran menjadi salah satu kondisi yang ditakuti setiap wanita yang sedang hamil. Mereka yang mengalami keguguran tentu akan sangat terpukul, sedih, atau bahkan trauma untuk memiliki anak. Bagi mama yang juga mengalami hal ini, sebenarnya ada berbagai cara cepat hamil sehabis keguguran. Berikut ulasannya.

Tips Cepat Hamil Pasca Keguguran

1. Mengonsumsi makanan peningkat kesuburan

1. Mengonsumsi makanan peningkat kesuburan
freepik.com/tirachard

Salah satu cara agar bisa cepat hamil setelah keguguran adalah dengan mengkonsumsi makanan yang bisa meningkatkan kesuburan Mama.

Cobalah untuk mengkonsumsi makanan yang bisa menyehatkan sistem reproduksi seperti ikan, biji-bijian, daging segar rendah lemak, dan kacang-kacangan. Mama juga bisa mengkonsumi makanan yang memiliki kandungan zinc seperti susu, telur, tiram, dan lainnya.

Editors' Picks

2. Jauhkan diri dari hal yang membuat stres

2. Jauhkan diri dari hal membuat stres
freepik.com/freepik

Stressmenjadi satu hal yang bisa menghambat proses kerja hormon saat pembuahan. Jika Mama terlalu sering stres, hormon pengontrol ovarium akan terhambat saat melepas sel telur. Akibatnya, proses pembuahan bisa terhambat.

Padahal, cara cepat hamil yang utama sehabis keguguran adalah melakukan kegiatan seksual saat masa subur. Oleh karena itu, cobalah buang pikiran negatif yang membuat mama stres. Lakukanlah berbagai hal yang menyenangkan hati.

3. Olahraga teratur

3. Olahraga teratur
freepik.com/asierromero

Olaraga memang memiliki banyak manfaat, termasuk meningkatkan kesempatan Mama untuk bisa hamil lagi pasca keguguran. Namun, jika ingin berolahraga, pastikan untuk melakukan olahraga yang ringan seperti jalan sehat, yoga, dan lainnya.

4. Konsumsi obat dan vitamin

4. Konsumsi obat vitamin
freepik.com/yanalya

Pasca keguguran, dokter biasanya akan memberikan resep obat yang bisa mempercepat kehamilan Mama.

Obat yang diberikan biasanya berupa antiobiotik, vitamin, atau antidepresan. Obat-obatan ini berfungsi untuk mengembalikan kondisi Mama pasca keguguran. Untuk itu, minumlah sesuai dosis yang dokter berikan.

5. Hindari kafein, rokok, narkoba, dan alkohol

5. Hindari kafein, rokok, narkoba, alkohol
freepik.com/prostooleh

Beberapa pakar menyebutkan bahwa kafein bisa menghambat kehamilan. Namun, hal ini belum benar-benar terbukti. Untuk berjaga-jaga, sebaiknya batasi konsumsi kafein Mama pasca keguguran.

Hindari minuman bersoda, kopi, teh, atau minuman berenergi. Tak hanya kafein, Mama juga harus menghindari mengkonsumsi rokok, narkoba, dan alkohol. Berbeda dengan kafein, ketiga hal tersebut sudah pasti tidak baik untuk kesehatan tubuh dan janin nantinya.

6. Melakukan hubungan seks saat masa subur

6. Melakukan hubungan seks saat masa subur
freepik.com/freepik

Salah satu cara yang paling ampuh untuk mempercepat kehamilan adalah dengan melakukan hubungan seks di masa subur. Namun, melakukan hubungan sebelum masa subur juga dianggap baik.

Sperma papa bisa bertahan hidup hingga seminggu di dalam tubuh mama. Masa subur sangat penting sekali dalam proses rencana kehamilan. Oleh karena itu, pastikan Mama tahu kapan masa subur terjadi.

Itulah beberapa cara cepat hamil yang bisa Mama lakukan pasca keguguran. Untuk bisa hamil lagi setelah mengalami keguguran memang merupakan hal yang sulit. Namun, jika tips di atas dilakukan dengan serius, besar kemungkinan Mama bisa kembali hamil dalam waktu yang cepat.

Jika keenam cara diatas masih belum berhasil, cobalah untuk memeriksakan diri ke dokter. Dokter tentunya akan lebih tahu bagaimana kondisi tubuh mama. Namun, jika cara di atas berhasil, pastikan Mama untuk menjaga kesehatan janin dengan pola hidup yang sehat.

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk