5 Makanan Penyubur Kandungan agar Cepat Hamil

Kalau sudah siap hamil, yuk lihat pilihan makanan yang tepat untuk kamu

19 Mei 2021

5 Makanan Penyubur Kandungan agar Cepat Hamil
Freepik/valuavitaly

Kebanyakan pasangan menginginkan istri bisa cepat hamil setelah menikah. Kenyataannya, tidak semua bisa mendapatkan kesempatan untuk langsung hamil.

Bagaimana caranya agar kamu bisa cepat hamil? Salah satunya adalah dengan memerhatikan kesuburan, kesehatan pasangan, dan gaya hidup.

Namun, beberapa makanan yang kamu konsumsi sebenarnya bisa membantu kamu untuk cepat hamil lho. Cobalah konsumsi jenis makanan yang bisa membantu menyuburkan kandungan. Apa saja makanan yang bisa membantu kesuburan? Cek selengkapnya di Popmama.com berikut ini:

5 Makanan Penyubur Kandungan

Banyak perempuan yang tetap hamil walau tidak mengatur apa yang mereka makan. Tapi jika kamu merasa perlu mengatur makanan demi ingin cepat memiliki keturunan, kamu perlu pilih makanan penyubur kandungan.

Gizi yang terkandung bisa mendukung usaha mama agar cepat hamil. Jika Mama merasa sudah siap hamil, perbanyaklah makanan yang bisa menyuburkan kandungan tersebut. Apa saja jenis makanan-makanan untuk cepat hamil itu?

1. Daging meningkatkan kesuburan

1. Daging meningkatkan kesuburan
Freepik/4045

Daging yang bisa mama konsumsi untuk meningkatkan kesuburan agar cepat hamil adalah daging sapi dan ayam yang rendah lemak. Dari konsumsi makanan ini, maka mama bisa mendapatkan asupan protein dan zat besi.

Tapi jangan jadi berlebihan juga ya, kamu cukup makan dua porsi menu olahan daging dalam satu hari. Sebab dalam sebuah penelitian, disebutkan bahwa terlalu banyak mengonsumsi protein hewani justru dapat menurunkan tingkat kesuburan.

Editors' Picks

2. Makanan yang mengandung protein nabati

2. Makanan mengandung protein nabati
Unsplash/olenka_kotyk

Jika mama adalah seorang vegetarian dan tidak mengonsumsi daging, maka sumber protein nabati bisa menjadi alternatif.

Mama bisa mengonsumsi makanan seperti tempe, tahu, kacang polong, susu kedelai, atau sayur bayam.

Bahan makanan ini terkadang bisa lebih murah dan lebih rendah lemak. Cocok juga untuk menjaga berat badan agar tidak berlebih.

3. Ikan sangat baik dalam menunjang program hamil

3. Ikan sangat baik dalam menunjang program hamil
cook.nourishevolution.com

Ikan yang mengandung asam lemak omega-3 juga sangat penting untuk meningkatkan kesuburan Mama. Adapun zat tersebut dapat ditemukan pada jenis ikan sarden, salmon dan lele. Kadang kita merasa takut makan ikan karena mengandung merkuri.

Nah, supaya lebih aman, dianjurkan mengonsumsi 12 ons ikan per minggu. Tapi jika masih takut, omega-3 juga bisa didapat dari sumber makanan lain seperti telur dan almond.

4. Susu dan produk olahannya

4. Susu produk olahannya
foodnetwork.com

Beberapa merek susu ternama sudah memproduksi susu persiapan kehamilan sebagai solusi cepat hamil.

Namun selain susu, berbagai produk olahannya ternyata juga baik untuk program hamil. Di antaranya adalah yogurt dan keju, yang baik untuk kesuburan kandungan. Tetapi Mama perlu memilah produk susu yang rendah lemak atau bahkan bebas lemak.

Tapi ingat, konsumsi susu dan produk olahannya harus sesuai takaran. Kamu juga harus mengetahui kondisi kesuburan dan kesehatan kamu dulu sebelum mengonsumsi susu untuk promil. Beberapa permasalahan kesuburan justru sangat disarankan membatasi asupan susu ya, Ma.

5. Makanan yang mengandung zinc dapat jadi penyubur kandungan

5. Makanan mengandung zinc dapat jadi penyubur kandungan
Freepik/Yuliyafurman

Kenapa harus yang mengandung zinc? Karena manfaat zinc bisa melancarkan menstruasi, setelah itu bisa memproduksi sel-sel telur lebih banyak lagi. Inilah makanya mengonsumsi makanan mengandung zinc sangat penting.

Pilihan makanan penyubur kandungan berbahan yang mengandung zinc adalah kuning telur, bawang putih, tiram, biji wijen dan hati sapi. Jika takut tiram memuat merkuri di dalamnya, kamu bisa pilih makanan penyubur kandungan lainnya agar lebih aman untuk kesehatan.

Cobalah mengatur makanan selama 3-12 bulan, kemungkinan kandungan mama akan lebih subur. Peluang hamilan juga bisa jadi semakin meningkat.

Sebagai pantangannya, mama disarankan menjauhi makanan-makanan mentah, produk susu sapi yang belum melewati proses pasteurisasi, dan kafein. Boleh, tapi sebaiknya mengetahui takaran yang aman.

Dalam penelitian sebenarnya belum ada pembuktian tentang makanan apa yang bisa secara signifikan meningkatkan kesuburan seorang perempuan dan membuat lebih kamu cepat hamil.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.