10 Tahun Menanti, Begini Perjalanan IVF Zaskia Sungkar hingga Hamil

Perjuangan membuahkan hasil, kini Zaskia Sungkar usia kehamilannya masuk minggu ke-8

5 September 2020

10 Tahun Menanti, Begini Perjalanan IVF Zaskia Sungkar hingga Hamil
Instagram.com/irwansyah_15

Perjalanan serta perjuangan proses bayi tabung (IVF) setiap pasangan memang akan selalu berbeda-beda dan punya ceritanya sendiri, termasuk pasangan Zaskia Sungkar dan Irwansyah. 

Usai mengurungkan niat menjalani program hamil di Belanda saat liburan, akhirnya pasangan ini memercayakan program bayi tabung pertamanya bersama Morula IVF. Berbagai kabar baik pun diceritakan mereka lewat Syahki's Journey yang tayang di channel YouTube The Sungkars Family. 

Tepat pada Sabtu (5/9/2020), Zaskia mengumumkan kehamilan pertamanya secara perdana di media sosial. Dari pernyataannya, usia kehamilannya kini sudah masuk minggu kedelapan.

Bagi Zaskia dan Irwansyah, kehamilan ini menjadi rezeki yang tidak bisa diungkapkan dengan kata-kata apalagi mereka hanya memiliki satu embrio berkualitas. Perjuangan mereka terbayar sudah setelah menjalani berbagai operasi, bolak balik rumah sakit, disuntik dan berbagai pantangan makanan.

Jika Mama ingin mengetahui Perjalanan IVF Zaskia Sungkar dari awal hingga akhirnya hamil anak pertama, kali ini Popmama.com telah merangkumnya. 

Simak secara detail yuk, Ma!

1. Zaskia Sungkar diketahui memiliki endometriosis dan fibroid pada tahun 2017

1. Zaskia Sungkar diketahui memiliki endometriosis fibroid tahun 2017
Instagram.com/zaskiasungkar15

Banyak yang belum mengetahui bahwa Zaskia sempat menjalani serangkaian operasi pada tahun 2017 lalu. Terdapat endometriosis dan fibroid, sehingga perlu menjalani tindakan operasi ketika sedang berada di Malaysia.

Dilansir dari Live Strong, endometriosis dapat terjadi ketika sel-sel lapisan rahim tumbuh di luar rahim. Sementara itu, fibroid merupakan tumor jinak yang tumbuh di rahim.

Permasalahan kesehatan tersebut baru ketahuan di tahun 2017 karena Zaskia kerap merasakan sakit setiap menstruasi. 

Kondisi inilah yang membuat Zaskia harus menjalani operasi di tahun 2017 agar tidak menyulitkannya untuk memiliki anak. 

Usai beberapa tahun berlalu, ketika awal tahun 2020 pasangan ini pun sempat memeriksakan kesehatan sekaligus program hamil di salah satu rumah sakit saat berlibur ke Belanda. 

Hanya saja program kehamilan yang mereka rencanakan di Belanda tidak jadi dilakukan karena alasan tertentu. 

2. Melakukan program IVF dan menjalani operasi polip rahim di tengah pandemi 

2. Melakukan program IVF menjalani operasi polip rahim tengah pandemi 
Instagram.com/zaskiasungkar15

Melakukan program kehamilan di tengah pandemi Covid-19 tentu tidaklah mudah. Mengingat kesehatan tetap harus menjadi prioritas utama. 

Zaskia pun di tahun 2020 kembali melakukan usaha di Indonesia tepatnya di Morula IVF agar segera mendapatkan keturunan. Berbagai rangkaian program pun dilalui oleh Zaskia hingga harus menjalani transfer embrio. 

Hanya saja sebelum menjalani transfer embrio, Zaskia Sungkar kembali harus melakukan operasi. Pasalnya, Zaskia diketahui memiliki polip di rahim.  

Upaya pengangkatan polip ini perlu dilakukan untuk mengurangi risiko kegagalan ketika proses program kehamilan. 

Setelah pengangkatan polip di rahim, Zaskia harus berpuasa 24 jam untuk kesehatan sekaligus pemulihan. 

3. Banyak dukungan yang diberikan kepada Zaskia Sungkar ketika telah menjalani transfer embrio

3. Banyak dukungan diberikan kepada Zaskia Sungkar ketika telah menjalani transfer embrio
Instagram.com/irwansyah_15

Perjalanan IVF dari pasangan Zaskia Sungkar dan Irwansyah masih terus berlanjut. Di tengah pandemi, Zaskia pun menjalani proses transfer embrio. 

Transfer embrio adalah proses pemindahan embrio hasil dari sel telur yang sudah dibuahi, yang terjadi di laboratorium sebagai salah satu rangkaian program bayi tabung. Embrio terbaik pun dipilih untuk dipindahkan langsung ke rahim perempuan, sehingga meningkatkan peluang untuk bisa segera hamil.

Sebelum menjalani transfer embrio, Zaskia ikhlas dengan segala hasil yang nantinya terjadi. 

Transfer embrio yang dijalani oleh Zaskia ini dibantu oleh dr. Reino Rambey, SpOG. Menurut cerita dari Irwansyah, dokter Reino Rambey selalu memberikan dukungan setiap saat. 

Segala ikhtiar pun dijalani oleh keduanya sampai benar-benar mendapatkan hal yang diinginkan selama ini. 

Editors' Picks

4. Fenny Bauty terus mendukung perjuangan Zaskia Sungkar

4. Fenny Bauty terus mendukung perjuangan Zaskia Sungkar
Instagram.com/fenny.bauty

Sebagai seorang Mama, cinta dan kasih sayang Fenny Bauty kepada anak-anaknya tidak pernah pudar. 

Selama program IVF, Fenny sempat mengunggah sebuah dukungan untuk putri pertamanya yang saat itu baru saja selesai menjalani transfer embrio dengan lancar. Tak hanya doa dan kata-kata semangat saja, namun Fenny sempat menyuapi Zaskia yang sedang berbaring di tempat tidur. 

Alhamdulilah atas izin Allah Subhanahu wata'Ala lancar sudah transfer embrio ke kandungan Zaskia, doakan ya teman-teman. 

Selanjutnya semoga harapan Zaskia serta Irwan mendapatkan keturunan yang sholeh dan sholeha, sehat walafiat dikabulkan oleh Allah Subhanahu Wata'Ala aamiin ya Rabbal alamin 

Kuucapkan terima kasih untuk keluargaku dan teman-temanku tercinta yang sudah mendoakan serta berikan support ke Zaskia atas kelancaran proses bayi tabungnya. 

Unggahan Fenny yang sedang menyuapi Zaskia seolah memberikan makna bahwa kasih orangtua akan selalu ada untuk anak-anaknya. 

5. Ketika melalui 2ww, Zaskia Sungkar lebih banyak istirahat di rumah 

Mumpung gak ada yg nyetopin ? #kiaivfjourney

A post shared by Zaskia Sungkar (@zaskiasungkar15) on

Lewat ceritanya di channel YouTube The Sungkars Family, Zaskia Sungkar menceritakan ketika sedang menjalani 2ww.

Perlu diketahui bahwa 2ww merupakan istilah atau singkatan dari 2 weeks wait, yaitu waktu tunggu selama dua minggu setelah transfer embrio, untuk kemudian embrio menempel di dinding rahim. Ketika sedang menjalani prosedur IVF, momen 2 minggu ini dirasa cukup mendebarkan karena seorang perempuan harus santai dan rileks. 

Selama 2ww biasanya tubuh pun sudah mulai diperlakukan seperti orang hamil, sehingga perlu mengonsumsi makanan yang bergizi. Selain tetap perlu menjaga tubuh dengan banyak istirahat dan mengonsumsi makanan bergizi, usahakan juga untuk tetap rileks agar pikiran tenang serta terhindar dari stres. 

Selama proses 2ww, Zaskia benar-benar harus istirahat total dan tidak boleh terlalu kelelahan. Bahkan di hari pertama, dirinya hanya berbaring di kasur dan tidak terlalu banyak gerak. 

Menurut istri dari Irwansyah ini, ia ingin menjaga amanah yang diberikan oleh sang Pencipta usai menjalani embrio transfer. 

6. Irwansyah mengajak bicara embrio agar berkembang sesuai dengan harapan

Sebagai suami, Irwansyah selalu berada di sisi Zaskia dalam suka dan duka. Setiap tahapan perjalanan program kehamilan dijalani oleh pasangan ini dengan ikhlas. Irwansyah pun begitu memerhatikan istrinya selama 2ww berlangsung. 

Ketika sedang proses 2ww, Zaskia sempat mengunggah video suaminya ketika sedang berbicara dengan embrio di dalam perut. Percakapan tersebut memperlihatkan kalau Irwansyah ingin anaknya bisa tumbuh dengan sehat. 

"Lagi ngomong sama embrionya disuruh tumbuh yang terbaik ya, sayang. Yakin sama rencana Allah paling indah kalau belum rezeki kita usaha lagi," tulis Zaskia dalam unggahan videonya. 

Dalam video percakapan itu, Irwansyah sudah tidak sabar ingin melihat anaknya dan ingin mengajarkan mengaji.

7. Dari berbagai rintangan dan perjuangan, Zaskia Sungkar akhirnya mendapatkan dua garis biru pada hasil tes pack

7. Dari berbagai rintangan perjuangan, Zaskia Sungkar akhir mendapatkan dua garis biru hasil tes pack
Instagram.com/zaskiasungkar15

Alhamdulillah, rintangan yang harus kami lewati cukup banyak. Usaha yang harus kami jalani sudah tak terhitung.

Sepanjang hampir 10 tahun lamanya kebersamaan ini, akan ada kebahagiaan kecil yang akan hadir menghampiri.

Akhirnyaaa, alhamdulillah aku hamil.
Perjuangan mendapatkan garis dua ini nggak sia-sia.

Begitulah ungkapan bahagia yang dituliskan oleh Zaskia Sungkar sambil memperlihatkan hasil test pack di tangannya. 

Usai menjalani berbagai rintangan dan perjuangan untuk mendapatkan anak pertama, Zaskia Sungkar kini memberikan kabar bahagia kepada banyak orang. Menurut Zaskia ini merupakan hadiah luar biasa di dalam hidupnya dan Irwansyah. 

"Terima kasih untuk kamu Irwansyah yang selalu bersedia menemaniku mewujudkan kehamilan ini. Buat kamu yang masih belum dapat ku sentuh, tumbuhlah sehat selalu," tulis Zaskia. 

8. Usia kandungan Zaskia Sungkar masuk 8 minggu 

8. Usia kandungan Zaskia Sungkar masuk 8 minggu 
Instagram.com/zaskiasungkar15

Berdasarkan ceritanya di YouTube, Zaskia Sungkar pun mengungkapkan kalau usia kandungannya sudah masuk delapan minggu. 

Perlu diketahui bahwa perkembangan janin pada minggu kedelapan telah mengalami cukup banyak perkembangan. 

Ari-ari yang menghubungan Mama dengan si Kecil di dalam perut pada usia delapan minggu sudah perlahan-lahan terbentuk. Ari-ari ini tentunya akan menyediakan nutrisi, oksigen dan juga tempat pembuangan kotoran untuk bayi. 

Perlu diketahui juga bahwa di usia kehamilan minggu kedelapan, umumnya ibu hamil akan mudah lelah. Kondisi ini terjadi karena adanya peningkatan hormon progesteron yang menyebabkan badan lesu apalagi kalau energi terus habis akibat mual dan muntah. 

Untuk mengatasi masalah kesehatan di usia kedelapan minggu, ibu hamil perlu menghindari makanan yang bisa menimbulkan rasa mual. Perbanyaklah makanan kaya akan kandungan vitamin C karena rasa asamnya dapat meredam rasa mual selama masa-masa kehamilan. 

Zaskia pun harus menuruti kata-kata dokter karena kehamilannya yang masih muda ini perlu dijaga dengan baik. 

Itulah cerita perjuangan kehamilan pertama Zaskia Sungkar dari awal program hingga mendapatkan kabar bahagia. 

Semoga kehamilan Zaskia Sungkar ini bisa terus sehat dan dilancarkan sampai proses persalinan nanti ya, Ma. 

Baca juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.