11 Artis yang Berhasil Menjadi Pejuang IVF dari Dulu hingga Sekarang

Setiap perempuan punya perjuangan berbeda saat ingin hamil, ini kisah para artis sebagai pejuang IVF

7 September 2020

11 Artis Berhasil Menjadi Pejuang IVF dari Dulu hingga Sekarang
Instagram.com/zaskiasungkar15/asmirandah89

In Vitro Fertilization (IVF) atau yang populer disebut bayi tabung menjadi salah satu tindakan medis untuk mengupayakan kehamilan. Program IVF telah banyak ditempuh oleh banyak pasangan dari berbagai kalangan agar cepat mendapatkan keturunan, termasuk para artis Indonesia.

Perjalanan serta perjuangan IVF seolah menjadi usaha tersendiri agar mampu meningkatkan peluang kehamilan serta segera mendapatkan keturunan. Setiap pasangan pun memiliki cerita masing-masing selama menjalani program kehamilan. 

Jika Mama ingin mengetahui beberapa artis yang menjalani program IVF dari dulu hingga sekarang, kali ini Popmama.com telah merangkumnya. 

Cerita dari para pejuang IVF ini bisa menjadi inspirasi tersendiri untuk tetap berjuang mendapatkan keturunan nih, Ma. Yuk, simak kisah beberapa selebriti pejuang IVF yang begitu menginspirasi!

1. Inul Daratista

1. Inul Daratista
Instagram.com/inul.d/

Inul Daratista dan Adam Suseno sempat lama menanti kehadiran anak pertama mereka, bahkan sampai 13 tahun lamanya. 

Akhirnya pasangan ini menjalani program bayi tabung, bahkan Inul termasuk artis yang mempopulerkan program kehamilan ini di Indonesia. Pada akhir tahun 2008 lalu, Inul membenarkan dirinya tengah hamil lewat cara bayi tabung.

Usai menjalani perjuangan yang begitu panjang dari program hingga hamil, Inul melahirkan anak laki-laki bernama Yusuf Ivander Damares pada 31 Mei 2009. Terlahir sempurna tanpa adanya kekurangan, Inul melahirkan melalui operasi caesar.  

2. Tya Ariestya

2. Tya Ariestya
Instagram.com/tya_ariestya

Setelah Inul Daratista, pasangan Tya Ariestya dan Irfan Ratinggang pun menjadi pejuang IVF. Program bayi tabung ini dilakukan atas kesepakatan bersama. 

Tya memutuskan untuk melakukan program bayi tabung karena ia mempunyai salah satu masalah fertilitas, yakni PCOS (Polycystic Ovary Syndrome). Gejala yang muncul secara umum yakni ditandai dengan ketidakseimbangan hormon, sehingga meningkatkan gangguan kesuburan. 

Anak pertama dan kedua Tya Ariestya merupakan hasil dari program bayi tabung. Muhammad Kanaka Ratinggang dan Muhammad Kalundra Ratinggang lahir dengan sempurna tanpa ada kekurangan.

3. Cynthia Lamusu

3. Cynthia Lamusu
Instagram.com/cynthia_lamusu

Setelah pernikahannya selama delapan tahun dengan Surya Saputra belum juga diberikan momongan, Cynthia Lamusu akhirnya memutuskan untuk menjalani program bayi tabung. 

Bukan sekali saja, sebelumnya ia pernah menjalani dua kali inseminasi hanya saja sempat gagal. Walau gagal, namun Cynthia dan Surya tetap berusaha dan tidak menyerah begitu saja untuk mendapatkan anak. 

Keduanya lalu kembali menjalani program bayi tabung yang ketiga dan akhirnya berhasil. Cynthia dinyatakan hamil bayi kembar. 

Pada November 2016 lalu, Cynthia melahirkan bayi kembarnya yang diberikan nama Ataya Tatjana Aisyah Putri dan Atharva Bimasena Saputra. Kelahiran anak kembarnya tersebut lebih cepat dari perkiraan dokter, yakni pada Desember 2016. 

Kini kehadiran si Kembar semakin melengkapi keluarga kecil Cynthia dan Surya.

4. Caca Tengker

4. Caca Tengker
Instagram.com/cacatengker

Alsi Mega Marsha Tengker atau yang akrab disapa Caca Tengker juga termasuk pejuang IVF ketika ingin mendapatkan anak pertama. 

Cerita perjuangan Caca Tengker untuk hamil sempat dibagikan melalui beberapa unggahannya di media sosial. Saat memasuki usia pernikahan ketujuh bulan, belum ada juga tanda-tanda kehamilan pada dirinya. 

Setelah melakukan tes kesehatan ternyata diketahui kalau dirinya memiliki masalah kista hormonal, sehingga menjadi faktor penghambat kesuburan dirinya. 

"Sejak awal kita selalu punya komitmen untuk cari jalan yang terbaik menurut kita dan sesuai sama research yang kita pelajari. Kita yakin banget bahwa teknologi itu berkembang karena manusia dianugerahi akal. Tapi kita juga tau semua udah diatur, soal rezeki dan jodoh udah di tangan Tuhan. Ini adalah salah satu upaya kita bersyukur, bahwa masih ada jalan dari segala keterbatasan kita," ungkap Caca Tengker mengenai alasan saat memilih melakukan program bayi tabung. 

Oleh karena itu, adik dari Nagita Slavina ini memilih Morula IVF untuk program bayi tabung. Berbagai tahapan ditempuh dan berusaha patuh dengan semua saran dokter, sehingga perjuangannya membuahkan hasil.

Anak pertamanya bernama Ansara Maisadipta Tamin lahir pada 28 Agustus 2018 lalu. Caca Tengker bersama Barry Tamin pun sekarang sedang menanti kelahiran anak keduanya. 

Editors' Picks

5. April Jasmine

5. April Jasmine
Instagram.com/apriljasmine85

Setelah beberapa tahun membina rumah tangga bersama, Ustaz Solmed dan April Jasmine belum dikaruniai momongan. Pasangan ini pun akhirnya menempuh program bayi tabung untuk memiliki anak. 

April Jasmine bahkan telah melakukan dua transfer embrio sekaligus agar bisa menempel tepat di rahimnya. Usaha pun tidak mengkhianati hasil, akhirnya April Jasmine berhasil melahirkan anak kembar dari program bayi tabung di Morula IVF.

Bayi kembarnya lahir pada 4 Mei 2018 di RSU Bunda Jakarta melalui operasi caesar. 

6. Medina Zein 

6. Medina Zein 
Instagram.com/medinazein

Medina Zein sempat menjalani program IVF sejak awal tahun 2019 dan kini telah melahirkan anak laki-laki bernama Muhammad Syafi Hakim. 

Perjalanan IVF Medina dimulai sejak mengunggah foto pertamanya bersama dr. Aryando Pradana, Sp.OG. Pada unggahan Instagram pribadinya pada (15/1/2019), Medina melakukan kontrol dan saat USG ternyata rahimnya sudah siap untuk melakukan embrio transfer. 

Kontrol tersebut menjadi perjalanan IVF kedua karena yang pertama sempat gagal. Berkat usaha dan kesungguhan hati agar bisa memiliki anak kembali, Medina Zein melakukan program IVF. 

Sebenarnya udah pernah cerita tentang perjalanan IVF aku yang pertama dan belum berhasil , tetapi kayaknya sekarang aku perlu cerita lagi karena banyak yang penasaran tentang kehamilan aku di IVF ke 2 ini yang alhamdulillah berhasil .

Jadi aku udah punya 1 anak laki-laki usia 7 tahun dan 2 kali KET setelah itu, sehingga harus di lakukan 2 kali pengangkatan saluran tuba. Karena kondisi tuba pecah dan membahayakan jika tidak dilakukan pengangkatan. 

At the and aku nggak punya saluran tuba lagi dan imposible untuk hamil alami pastinya. Nggak boleh patah semangat dong, IVF jadi satu-satunya pilihan untuk ikhtiar mendapatkan keturunan, alhamdulillah banget setelah IVF yang ke-2 aku berhasil hamil di BHCG 600. 

Mengikuti jejak sang Kakak, Syafi pun harus memilih jalan lahir melalui persalinan caesar atas saran dari dokter pada 9 September 2020. Ini dilakukan karena waktu persalinan anak pertama, Medina gagal induksi sampai pembukaan 7 karena ada lilitan tali pusat dan berakhir dengan operasi caesar. 

Tak hanya itu, perjuangan lain Medina pun sempat gagal saat perjalanan IVF yang pertama dan mengalami dua kali kehamilan etopik sehingga dokter menyarankan untuk melahirkan Syafi melalui proses caesar.

Kini Medina dan Lukman Azhari sedang berbahagia karena kehadiran Syafi.

7. Tiara Pangestika

7. Tiara Pangestika
Instagram.com/tiarapangestika

Arief Muhammad dan Tiara Pangestika termasuk pasangan yang menjadi pejuang IVF saat ingin mendapatkan anak pertama. Perjuangan mereka cukup panjang jika dilihat kembali ke belakang. 

Seperti yang sudah diketahui bahwa kesabaran Tipang serta Arief harus diuji ketika mereka mengalami kegagalan sewaktu inseminasi dan program IVF.

Bukan hanya beban mental saja, namun secara finansial pun diakui oleh Tipang terasa berat karena banyak sekali pengeluaran. Cerita kegagalan tersebut sempat dibagikan oleh Tipang di akhir tahun 2018 lalu. 

Meskipun begitu, Tipang pada akhirnya perlahan-lahan dapat menyikapi masalah tersebut dengan bijak. Proses penerimaan dan hidup bahagia tanpa tekanan pun dijalaninya saat itu karena ada beberapa hal di dunia yang memang tidak bisa dikontrol manusia. 

Pasangan ini akhirnya kembali bangkit dan berusaha kembali untuk mendapatkan hasil terbaik yakni buah hati di keluarga kecil mereka. Setelah melakukan segala cara untuk mendapatkan anak, usaha Arief dan Tipang membuahkan hasil pada bulan September 2019. 

"Bersyukur usaha kami di September 2019 membuahkan hasil, proses IVF kami berhasil. Lalu 5 Juni ini, anak pertama kami lahir dengan sehat dan selamat," tulisnya. 

Walau sempat mengalami kegagalan, pasangan ini memperlihatkan bahwa segala usaha diiringi dengan doa pasti akan memberikan hasil yang indah. 

Kelahiran Ibrahim Wishaka El Emran pada Jumat (5/6/2020) seolah semakin melengkapi perjalanan cinta dari Arief dan Tipang sebagai pasangan. 

8. Rianti Cartwright

8. Rianti Cartwright
Instagram.com/carolinehutomo

Rianti Cartwright dan Cassanova Alfonso telah menanti kehadiran anak pertamanya sekitar sembilan tahun usai menikah sejak 17 September 2010 lalu. Rianti yang sempat gagal menjalani program IVF alias bayi tabung pada akhirnya kembali bangkit dan kembali berusaha. 

Serangkaian program IVF pun dijalani oleh Rianti, mulai dari terapi akupuntur, transfer embrio, fase 2ww atau 2 weeks wait hingga akhirnya mengumumkan kehamilan anak pertama. 

Pengumuman kehamilan pertamanya ini sempat dibagikan melalui video berjudul "(IN VITRO FERTILIZATION) JOURNEY - Part 1 dan Part 2", keduanya menjelaskan perjuangan mereka untuk memiliki anak pertama. 

Pada tanggal 25 Juli 2020, Rianti melahirkan anak perempuan pertamanya secara sehat tanpa kekurangan apapun. Walau Rianti sempat gagal menjalani program IVF, kini akhirnya Cara Rose Kanaya Nainggolan telah lahir dan menjadi pelengkap keluarga kecil pasangan ini. 

9. Feby Rizky Andhika Siregar istri Naga ADA Band

Naga ADA Band dan Feby Rizky Andhika Siregar termasuk pasangan pejuang IVF. Usai menanti cukup lama kehadiran anak pertama, pasangan ini akhirnya memutuskan untuk menjalani program bayi tabung.

Walau tak banyak bercerita di media sosial, keduanya mengumumkan kabar bahagia mengenai momen kehamilan di awal 2020. 

Di bulan September 2020, pasangan ini pun akan kedatangan anak pertama setelah menjalani serangkaian program bayi tabung. Doakan agar proses persalinannya nanti bisa dilancarkan ya, Ma. 

10. Asmirandah

10. Asmirandah
Instagram/asmirandah89

Usai menikah di akhir tahun 2013 lalu, Asmirandah dan Jonas Rivanno termasuk pasangan yang semakin terlihat mesra apalagi dengan banyaknya foto-foto yang diunggah ke media sosial mereka. 

Di usia pernikahan mereka yang sudah mencapai tahun keenam membuat keduanya memiliki banyak momen bersama. Sebagai pasangan suami istri yang harmonis, Asmirandah dan Jonas juga menginginkan kehadiran si Kecil di dalam rumah tangga mereka. 

Bersama dr. Merry Amelya PS, Sp.OG, pasangan ini melakukan konsultasi pertama untuk menjalani program IVF. 

Usai menjalani konsultasi pertama sejak 6 Februari lalu, akhirnya Asmirandah mengumumkan kehamilan pertamanya. Perjuangan Asmirandah untuk memiliki anak selama pandemi Covid-19 tidak sia-sia dan membuahkan hasil. 

Sekarang Asmirandah tengah menikmati masa kehamilannya yang sebentar lagi masuk usia tujuh bulan. 

11. Zaskia Sungkar

11. Zaskia Sungkar
Instagram.com/irwansyah_15

Usai mengurungkan niat menjalani program hamil di Belanda saat liburan, akhirnya  Zaskia Sungkar dan Irwansyah memercayakan program bayi tabung pertamanya bersama Morula IVF. 

Usai menjalani beberapa operasi mulai dari endometriosis dan polip rahim, Zaskia pun melakukan transfer embrio di tengah pandemi Covid-19. 

Berbagai kabar baik pun diceritakan mereka lewat Syahki's Journey yang tayang di channel YouTube The Sungkars Family

Tepat pada Sabtu (5/9/2020), Zaskia mengumumkan kehamilan pertamanya secara perdana di media sosial. Dari pernyataannya, usia kehamilannya kini sudah masuk delapan minggu.

Alhamdulillah, rintangan yang harus kami lewati cukup banyak. Usaha yang harus kami jalani sudah tak terhitung.

Sepanjang hampir 10 tahun lamanya kebersamaan ini, akan ada kebahagiaan kecil yang akan hadir menghampiri.

Akhirnyaaa, alhamdulillah aku hamil. Perjuangan mendapatkan garis dua ini nggak sia-sia.

Kabar bahagia ini menuai banyak doa serta harapan agar anak pertama mereka bisa terus sehat di dalam kandungan hingga proses persalinan nanti tiba. 

Itulah deretan artis yang berhasil menjadi pejuang IVF setelah menantikan cukup lama kehadiran anak di keluarga mereka. Perlu diingat bahwa segala bentuk usaha harus tetap diiringi dengan doa agar keinginan memiliki anak bisa segera tercapai.  

Tetap semangat untuk pasangan yang masih berjuang atau sedang menjalani program bayi tabung. 

Baca juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.