Penyebab Haid Tidak Teratur dan Pengaruhnya dengan Masa Subur

Inilah yang membuat siklus haid setiap perempuan berbeda-beda

22 April 2019

Penyebab Haid Tidak Teratur Pengaruh Masa Subur
Pixabay/pexel

Siklus haid sebenarnya memiliki ketentuan untuk bisa dibilang normal dan tidak normal. Ketika siklus haid tidak teratur maka ini bisa dibilang tidak normal.

1. Apa itu siklus haid normal?

1. Apa itu siklus haid normal
confidentials.com

Siklus haid normal adalah kurun waktu periode haid pertama sampai dengan periode haid selanjutnya. Berapa perbedaan jumlah hari antara bulan yang satu dengan bulan selanjutnya disebut juga sebagai siklus bulanan seorang perempuan.

Setiap perempuan yang bisa bereproduksi, pernah menghadapi masalah dalam siklus haid setidaknya sekali dalam hidupnya.

Tapi pertama-tama, kamu harus tahu apa itu periode haid normal. Ini dia kita lihat penjelasan siklus haid yang normal.

Idealnya, kamu mendapatkan haid setelah 28 hari. Tapi biasanya, itu terjadi setelah setiap 21 sampai 34 hari. Ini adalah hitungan siklus haid normal. Rata-rata, periode Kamu bisa bertahan dari 3 sampai 5 hari.

Editors' Picks

2. Apa itu haid tidak teratur?

2. Apa itu haid tidak teratur
mavcure.com

Siklus haid tidak teratur adalah bila kamu memiliki variasi dalam jumlah hari mendapatkan haid dibandingkan dengan siklus normal yang pada umumnya.

Kamu bisa mengalami haid tertunda atau malah tidak haid sama sekali. Bisa termasuk kondisi pendarahan yang kurang atau pendarahan yang sangat berat.

Siklus pendek adalah saat perdarahan terjadi dalam waktu kurang dari 21 hari dari siklus normal kamu. Sebagian perempuan bisa mendapatkan haid lebih awal dari hitungan siklus haid semestinya.

Siklus tertunda adalah saat pendarahan kamu terjadi setelah 34 hari dari periode sebelumnya. Kamu mungkin mengalami periode tidak teratur dari waktu ke waktu. Siklus haid yang normal menunjukkan bahwa kamu sehat secara reproduktif.

Untuk itu setiap perempuan perlu memahami, memiliki siklus haid normal bisa membuatnya memiliki peluang lebih besar untuk bisa cepat hamil. Jika kamu memiliki masalah dengan siklus haid selama ini, kamu perlu menghilangkan penyebab menstruasi yang tidak teratur.

Kamu bisa segera konsultasi ke dokter dan berobat, atau menjalani beberapa cara lain untuk merawatnya.

Baca juga:

3. Penyebab siklus haid tidak teratur

3. Penyebab siklus haid tidak teratur
Pixabay

Berikut adalah berbagai penyebab yang menyebabkan haid jadi tidak teratur. Coba pahami dulu yuk, Ma.

1. Tingkat stres tinggi

Saat Kamu mengalami stres, tubuh kamu mencegah proses ovulasi. Hal ini berakibat pada periode yang tidak teratur. Jika Kamu berdiet, kamu mungkin mengalami masa tidak teratur. Juga, jika kamu mengalami peristiwa traumatis, siklus kamu menjadi tidak teratur.

Stres menyebabkan terganggunya hormon seks seperti estrogen. Juga, tingkat hormon perangsang folikel (FSH) dan hormon Luteinizing (LH) menurun. Ini mencegah pembentukan lapisan rahim.

Jadi, Kamu tidak mendapatkan menstruasi Kamu. Ini karena tubuh kamu menghasilkan kortisol selama masa stres. Ini menghambat produksi hormon seks.

Tubuh kamu tidak bisa menghasilkan hormon stres dan hormon seks pada saat bersamaan. Latihan berat, latihan dan masalah emosional yang intens adalah penyebab menstruasi yang tidak teratur.

2. Diet buruk

Pola makan yang buruk menyebabkan siklus haid tidak teratur. Ini penting sekali untuk perempuan terutama yang ingin cepat hamil. Jangan salah soal menerapkan diet.

Diet rendah nutrisi dan antioksidan menghasilkan haid jadi tidak teratur. Bila Kamu tidak melakukan diet seimbang, tubuh Kamu melepaskan kortisol.

Fungsi hormon seks menghalangi dan menyebabkan siklus haid tidak teratur.

Jika kamu sering mengalami haid tidak teratur, pastikan untuk memiliki diet seimbang. Sertakan makanan antioksidan tinggi dan protein dalam makanan kamu. Diet sehat juga memperbaiki fungsi sistem reproduksi kamu.

3. Berat badan turun drastis atau bertambah 

Bila kamu mendapatkan tambahan atau kehilangan berat badan yang ekstrem, kamu mungkin ada kelaian terlambat haid atau malah terlalu awal. Terlalu sedikit lemak menyebabkan kekurangan gizi dan menstruasi jadi tidak teratur.

Lemak tubuh berperan penting dalam menciptakan estrogen yang cukup.

Itulah sebabnya perempuan dengan bulimia atau anoreksia lebih cenderung mengalami menstruasi yang tidak teratur.

Diet rendah kalori juga bisa menyebabkan kekurangan gizi. Hal ini menyebabkan penurunan lemak tubuh dan keropos tulang.

Namun, kenaikan berat badan yang ekstrem juga berakibat pada keterlambatan atau akhir periode. Juga, kamu mungkin memiliki berat badan normal dan masih memiliki periode tidak teratur.

4. Latihan berat yang intensif

Terlalu banyak latihan memberi tekanan berlebihan pada kelenjar adrenal dan kelenjar pituitari kamu. Saat melakukan latihan intensif, tubuh kamu menghasilkan kortisol (hormon stres).

Kamu ingin terlihat langsing dan bugar tapi kamu juga harus peduli dengan kesehatan reproduksi kamu.

Penguatan meningkatkan stres dan menyebabkan ketidakseimbangan hormon. Bila kamu mendorong diri kamu untuk melampaui batas, kamu mungkin mengalami masa-masa haid tidak teratur.

Latihan intensif seperti latihan maraton bisa menyebabkan menstruasi yang tidak teratur.

5. Penyakit tiroid

Kelenjar tiroid menghasilkan hormon yang menciptakan ketidakseimbangan hormon seks. Hipotiroidisme (kekurangan tiroid) dan hipertiroidisme (kelebihan tiroid) adalah penyebab siklus haid tidak teratur.

Terlalu banyak kortisol beredar di tubuh bisa menciptakan gangguan hormonal. Ini berarti kamu bisa menderita menstruasi tidak teratur karena kelainan tiroid.

6. Pubertas

Awal pubertas memang siklus masih tidak teratur. Banyak anak perempuan mengalami ini.

7. Pil kontrasepsi

Kamu sering minum pil KB untuk mencegah kehamilan. Tapi pil kontrasepsi mempertahankan tingkat estrogen tinggi di tubuh kamu. Kamu mungkin menderita bintik-bintik.

Bahkan setelah kamu berhenti minum pil itu, dibutuhkan waktu berbulan-bulan agar tubuh kamu kembali normal. Tubuh kamu bereaksi seperti kamu sedang hamil.

Hal ini menyebabkan menstruasi tidak teratur.

8. Polycystic Ovarian Syndrome

Ini adalah kondisi ketika kista sangat kecil berkembang di ovarium. Masa tidak teratur adalah salah satu gejala PCOS. Kamu bahkan bisa mengalami masa menstruasi karena kondisi ini. 

Perempuan yang menderita PCOS biasanya tidak berovulasi secara teratur.

Periode teratur saat kamu memiliki ovulasi teratur. Ovulasi adalah proses ketika salah satu indung telur kamu melepaskan sel telur. Bila proses ini tidak terjadi, hal itu berakibat pada ketidakseimbangan hormon.

9.  Alergi makanan

Sensitivitas gluten dan penyakit celiac adalah beberapa penyebab siklus tidak teratur. Ini menyebabkan stres kronis pada kelenjar adrenal.

Kondisi ini mempengaruhi hormon seks dan mengganggu siklus.

10. Anemia parah

Anemia adalah kondisi dimana kadar hemoglobin dalam darah rendah. Anemia yang parah bisa memberikan efek yang lebih jauh dari sekedar tubuh kamu mudah merasa lelah. Anemia yang parah bisa mempengaruhi siklus haid kamu.

Hal ini dapat menyebabkan periode haid tidak teratur.

Itulah penjelasan mengenai siklus haid yang normal dan tidak, semoga Mama bisa lebih memahami penyebab haid tidak teratur. Sehingga Mama yang ingin cepat hamil bisa menjaga kesehatan dan bisa melakukan yang terbaik untuk program hamilnya.

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!