5 Jenis Makanan yang Baik untuk Kesehatan Ovarium, Wajib Dicoba!

Bagi kamu yang sedang promil, yuk perbanyak mengonsumsi beberapa jenis makanan ini

16 September 2021

5 Jenis Makanan Baik Kesehatan Ovarium, Wajib Dicoba
Freepik/Master1305

Ovarium adalah salah satu organ penting dalam sistem reproduksi perempuan. Meskipun ukurannya kecil, kesehatan ovarium menjadi penentu dalam kesuburan perempuan lho. Ini karena, ovarium berfungsi untuk menyimpan dan melepaskan sel telur pada saat ovulasi.

Karena fungsinya tersebut, menjaga kesehatan ovarium sangat penting dilakukan bagi setiap perempuan. Untuk itu, kamu bisa memulainya dengan mengonsumsi beragam jenis makanan yang baik untuk kesehatan ovarium.

Nah, berikut Popmama.com berikan rangkuman informasi mengenai 5 jenis makanan yang baik untuk kesehatan ovarium kamu. Disimak ya, agar ovarium sehat dan peluang kamu untuk bisa hamil juga semakin besar!

1. Protein mengandung asam amino yang sangat dibutuhkan tubuh

1. Protein mengandung asam amino sangat dibutuhkan tubuh
Freepik/Racool_studio

Dalam mendukung kesehatan ovarium, makanan kaya protein yang mengandung asam amino sangatlah dibutuhkan.

Protein bisa membantu memperbaiki sel dan jaringan tubuh yang rusak, serta mendorong produksi asam amino. Asam amino nantinya, berfungsi sebagai pendukung pertumbuhan sel dalam tubuh, termasuk pada organ reproduksi seperti ovarium. Selain itu, protein juga bisa meningkatkan jumlah darah ke tiap-tiap organ, sehingga organ tersebut bisa menjalankan fungsinya dengan optimal.

Berikut ini makanan sumber protein, yang baik untuk kesehatan ovarium:

  • Tiram (Oysters)

Tiram mengandung seng dan mineral penting, yang dibutuhkan tubuh dalam mempersiapkan kehamilan. Tiram juga tinggi kandungan protein, rendah kalori serta mengandung banyak vitamin, termasuk B12 dan selenium. Mengonsumsi tiram juga dapat meningkatkan produksi hormon seks lho, ini karena kandungan asam amino yang ada di dalamnya.

  • Salmon

Salmon mengandung protein dan asam lemak esensial yang sangat baik, untuk kesehatan organ reproduksi. Jika memungkinkan, konsumsilah salmon dari hasil tangkapan liar ya. Ini karena, ikan salmon yang dibudidayakan biasanya mengandung logam berat dan racun, yang bisa berdampak buruk terhadap ovarium.

  • Telur

Telur adalah makanan terbaik untuk meningkatkan kesehatan ovarium kamu. Telur mengandung phosphatidylcholine, yang penting untuk menunjang kehamilan yang sehat. Selain itu, telur ayam juga mengandung asam lemak esensial, protein dan nutrisi lain yang dibutuhkan tubuh dalam meningkatkan kesehatan ovarium.

Editors' Picks

2. Lemak sehat untuk meningkatkan perlindungan pada sel-sel yang mengelilingi ovarium

2. Lemak sehat meningkatkan perlindungan sel-sel mengelilingi ovarium
Freepik/user6694312

Lemak sehat membantu menjaga kesehatan ovarium, dengan cara memberikan dukungan antiinflamasi, dan meningkatkan perlindungan pada sel-sel sehat yang mengelilingi ovarium.

Dilansir dari Gynecologic and Oncology, lemak sehat dianggap memiliki efek anti-tumorigenik yang bermanfaat dalam pengobatan dan pencegahan kanker, termasuk kanker ovarium.

Berikut ini sumber lemak sehat, yang baik untuk kesehatan ovarium:

  • Kacang kenari

Menurut Data Komposisi Pangan Indonesia, Kementerian Kesehatan, dalam 100 gram kacang kenari mengandung 3.0 g air, 657 kal energi, 15.0 g protein, 66.0 g lemak, 13.0 g karbohidrat, 92 mg kalsium, 505.8 mg kalium dan 691 mg fosfor. Kacang kenari mengandung sumber lemak tak jenuh, yang baik untuk kesehatan ovarium.

  • Biji wijen

Biji wijen tak hanya mengandung lemak yang baik untuk kesehatan ovarium, tapi juga salah satu pilihan makanan yang bisa membantu menyeimbangkan hormon. Biji wijen mengandung seng dan vitamin E, yang terbukti merangsang produksi progesteron untuk meningkatkan kesehatan ovarium.

  • Minyak hati ikan kod

Ini merupakan minyak yang di ekstrak dari hati ikan kod. Minyak ini tak hanya tinggi lemak sehat, tapi juga mengandung banyak vitamin, diantaranya vitamin A dan D. Minyak hati ikan kod sangat bermanfaat bagi kesehatan, tidak terkecuali untuk sistem reproduksi kita. Untuk mendapatkan tiga nutrisi penting tersebut, kamu bisa mengonsumsinya sebanyak satu sendok makan ya.

3. Vitamin membantu menjaga kesehatan ovarium dan mencegah kista

3. Vitamin membantu menjaga kesehatan ovarium mencegah kista
Freepik.com/azerbaijan-stockers

Vitamin dipercaya bermanfaat bagi kesuburan, karena fungsinya yang mampu menunjang kinerja organ-organ dalam tubuh.

Ovarium yang sehat akan menjalankan fungsinya, untuk melepaskan sel telur menjelang masa subur. Nah, mengonsumsi vitamin yang cukup dapat membantu menjaga kesehatan organ reproduksi termasuk ovarium. Selain itu, vitamin juga bisa menurunkan risiko kamu mengalami penyakit kista ovarium.  Berikut ini sumber vitamin yang baik untuk kesehatan ovarium:

  • Hati

Hati adalah salah satu makanan yang banyak mengandung nutrisi yang diperlukan tubuh. Tak hanya tinggi vitamin B, hati hewan juga mengandung vitamin D dan zat besi. Tapi, pastikan kamu mendapatkannya dari sumber yang organik ya. Karena hati merupakan organ detoks utama pada hewan, yang kemungkinan besar telah terkontaminasi beberapa bahan kimia berbahaya.

  • Biji rami (flax seed)

Biji rami adalah makanan yang mengandung fitoestrogen, nutrisi yang secara struktural mirip dengan hormon estrogen. Selain itu, biji rami juga mengandung asam lemak omega 3 dan serat, dimana keduanya berkontribusi terhadap produksi dan kerja hormon dalam tubuh.

4. Makanan pendukung produksi glutathione dalam tubuh

4. Makanan pendukung produksi glutathione dalam tubuh
Pexels/magda-ehlers

Glutathione adalah antioksidan utama yang harus dimiliki tubuh untuk menunjang kesehatan. Glutathione membantu meningkatkan kualitas sel-sel tubuh dan melindunginya dari kerusakan, termasuk pada ovarium dan sel telur.

Folikel ovarium membutuhkan glutathione, untuk menghasilkan embrio yang kuat. Jika kekurangan antioksidan yang satu ini, kamu mungkin saja mengalami penurunan kesuburan dan penuaan ovarium.

Glutathione memang dapat diproduksi secara alami oleh tubuh, tetapi zat ini juga terkandung dalam beberapa sumber makanan seperti:

  • Sayuran hijau

Sayuran hijau biasanya mengandung vitamin B 6, B 12, dan folat alami dalam jumlah tinggi. Zat nutrisi yang banyak terkandung dalam sayuran hijau, memiliki peran penting dalam produksi glutathione.

  • Kacang-kacangan

Kacang kacangan mengandung mineral penting yang bernama selenium. Dalam 3-4 porsi kacang brazil misalnya, mengandung 250 mg selenium. Selain meningkatkan sistem imun tubuh, selenium juga berperan dalam proses produksi glutathione.

  • Kunyit

Kunyit mengandung kurkumin, yang telah terbukti mempunyai khasiat antiinflamasi dan antioksidan. Menurut penelitian, kurkumin ternyata mampu meningkatkan kadar glutathione dalam tubuh dan membantu melindungi sel-sel dari kerusakan dan kematian.

5. Sayuran tanpa tepung sangat baik dikonsumsi, karena memiliki indeks glikemik yang rendah

5. Sayuran tanpa tepung sangat baik dikonsumsi, karena memiliki indeks glikemik rendah
Pexels/Freestock.org

Menurut World Health Organization (WHO), untuk menjaga asupan serat tubuh, setidaknya konsumsilah 3-5 mangkok sayuran ukuran sedang.

Sayuran tanpa tepung sangat disarankan, karena memiliki indeks glikemik yang rendah, sehingga kamu tidak perlu khawatir kadar gula darah dalam tubuh akan meningkat.

Sayuran dengan indeks glikemik yang rendah juga baik untuk kesuburan lho, terutama untuk menyehatkan organ reproduksi seperti ovarium. Jika kamu sedang merencanakan kehamilan, pastikan setengah dari piring makan kamu terdiri dari sayuran non tepung, seperti brokoli, kubis, rumput laut, kembang kol, kecambah serta sayuran hijau lainnya termasuk kangkung dan bayam.

  • Kubis

Kubis mengandung senyawa sulforaphane yang membantu tubuh mencegah peradangan pada ovarium. Selain itu, kandungan senyawa tersebut juga membantu kamu mengurangi kelebihan estrogen, yang bisa berdampak pada ketidakteraturan siklus menstruasi.

  • Bawang putih

Dilansir dari Parenting Firstcry, bawang putih merupakan sumber makanan kaya antioksidan. Konsumsi bawang putih setiap hari, bisa membantu memastikan kesehatan sistem dan organ reproduksi kamu. Pastikan kamu mengonsumsi 2-4 siung bawang putih mentah setiap harinya ya.

Nah itulah tadi beberapa jenis makanan yang baik untuk kesehatan ovarium.

Ovarium yang sehat, tentunya akan menunjang keberhasilan program hamil yang sedang kamu jalankan. Untuk itu, yuk mulai dari sekarang, lebih peduli terhadap kesehatan ovarium kamu ya!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.