5 Artis yang Mengidap Kista Ovarium dan Harus Menjalankan Operasi

Bahkan ada yang harus menjalani dua kali operasi lho!

24 Agustus 2021

5 Artis Mengidap Kista Ovarium Harus Menjalankan Operasi
Instagram.com

Bagi perempuan, masalah pada sistem reproduksi menjadi kekhawatiran tersendiri. Ini karena, sistem reproduksi memiliki peran penting dalam proses pembuahan dan kehamilan. Jika mengalami masalah pada sistem reproduksi, tentu saja kamu dan pasangan akan sulit untuk memiliki anak.

Salah satu masalah sistem reproduksi khususnya pada perempuan adalah kista ovarium. Dilansir dari Healthline, kista merupakan kantong berisi cairan yang bisa berkembang di salah satu atau kedua ovarium. Ovarium menjadi bagian yang sangat penting pada sistem reproduksi karena berfungsi menghasilkan sel telur dan memproduksi hormon.

Biasanya seseorang yang mengidap penyakit kista ovarium akan merasakan beberapa gejala seperti, siklus haid yang tidak teratur, nyeri pada perut dan panggul, nyeri saat berhubungan intim, hingga gangguan pada sistem pencernaan.

Kista ovarium sangat mungkin terjadi pada perempuan usia subur. Biasanya dokter akan menyarankan tindakan operasi pengangkatan kista, jika ukurannya sudah melebihi 5 cm. Tapi kamu tak perlu khawatir, karena ada kemungkinan, kista bisa hilang dengan sendirinya lho.

Kali ini, Popmama.com telah merangkum 5 artis yang mengidap penyakit kista ovarium. Beberapa diantaranya bahkan ada yang sampai dua kali menjalakan operasi lho. Siapa saja mereka? Yuk kita simak!

1. Shireen Sungkar dua kali mengidap kista setelah melahirkan

1. Shireen Sungkar dua kali mengidap kista setelah melahirkan
Instagram.com/shireensungkar

Dilansir dari channel YouTube The Sungkar Family, Shireen Sungkar menceritakan bahwa dirinya mengidap kista setelah melahirkan anak ketiga nya yang bernama Cut Shafiyyah Mecca Alfatih. 

Shireen mengakui bahwa ia merasakan hal yang tidak nyaman pada perutnya, sebelum akhirnya memutuskan untuk memeriksakan diri ke dokter. Dokter mengatakan bahwa ada kista berukuran kurang lebih 5-6 cm di dalam rahimnya. Shireen disarankan untuk melakukan evaluasi lanjutan 3-6 bulan untuk mengetahui apakah kista yang dideritanya berbahaya atau tidak.

Kista ini ternyata bukan yang pertama kali bagi Shireen. Sebelumnya ia pernah mengidap kista ovarium setelah melahirkan anak pertamanya yang bernama Teuku Adam Al Fatih. Saat itu Shireen berhasil melakukan operasi pengangkatan kista  berukuran 13 cm, tanpa harus mengorbankan ovariumnya.

Editors' Picks

2. Feby Febiola menjalankan operasi kista di Bali

2. Feby Febiola menjalankan operasi kista Bali
Instagram.com/febyfebiola_

Feby Febiola didiagnosa mengidap kista ovarium pada akhir bulan Mei 2020. Saat itu ia mengaku hanya merasakan perut kembung dan mual, sehingga tidak ada kecurigaan apapun terkait kondisinya.

Istri dari Franky Sihombing ini menjalakan operasi pengangkatan kista ovarium pada bulan Juni 2020 di salah satu rumah sakit di Bali. Setelah menjalankan operasi, ia masih harus menyelesaikan rangkaian pengobatan dan juga kemoterapi. Hal tersebut membuatnya mengalami kerontokan rambut yang cukup parah, sehingga ia memutuskan untuk memotong rambutnya sampai habis.

Sampai saat ini, melalui akun Instagram milik pribadinya, ia selalu mengungkapkan rasa syukur atas semua hal yang telah ia alami. Bahkan, Feby selalu menginspirasi para pengikutnya di sosial media untuk mulai menjalakan pola hidup sehat.

3. Kista di ovarium Dinda Kirana terus berkembang, sehingga harus dioperasi

3. Kista ovarium Dinda Kirana terus berkembang, sehingga harus dioperasi
Instagram.com/dindakirana.s

Melalui akun Instagram pribadinya, Dinda Kirana sempat menggunggah foto dirinya usai menjalankan operasi pengangkatan kista ovarium.

Sebelumnya, Dinda memang telah mengetahui bahwa terdapat kista di dalam tubuhnya berukuran kurang lebih 3 cm. Namun, seiring berjalannya waktu, kista tersebut terus berkembang di kedua kantong ovariumnya dengan ukuran yang berbeda-beda.

Rasa sakit yang luar biasa ia rasakan saat menstruasi, membuatnya memutuskan untuk memeriksakan diri ke dokter dan melakukan operasi pengangkatan kista. Sampai saat ini, dinda masih menjalakan pengobatan dan perawatan pasca operasi tersebut.

Ia berpesan untuk perempuan khususnya mereka yang mengidap kista, untuk mengonsumsi makanan yang sehat dan mengurangi bahan makanan yang bisa memicu bekembangnya kista di dalam tubuh.

4. Kista membuat Novita Angie lebih peduli terhadap kesehatan anak-anaknya

4. Kista membuat Novita Angie lebih peduli terhadap kesehatan anak-anaknya
Instagram.com/novitaangie

Novita Angie, pernah divonis mengidap kista dan menjalankan operasi pada tahun 1995. Tapi ternyata, kista tidak sepenuhnya hilang dari dalam tubuhnya. Pada tahun 2002, ia kembali menjalakan operasi pengangkatan kista yang kedua.

Setelah operasi yang kedua, Novita Angie dinyatakan sembuh dan bisa kembali melakukan aktivitasnya sehari-hari sebagai seorang presenter.

Novita mengakui, pasca sembuh dari kista yang dideritanya, ia menjadi lebih peduli terhadap kesehatan anak-anaknya. Ia tidak mau anak-anaknya merasakan hal yang sama seperti dirinya.

5. Ussy Sulistiawaty sebulan sekali ke Singapura untuk menjalankan pengobatan kista

5. Ussy Sulistiawaty sebulan sekali ke Singapura menjalankan pengobatan kista
Instagram.com/ussypratama

Dokter sempat menyatakan Ussy Sulistiawaty memiliki kista, beberapa tahun yang lalu. Ibu dengan lima orang anak ini tidak berdiam diri begitu saja. Ia telah melakukan berbagai macam pengobatan untuk mengobati penyakitnya.

Sampai akhirnya, pada tahun 2004, Ussy menjalankan operasi pengangkatan kista di salah satu rumah sakit di Singapura. Karena hal inilah, istri dari Andhika Pratama ini harus sebulan sekali ke Singapura.

Setelah menjalankan rangkaian pengobatan dan perawatan pasca operasi pengangkatan kista, Ussy telah dinyatakan sembuh dan bisa menjalankan kehidupannya dengan bahagia bersama keluarga.

Nah itulah tadi  informasi mengenai 5 artis yang mengidap penyakit kista ovarium.

Perlu diingat bahwa, kista ovarium sebenarnya bisa kamu cegah dengan cara menerapkan pola makan yang sehat, hindari stres, serta cukup istirahat. Jangan ragu untuk melakukan deteksi dini dengan memeriksakan diri ke dokter ya. Supaya bisa cepat ditangani dan kamu masih memiliki peluang untuk bisa hamil!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.