Ternyata, Kesehatan Pankreas Bisa Berpengaruh pada Kesuburan Lho!

Jika sedang promil, jangan lupa memastikan kesehatan organ pankreas kamu ya!

11 September 2021

Ternyata, Kesehatan Pankreas Bisa Berpengaruh Kesuburan
Freepik

Seperti yang kita tahu, ada banyak hal yang bisa memengaruhi kesuburan, baik itu pada perempuan maupun laki-laki.

Menurut penelitian, ternyata ada kemungkinan kesehatan pankreas bisa memengaruhi kesuburan. Ini bisa terjadi, jika fungsi utama organ tersebut mengalami gangguan, dan menyebabkan beberapa masalah kesehatan seperti diabetes dan pankreatitis.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini Popmama.com telah merangkum informasi tetang bagaimana kesehatan pankreas bisa memengaruhi kesuburan, dilansir dari Fertility Tips.

1. Organ pankreas dan fungsinya bagi tubuh

1. Organ pankreas fungsi bagi tubuh
Pixabay/PublicDomainPictures

Pankreas adalah organ kecil yang terletak di dalam rongga perut dengan panjang kurang lebih 12 – 18 cm.

Organ ini memiliki fungsi penting dalam sistem metabolisme tubuh dan pencernaan. Pankreas memproduksi enzim, yang membantu memecah makanan menjadi nutrisi, yang dibutuhkan tubuh untuk menghasilkan energi. Selain itu, pankreas juga berperan dalam memproduksi hormon di dalam tubuh.

Editors' Picks

2. Pengaruh kesehatan pankreas pada kesuburan

2. Pengaruh kesehatan pankreas kesuburan
Freepik

Jika pankreas tidak berfungsi dengan baik, tubuh kita akan mengalami kesulitan dalam menerima dan memproses makanan. Tentunya nutrisi yang berkontribusi pada sistem reproduksi baik laki-laki maupun perempuan, penyerapannya menjadi kurang optimal.

Salah satu fungsi pankreas yang penting adalah melakukan sintesis hormon pencernaan insulin. Metabolisme insulin dalam tubuh yang tidak tepat, dapat menyebabkan kadar gula darah atau glukosa meningkat. Jika dibiarkan, kondisi ini dapat berkembang menjadi diabetes, dan bisa memengaruhi kesuburan kamu dan pasangan.

3. Penyakit pada pankreas bisa menyebabkan kamu mengalami infertilitas U

3. Penyakit pankreas bisa menyebabkan kamu mengalami infertilitas U
Pexels/Roger Brown
Ilustrasi

Ada beberapa penyakit terkait pankreas, yang diyakini berkontribusi terhadap masalah kesuburan, baik itu pada laki-laki maupun perempuan.

  • Diabetes

Diabetes dapat meningkatkan risiko seorang perempuan mengalami penyakit yang berkaitan dengan kesuburan. Misalnya polycystic ovarian syndrome (PCOS), siklus menstruasi yang tidak teratur, serta menopause dini. Kondisi ini menyebabkan sistem reproduksi perempuan akan mengalami masalah atau berhenti berfungsi.

Sedangkan pada laki-laki, penelitian menunjukkan bahwa, penyakit diabetes dapat menghambat kesuburan dengan merusak kualitas sperma dan mengubah DNA sperma. Hal ini bisa memengaruhi peluang kamu dan pasangan untuk bisa hamil.

  • Pankreatitis

Pankreatitis adalah penyakit yang terjadi ketika pankreas meradang dan rusak, sehingga tidak bisa berfungsi dengan baik. Berdasarkan hasil penelitian, ada kemungkinan kondisi ini berhubungan langsung dengan terapi hormon, yang dijalankan oleh seseorang yang mengalami masalah kesuburan.

Dilansir dari US National Library of Medicine, banyak terapi kesuburan yang menggunakan estrogen, meningkatkan risiko seseorang mengalami gangguan pankreatitis. Gangguan pada pankreas yang satu ini bergejala mulai dari ringan hingga berat. Para peneliti berpendapat bahwa, kondisi ini bisa mengganggu proses kehamilan dan janin. 

4. Cara menjaga kesehatan organ pankreas, agar terhindar dari risiko gangguan kesuburan

4. Cara menjaga kesehatan organ pankreas, agar terhindar dari risiko gangguan kesuburan
Freepik/karlyukav

Jika kamu sedang berjuang untuk bisa hamil, berikut ini beberapa cara yang bisa membantu kamu, terhindar dari masalah kesehatan pankreas.

  • Lakukan diet seimbang. Menurut dokter dan ahli gizi, kesehatan pankreas yang optimal dapat kamu capai dengan melakukan diet seimbang.
  • Lakukan aktivitas fisik. Olahraga sangat penting untuk menyeimbangkan hormon di dalam tubuh. Selain itu, berolahraga juga bisa membantu kamu menjaga berat badan. Namun, perlu diingat, bagi kamu yang sedang menjalankan program hamil, lebih selektif dalam memilih jenis olahraganya ya.
  • Batasi atau kurangi minuman beralkohol. Minuman beralkohol dipercaya mampu meningkatkan risiko seseorang mengalami pankreatitis. Tentunya ini bisa mengganggu sistem metabolisme tubuh kamu.
  • Lebih berhati-hati saat melakukan terapi hormon kesuburan, karena bisa meningkatkan kemungkinan kamu mengalami pankreatitis.
  • Atasi masalah kesehatan yang kamu alami. Jika kamu berencana untuk hamil, kamu harus lebih ekstra dalam mengendalikan penyakit yang kamu derita, terutama penyakit diabetes.
  • Lakukan pemeriksaan kesehatan rutin untuk mengevaluasi kondisi kesehatan kamu, dan patuhi semua metode perawatan yang ditentukan oleh dokter.

5. Makanan dan minuman yang baik dikonsumsi, untuk menyehatkan pankreas

5. Makanan minuman baik dikonsumsi, menyehatkan pankreas
Freepik/8photo

Untuk menjaga kesehatan pankreas, yuk coba beberapa jenis makanan dan minuman di bawah ini.

  • Bawang putih

Bawang putih dapat membantu meningkatkan produksi insulin, sehingga baik untuk kesehatan pankreas. Selain itu, bawang putih juga bagus untuk menstabilkan kadar gula darah di dalam tubuh.

  • Anggur merah

Anggur merah dipercaya mengandung antioksidan tinggi, yang bisa membantu mengurangi peradangan pada organ pankreas.

  • Tahu

Tahu kaya akan protein rendah lemak, yang baik untuk kesehatan pankreas.

  • Bayam

Bayam dikenal memiliki zat besi tinggi, yang mampu mencegah peradangan pada pankreas, serta mengandung vitamin yang baik untuk organ pencernaan lainnya.

  • Ubi jalar

Ubi jalar memiliki sifat antidiabetes dan antiinflamasi. Menurut Food and Nutrition Research, ubi jalar membantu meningkatkan resistensi insulin, sehingga baik untuk kesehatan pankreas.

  • Yoghurt

Pertumbuhan bakteri yang tidak sehat pada usus, bisa memicu gangguan pada pankreas. Nah, mengonsumsi yoghurt bisa jadi cara kamu menyehatkan organ pankreas nih!

Itulah tadi penjelasan bagaimana kesehatan pankreas bisa berpengaruh terhadap kesuburan seseorang.

Sangat jarang disadari bahwa, masalah kesehatan pankreas bisa memicu gangguan kesuburan baik pada laki-laki maupun perempuan. Untuk menghindari risikonya, penting bagi kamu untuk menerapkan pola hidup sehat, dan lebih memperhatikan lagi makanan dan minuman yang akan dikonsumsi.

Jangan lupa untuk penuhi kebutuhan cairan dengan minum air putih yang cukup, untuk mencegah gangguan pada organ pankreas, agar tidak berdampak buruk pada kesuburan kamu.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.