Garis Positif di Test Pack Samar, Apakah Tanda Kehamilan?

Ada 3 kemungkinan yang dapat terjadi ketika hasil test pack Mama terlihat samar

19 Januari 2019

Garis Positif Test Pack Samar, Apakah Tanda Kehamilan
Freepik/Jcomp

Terlambat menstruasi merupakan salah satu tanda kehamilan paling akurat yang biasa dijadikan tolak ukur oleh banyak perempuan.

Jika sudah merasakan tanda seperti itu, biasanya perempuan akan mengecek kepastiannya melalui alat tes kehamilan atau test pack.

Alat tes kehamilan yang umum digunakan, memiliki arti negatif hamil saat menunjukkan satu garis, sedangkan dua garis menandakan bahwa Mama sedang positif hamil.

Lalu, bagaimana jika hasil test pack Mama menunjukan dua garis yang samar?

Mengapa bisa begitu? Apa yang harus dilakukan?

Jika sudah begitu, sebenarnya ada 3 kemungkinan yang dapat terjadi. Untuk mengetahui lebih lanjut, berikut Popmama.com telah merangkum beberapa faktanya.

1. Hasil test pack samar, apakah berarti hamil?

1. Hasil test pack samar, apakah berarti hamil
Freepik/Jcomp

Jika Mama melakukan tes kehamilan sendiri di rumah dan hasilnya memperlihatkan hasil positif yang samar-samar, terdapat kemungkinan besar bahwa Mama sedang positif hamil.

Dalam kasus ini, garis hanya muncul secara samar mungkin karena kadar hormon kehamilan Mama, atau human chorionic gonadotropin hormone (hCG), masih rendah.

Segera setelah hamil, tubuh akan segera memproduksi hCG. Kadar hormon ini akan meningkat seiring dengan bertambahnya usia kehamilan.

Test pack dibuat untuk mendeteksi hormon hCG ini. Jika ada banyak hormon hCG terdapat dalam urin , maka hasilnya akan positif.

Jadi, perlu diingat, bahwa semakin banyak hormon hCG dalam tubuh, maka akan semakin jelas garis yang terlihat pada test pack.

Beberapa perempuan melakukan tes kehamilan pada usia kehamilan yang sangat awal. Pada waktu ini, walau hCG terdapat di urin, namun kadarnya tidaklah banyak. Hal inilah yang membuat garis yang muncul terlihat samar.

Baca juga: Jangan Keliru! Begini Cara Tepat Saat Hendak Gunakan Test Pack

Baca juga: 8 Hal yang Harus Dilakukan Setelah Mendapat Hasil Test Pack Positif

2. Garis samar yang berarti tidak hamil

2. Garis samar berarti tidak hamil
Freepik/Prakasit Khuansuwan

Mendapatkan hasil positif yang samar tidak selalu berarti Mama sedang hamil. Kadang, garis positif yang muncul bukanlah garis positif yang sebenarnya, melainkan hanya sebuah garis penguapan atau garis evaporasi.

Garis ini dapat muncul pada test pack ketika urin menguap dari stik test pack. Jika garis ini muncul pada hasil tes, Mama bisa saja salah mengartikannya.

Akan sulit untuk membedakan apakah garis yang muncul merupakan hasil positif yang samar atau hanya merupakan garis evaporasi.

Perbedaan utama dari keduanya adalah, garis evaporasi baru akan muncul beberapa menit setelah waktu yang ditentukan untuk membaca hasil tes.

Jika Mama melakukan tes sendiri di rumah, penting bagi Mama untuk membacanya dengan hati-hati sesuai dengan petunjuk yang tertera.

Jika membaca hasil dalam rentang waktu yang tertulis pada kemasan dan melihat hasil positif yang samar, maka kemungkinan besar hamil.

Namun, jika Mama melewatkan waktu yang telah ditentukan untuk membaca hasil, maka garis samar yang muncur bisa jadi merupakan garis evaporasi, yang berarti Mama tidak hamil. 

Jika bingung menentukannya, maka Mama dapat mengulangi tesnya. Jika memungkinkan, tunggulah selama dua hingga tiga hari sebelum Mama mengulanginya.

Jeda waktu ini akan memberikan waktu bagi tubuh untuk memproduksi lebih banyak hormon kehamilan sehingga memberikan hasil yang lebih jelas jika Mama benar-benar hamil.

Melakukan tes kehamilan di pagi hari juga merupakan keputusan yang baik, karena semakin pekat urin, maka hasilnya akan semakin jelas.

Pastikan Mama membaca hasilnya dalam rentang waktu yang tertera pada test pack.

Editors' Picks

3. Garis samar yang berarti keguguran dini

3. Garis samar berarti keguguran dini
thehealthsite.com

Sayangnya, garis positif yang samar juga merupakan suatu tanda bahwa Mama hanya hamil secara kimiawi, yang artinya Mama mungkin mengalami abortus atau keguguran dini.

Pada kasus ini, telur yang telah dibuahi akan tertanam di rahim, hal inilah yang akan merangsang terbentuknya hormon kehamilan.

Namun, tidak lama setelah tertanam di rahim, Mama mengalami keguguran.

Jika melakukan tes kehamilan pada saat ini, maka hasilnya akan menunjukkan garis positif yang samar.

Hal ini disebabkan karena hormon kehamilan masih tersisa dalam jumlah sedikit dalam tubuh. Mama mungkin tidak akan mengalami gejala apa pun.

Gejala yang mungkin terjadi hanyalah berupa perdarahan yang menyerupai siklus menstruasi, dan keram perut ringan. 

Perdarahan dapat terjadi di sekitar waktu menstruasi sehingga tidak sadar bahwa Mama sebenarnya tengah mengalami keguguran.

Namun, jika Mama melakukan tes ketika sedang mengalami perdarahan dan hasilnya merupakan garis positif samar, ada kemungkinan Mama mengalami keguguran.

4. Mengapa bisa terjadi?

4. Mengapa bisa terjadi
Freepik

Ada beberapa aspek yang dapat memungkinkan hal ini terjadi.

Berikut diantaranya:

  • Uji dilakukan terlalu dini

Jika Mama melakukan uji kehamilan pada 7-8 hari setelah pembuahan atau sebelum masa haid berikutnya, berarti kadar HCG masih sangat rendah.

Tidak heran jika hasil yang Mama dapatkan juga masih belum jelas.

  • Sensitifitas alat uji terlalu rendah

Ada berbagai macam alat tes kehamilan atau test pack yang dijual bebas di pasaran. Namun tidak semuanya sensitif.

Oleh karena itu, hal tersebut bisa saja terjadi akibat test pack yang tidak memiliki sensitifitas tinggi.

  • Sampel urin terlalu encer

Urin dapat menjadi encer akibat seringnya berkemih atau tingginya volume cairan yang diminum.

Urin yang baik adalah yang berada ditengah, jadi jika Mama melakukan uji kehamilan, keluarkan dulu sedikit lalu tampung yang dikeluarkan berikutnya.

  • Hamil secara kimia

Ini berarti embrio memang telah tertanam pada rahim dan hCG diproduksi pada selang waktu yang singkat, namun diikuti dengan keguguran sebelum tanda (fisik) kehamilan dapat teramati.

5. Apa yang harus dilakukan?

5. Apa harus dilakukan
Freepik

Jangan bingung!

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan jika hal ini terjadi pada Mama. 

Berikut diantaranya:

  • Gunakan urin pertama di pagi hari, apabila memungkinkan 

Kadar hCG pada kondisi ini paling mudah dideteksi sebab kondisinya paling pekat (setelah tidur semalaman, atau sesuaikan dengan jam biologis Mama).

  • Jangan minum berlebihan sebelum uji dilakukan

Hal ini dimaksudkan agar tidak memperbanyak volume urin dan mengencerkan konsentrasi hCG.

  • Bacalah petunjuk penggunaan secara menyeluruh

Sebelum melakukan pengujian kehamilan, pastikan Mama sudah membaca dan memahami semuanya sebelum melakukan uji kehamilan.

Selain itu, lakukanlah pengujian sesuai dengan petunjuk.

  • Beberapa obat dapat memengaruhi hasil uji

Periksa peringatan yang tercantum atau disertakan pada kemasan. Jika tidak disarankan untuk ibu hamil, maka lebih baik tidak dikonsumsi saat melakukan pengujian kehamilan.

Nah, itulah beberapa fakta mengenai garis positif test pack yang terlihat samar.

Meskipun ada beberapa kemungkinan yang dapat terjadi, namun ada baiknya jika Mama terus menjaga kondisi kesehatan jika tanda-tanda kehamilan sudah dirasakan.

Hal tersebut diketahui dapat mencegah terjadinya hal buruk yang dapat terjadi pada janin di dalam perut.

Baca juga: 6 Penyebab Hasil Test Pack Salah (False Negative)

Baca juga: 7 Alasan Mengapa Hasil Test Pack Negatif Tetapi Hamil

Topic: