5 Rekomendasi Merek Test Pack yang Bisa Kamu Coba di Rumah

Gunakan dengan cara yang benar, niscaya hasilnya akurat

22 Juni 2020

5 Rekomendasi Merek Test Pack Bisa Kamu Coba Rumah
Freepik/Jcomp

Bagi pasangan yang telah menikah, memiliki buah hati mungkin adalah hal yang diidam-idamkan. Ketika haid lewat dari jadwal siklus bulanan, mungkin akan terbesit dalam pikiran kamu, "Apakah aku hamil?" 

Cara mudah untuk mengetahuinya adalah dengan menggunakan alat uji kehamilan atau test pack. Alat tes kehamilan ini relatif mudah digunakan dengan hasil yang cukup akurat. Saat ini di pasaran telah tersedia berbagai merk test pack dengan fitur dan harga beragam yang bisa dipilih. 

Berikut Popmama.com punya lima rekomendasi alat test pack yang bisa Kamu pilih dengan beragam keunggulannya:

1. Sensitif Strip

1. Sensitif Strip
tokopedia.com

Merek Sensitif adalah salah satu merk test pack ternama di Indonesia. Sensitif Strip adalah test pack dalam bentuk strip yang digunakan dengan cara mencelupkannya ke dalam air seni pertama di pagi hari, tujuh hari setelah berhubungan seksual. Test pack ini sangat mudah digunakan dengan tingkat akurasi mencapai 99,9 persen.

Tiap kemasannya berisi satu strip sekali pakai dan dapat dibeli seharga sekitar Rp 22 ribu di apotek terdekat.

Editors' Picks

2. Directtest

2. Directtest
apotikcentury.com

Berbentuk strip, mirip dengan Sensitif Strip, test pack dari Directtest ini juga mudah digunakan. Tujuh hari setelah berhubungan seksual, Mama bisa mengujinya langsung, tanpa perlu menunggu air seni pertama di pagi hari. Strip test pack ini dikemas sekaligus dengan cawan urine untuk mempermudah proses pengujian. Harga sepaket test pack dan cawan urine Directtest ini cukup terjangkau, yaitu sekitar Rp 25 ribu saja.

3. Quick and Sure Onemed

3. Quick and Sure Onemed
tokopedia.com

Selain bentuk strip, test pack juga ada yang berbentuk cassete yang metode pengujiannya dengan cara meneteskan air seni pada tempat yang disediakan. Quick and Sure Onemed menggunakan metode ini. Harganya sangat murah, sekitar Rp 5 ribuan saja.

Meski murah, Quick and Sure Onemed cukup akurat asalkan pengujiannya dilakukan dengan benar, yaitu menggunakan air seni pertama di pagi hari. Cara membaca hasilnya adalah melihat indikator pada alat test packnya. Satu garis dekat huruf T artinya pengujian gagal atau invalid, tanda dua garis artinya positif hamil, dan satu garis dekat huruf C artinya negatif.

4. Akurat Compact

4. Akurat Compact
bukalapak.com

Akurat, merek test pack yang banyak dijual di pasaran ini punya tingkat akurasi 10 mIU. Menggunakannya pun tak sulit. Kamu hanya perlu menampung air seni pertama di pagi hari, tujuh hari setelah berhubungan seks. Buka penutupnya, lalu celupkan ujung test pack selama 30-60 detik. Sekitar satu sampai tiga menit, hasilnya sudah dapat diketahui. 

Test pack ini dapat dibeli seharga Rp 17 ribu rupiah. Murah bukan?

5. Senstif Digital Pregnancy Test

5. Senstif Digital Pregnancy Test
tokopedia.com

Berbeda dengan test pack yang lain, merek Sensitif memiliki test pack berbentuk digital yang unik. Indikator hasil tesnya ditunjukkan dalam tulisan "Yes" untuk positif dan "No" untuk negatif. Dengan sistem digital yang lebih akurat, Sensitif Digital Pregnancy Test bisa digunakan lima hari sebelum waktu datang bulan. 

Sensitif Digital Pregnancy Test mendeteksi kehamilan dengan hasil pasti dan hanya bisa digunakan sekali saja. Dengan harga sekitar Rp 117 ribu, alat uji kehamilan yang satu ini patut dicoba.

Itu dia lima rekomendasi alat test pack yang bisa Kamu coba di rumah. Pastikan menggunakannya dengan benar sesuai anjuran instruksi di kemasan untuk mendapatkan hasil yang akurat ya. Semoga informasi ini membantu Kamu dalam memilih test pack yang sesuai, ya!

Baca Juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.