Tips Memilih Klinik Bayi Tabung Beserta Perbandingan Biayanya

Ketahui dulu yang satu ini sebelum memutuskan untuk melakukan bayi tabung

5 September 2018

Tips Memilih Klinik Bayi Tabung Beserta Perbandingan Biayanya
scarymommy.com

Memiliki keturunan merupakan dambaan setiap pasangan. Namun, tidak semua pasangan beruntung memilikinya.

Ada beberapa pasangan yang bermasalah pada organ reproduksinya sehingga sulit bagi mereka untuk memiliki keturunan.

Namun jangan khawatir, mengingat bahwa peralatan medis kini kian canggih, maka memungkinkan pula bagimu untuk mendapatkan keturunan melalui program bayi tabung.

Meskipun program bayi tabung dipercaya sudah membantu banyak pasangan untuk mendapatkan keturunan, namun biaya yang harus dikeluarkan pun tidak tanggung-tanggung.

Beberapa rumah sakit bahkan ada yang mematok harga hingga ratusan juta rupiah. Biaya tersebut akan semakin membesar pula jika kamu dan pasangan memilih untuk melakukan program bayi tabung di luar negeri, seperti Singapura.

Tak hanya biaya rumah sakit saja yang harus kamu tanggung, biaya transportasi dan penginapan pun dapat semakin memberatkan kamu dan pasangan, bukan?

Nah, berawal kegelisahan tersebut, berikut Popmama.comtelah merangkum tips memilih klinik bayi tabung beserta perbandingan biayanya.

Mana yang paling efektif untuk kamu dan pasangan?

Editors' Picks

Tips memilih klinik bayi tabung

Tips memilih klinik bayi tabung
Unsplash/marcelo leal

Menurut data, klinik bayi tabung di Indonesia sudah tersebar di berbagai wilayah, seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, Semarang, Yogyakarta, Magelang, Surakarta, Denpasar, Medan, Pekanbaru, Padang, Makassar, dan Pontianak.

Namun, tentunya setiap orang memiliki preferensi yang berbeda dalam menentukan klinik yang tepat untuk melakukan program bayi tabung. 

Dengan banyaknya pilihan klinik fertilitas, berikut adalah beberapa hal yang dapat dijadikan pertimbangan dalam menentukan keputusan:

  • Kesan pertama

Cari tahu apakah kamu cocok dengan petugas medis dan juga lingkungannya. Perawatan IVF tentunya cukup menantang sehingga klinik yang dipilih harus membuat kamu dan pasangan merasa nyaman.

Pasalnya, tingkat kesuburan kamu dan pasangan juga akan berpengaruh pada tingkat stress yang kamu dan pasangan miliki.

  • Servis tambahan

Banyak klinik yang menawarkan berbagai tambahan jenis perawatan seperti pembekuan embrio.

Dengan melakukan servis tambahan seperti ini, maka bukan tidak mungkin jika nantinya kamu dapat melakukan program bayi tabung kedua dengan harga yang lebih terjangkau dari sebelumnya.

Hal tersebut dikarenakan embriomu yang telah tersimpan sebelumnya dan tak perlu lagi diambil dari rahim.

  • Teknologi fertilitas

Teknologi yang digunakan di laboratorium memiliki pengaruh besar terhadap kesuksesan kehamilan. Pastikan untuk mencari tahu teknologi yang dimiliki oleh klinik tersebut.

Pastikan pula mereka memiliki teknologi yang paling up to date agar kemungkinan keberhasilan program bayi tabungmu tinggi.

  • Konseling dan dukungan

Memiliki komunitas ataupun mendapat dukungan dari orang sekitar sangat dibutuhkan ketika menjalankan perawatan.

Pastikan untuk mencari tahu apakah klinik memiliki jasa konsultasi secara gratis, ataupun support group yang bisa kamu ikuti.

Dengan begitu, maka tingkat stress dan mood kamu beserta pasangan akan menjadi lebih stabil. Memiliki mood yang stabil juga dapat mempengaruhi tingkat kesuksesan bayi tabung.

  • Eligibilitas

Beberapa klinik hanya menerima pasien dengan batasan umur atau berat badan tertentu untuk menjalankan perawatan.

Maka dari itu, untuk melancarkan program bayi tabung, sebaiknya kamu juga menjaga pola makan dan berat badan agar tetap ideal.

Jangan pula menunggu hingga berumur 30 tahun ke atas. Akan lebih baik bagi kamu dan pasangan untuk melakukan program bayi tabung di usia 20 tahunan.

  • Lokasi

Program fertilitas akan memakan banyak waktu pertemuan, sehingga jarak lokasi klinik dapat dijadikan salah satu pertimbangan.

Usahakan kamu memilih klinik yang terdekat dari rumahmu. Dengan begitu, kamu dan pasangan pun akan lebih mudah bertemu dengan dokter tanpa harus membuang waktu yang lama di perjalanan.

  • Biaya

Untuk memastikan estimasi pengeluaran kamu dan pasangan, jaran ragu untuk menanyakan biaya bayi tabung pada petugas medis yang bersangkutan.

Jangan lupa juga untuk memastikan biaya apa saja yang dibutuhkan, serta tambahan biaya jika diperlukan.

Klinik di Indonesia yang menyediakan program bayi tabung beserta biayanya

Klinik Indonesia menyediakan program bayi tabung beserta biayanya
Unsplash/rawpixel

Tercatat pada tahun 2018, Indonesia memiliki 32 klinik bayi tabung yang tersebar di 13 kota.

Namun sungguh sangat disayangkan jika masyarakat Indonesia justru lebih memilih melakukan program bayi tabung di luar negeri, seperti Singapura.

Sebenarnya dari sisi pelayanan, klinik bayi tabung di dalam negeri tidak kalah dengan yang ada di luar negeri. Bahkan, klinik bayi tabung di dalam negeri pun memiliki peralatan yang sama dengan klinik yang berada di Singapura. 

Hanya saja, ada beberapa pelayanan yang tidak bisa diberikan karena terkait regulasi, misalnya donor sel telur, donor sperma, dan ibu titip (surrogate mother). 

Pasalnya, di Indonesia hal tersebut tidak diperbolehkan oleh Pemerintah.

Mengetahui ternyata ada begitu banyak klinik yang menyediakan program bayi tabung di Indonesia, maka dari itu berikut beberapa klinik yang tersebar di daerah Jakarta dan Bandung:

  • Klinik Morula RS Bunda Jakarta

Klinik yang berlokasi di Menteng ini melayani program bayi tabung dengan kisaran biaya mulai dari Rp 40.000.000.

Biaya tersebut udah termasuk juga IVF, kontrol lab, dan sebagainya. Namun harga ini akan sesuaikan dengan keadaan kondisi masalah reproduksi yang dimiliki klien.

Alamat:
Klinik Morula RS Bunda Jakarta
Jl Teuku Cik Ditiro No. 24, Menteng, Jakarta Pusat.
Telp. (021) 3926393.

  • Klinik FFC (Family Fertility Center) di RS Family Pluit Jakarta

Klinik Family Fertility Center menawarkan program bayi tabung dengan harga Rp 20.000.000 hingga Rp 65.000.000.

Satu diantara program bayi tabung yang di tawarkan berbentuk alami, yaitu tak memakai obat-obatan. Sel telur masak dengan sendirinya didalam tubuh lalu di ambil lewat pembedahan serta dikumpulkan dengan sperma di laboratorium. 

Setelah pembuahan sukses, embrio akan ditanamkan kedalam rahim.

Alamat:
Klinik FFC (Family Fertility Center) di RS Family Pluit Jakarta
Jl. Pluit Mas Raya 1 Blok A. 2A-5A, Jakarta Utara, 14450. 
Telp. (021) 669 5066, 669 4990.

  • Klinik Melati RSAB Harapan Kita

Klinik yang satu ini mematok biaya program bayi tabung yang paling murah, yakni mulai dari Rp 24.000.000 hingga Rp 80.000.000.

Klinik Melati RSAB Harapan Kita sudah melayani pasien sepanjang 24 tahun dengan tingkat kesuksesan meraih 30 sampai 40%. 

Pelayanan klinik ini meliputi kontrol kesuburan, inseminasi intra uterin, analisis sperma, penyimpanan sperma beku serta embrio, laparoscopy dan sebagainya.

Alamat:
Klinik Melati RSAB Harapan Kita
Jl. Letjend. S. Parman Kav. 87, Slipi, Jakarta Barat, 11420. 
Telp. (021) 5668284.

  • Klinik Daya Medika

Klinik Daya Medika menawarkan program bayi tabung dengan kisaran harga Rp 30.000.000. Harga yang terjangkau ini disebabkan oleh hadirnya aplikasi SMART (Sophisticated, Moderen, Affordable, Reproductive Technology).

Ahli bayi tabung di klinik ini menjamin  tingkat kesuksesan program bayi tabung diatas 50%.

Alamat:
Klinik Daya Medika
Jl. Tomang Tol Raya Blok A1 No. 16-18, Kedoya Selatan, Kebon Jeruk, Jakarta Barat. 
Telp. (021) 5812781.

  • RS Hasan Sadikin Bandung

RSUP dr. Hasan Sadikin dengan Aster Fertility Clinic-nya juga mengadakan program bayi tabung seharga Rp 49.000.000 untuk satu siklus. 

Tujuannya, diawali dari sistem pengambilan sel telur serta sel sperma, dibuahi secara IVF jadi embrio, lalu dimasukkan kedalam rahim, sampai berkembang jadi kehamilan.

Biaya itu belum termasuk penyimpanan embrio di dalam freezer khusus. Bila proses kehamilan tidak berhasil, maka embrio harus dimasukkan kembali ke dalam rahim, serta dikenakan biaya tambahan.

Embrio yang akan dimasukkan tersebut di ambil dari embrio hasil fertilisasi di awal dan disimpan dalam freezer.

Alamat:
Klinik Aster
Gedung COT Lantai 4 RSUP dr. Hasan Sadikin Bandung
Jl. Pasteur No. 38 Bandung.
Telp. (022) 7081 3800

  • RSIA LImijati

Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) Limijati Bandung menawarkan program paket bayi tabung dengan biaya Rp 37.500.000 dengan stimulasi ovarium dosis penuh. 

Kebutuhan masyarakat dengan teknologi tersebut dapat dilakukan dengan layanan Teknologi Reproduksi Berbantu (TRB) dan Bandung Fertility Center (BFC).

Fasilitas ini mendapat pengawasan penuh dari dokter spesialis kebidanan dan penyakit kandungan yang ahli di bidang TRB, dokter spesialis urologi konsultan andrologi, embryolog serta perawat yang handal.

Konsultan Fertilitas & Endokrinologi Reproduksi RSIAl Limijati, BFC memiliki fasilitas untuk teknologi reproduksi berbantu tingkat lanjut, seperti sperm washing, sperm freezing, testicular sperm extraction (TESE), intrauterine insemination, dan in vitro fertilization (IVF) dengan intracytoplasmic sperm injection (ICSI).

Alamat:
Bandung Fertility Center RSIA Limijati Gedung B Lt. 5
Jl. LLRE Martadinata no. 39
Bandung, Jawa Barat, Indonesia 40115
bfc@rsia-limijati.com
Telp. (022) 84469467, 0822-1640-7777

  • RSIA Melinda

Belum ada data dan informasi yang akurat berkenaan dengan kisaran biaya program bayi tabung yang dilakukan di RSIA Melinda Bandung.

Namun, jika berminat atau ingin mencari tahu sendiri program dan biaya yang disediakan oleh RSIA Melinda, kamu bisa langsung mendatangi Klinik Mrila IVF Melinda atau menghubunginya terlebih dahulu melalui layanan telepon.

Alamat:
Morula IVF Melinda Bandung
RS. Melinda 2 Lt. 6
Jl. dr. Cipto No.1 Bandung,
Telp. (022) 42690078 / (022) 42690088

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.