Jaga Kesehatan Rahim dengan Mengonsumsi 7 Macam Buah ini, Ma!

Konsumsi buah ini dapat membantu Mama menjaga kesehatan rahim

11 Januari 2021

Jaga Kesehatan Rahim Mengonsumsi 7 Macam Buah ini, Ma
Pixabay/silviarita

Kesehatan rahim sangatlah penting bagi seorang perempuan, terutama bagi mereka yang sedang menantikan kehamilan. Rahim yang sehat akan menjadi rumah sementara bagi janin untuk tumbuh dan berkembang. Sementara rahim yang tidak sehat dapat menyebabkan sistem reproduksi terganggu, termasuk memengaruhi kesuburan mama yang sedang menantikan kehamilan.  

Konsumsi makanan yang sehat merupakan salah satu cara agar Mama memiliki rahim yang sehat. Buah-buahan, selain baik untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan, juga dapat membantu Mama dalam menjaga kesehatan rahim.

Buah apa saja yang baik untuk kesehatan rahim? Simak ulasannya di Popmama.com ya, Ma!

1. Blueberry

1. Blueberry
Pexels/Brigitte Tohm

Blueberry dikenal sebagai salah satu buah yang kaya akan vitamin, termasuk vitamin C dan vitamin K. Vitamin C bermanfaat untuk memelihara kesehatan kulit dan menjaga daya tahan tubuh. Antioksidan pada blueberry bermanfaat untuk menjaga kelancaran aliran darah, termasuk ke rahim.

Beberapa studi menemukan bahwa endometrium bisa gagal menebal akibat menurunnya aliran darah ke rahim. Endometrium inilah tempat terjadinya penebalan dan penipisan dinding rahim mengikuti siklus haid, lalu kemudian meluruh sebagai darah haid. Dinding rahim yang tebal dan subur sangat penting dalam siklus haid dan kehamilan.

2. Lemon

2. Lemon
Freepik/stockking

Lemon kaya akan vitamin C yang membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, termasuk bagi Mama yang ingin menjaga kesehatan rahim. Vitamin ini juga membantu meningkatkan imunitas rahim. Dengan imunitas yang tinggi, rahim akan lebih siap untuk menangkal bakteri, sehingga mencegah infeksi.

Segelas air hangat yang dicampur dengan perasan lemon setiap pagi hari dapat membantu Mama menjaga kesehatan rahim.

Editors' Picks

3. Delima

3. Delima
Unsplash/Marco Secchi

Buah delima termasuk salah satu buah yang kaya akan antioksidan. Zat kimia ini memiliki kemampuan untuk mencegah dan menghilangkan penumpukan peradangan sistemik, yang sering kali memicu timbulnya cedera fisik ringan, nyeri, gangguan autoimun, alergi parah, diabetes, penyakit kardiovaskular hingga kanker.

Peradangan tersebut juga dapat berdampak terhadap organ reproduksi dan menghambat fungsinya. Antioksidan menjadi penghalang yang kuat untuk mencegah infeksi virus dan bakteri yang dapat menyebabkan peradangan berbahaya pada rahim.

Asam folat yang ditemukan dalam buah delima diketahui mampu meningkatkan kesuburan dengan meningkatkan aliran darah ke rahim dan memperkuat lapisan rahim.

4. Grapefruit

4. Grapefruit
Freepik/Racool_studio

Grapefruit ini merupakan salah satu jenis jeruk sumber vitamin C terbaik. Selain itu, buah ini juga mengandung kalium, kalsium, folat, dan vitamin B yang dapat mengatur ovulasi dan menciptakan lingkungan yang sehat untuk sel telur.

Selain itu, vitamin ini juga dapat menguatkan dinding pembuluh darah dan melawan infeksi yang dapat mengganggu proses ovulasi sehingga baik untuk kesuburan.

Agar rahim sehat dan kesuburan meningkat, penuhi kebutuhan vitamin C setiap hari dengan mengonsumsi satu buah grapefruit ukuran sedang.

Namun jika grapefruit sulit ditemukan di pasar atau supermarket, Mama juga dapat mengonsumsi semua jenis jeruk.

5. Alpukat

5. Alpukat
Pixabay/endriqstudio

Alpukat ini mengandung folat, vitamin K, dan tinggi kalium. Kandungan vitamin E berguna untuk menstabilkan dan melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan oksidatif. Dengan mengonsumsi alpukat secara teratur, otomatis membantu Mama untuk menjaga kesehatan rahim.

6. Stroberi

6. Stroberi
Pixabay/congerdesign

Buah lain yang baik untuk kesehatan rahim adalah stroberi. Kandungan antioksidan yang ada pada stroberi berfungsi untuk menjaga kesehatan organ reproduksi. Stroberi juga kaya akan kalsium, magnesium, vitamin C dan nutrisi penting lainnya.

Vitamin C yang ada pada stroberi membantu meningkatkan penyerapan zat besi dan melindungi tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas.

7. Mangga

7. Mangga
Freepik/Valeria_aksakova

Mangga mengandung karotenoid dan vitamin B6 yang bermanfaat untuk melancarkan siklus menstruasi. Selain itu, kita juga bisa menemukan kandungan vitamin E dan asam folat yang baik untuk menyuburkan rahim.

Konsumsi buah mangga secara teratur dapat membantu Mama menjaga kesehatan rahim juga meningkatkan kesuburan.

Nah, itu macam-macam buah yang baik bagi kesehatan rahim dan juga dapat menjaga kesehatan tubuh, Ma. Apa buah kesukaan mama?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.