Patut Dicoba, Ini 7 Makanan untuk Menyehatkan Rahim

Apakah Mama sudah mencoba salah satu makanan di bawah ini?

8 Januari 2021

Patut Dicoba, Ini 7 Makanan Menyehatkan Rahim
Freepik/Macrovector

Setiap pasangan suami istri tentu menginginkan kehadiran anak dalam kehidupan rumah tangga mereka. Sebab, kehadiran anak mampu melengkapi kebahagiaan mereka. Itulah mengapa banyak pasangan yang rela menjaga pola makan hingga menjalani program hamil untuk segera mendapatkan keturunan. 

Perlu kamu ketahui, makanan memang berpengaruh pada tingkat kesuburan seorang perempuan. Salah satu penelitian kesehatan menunjukkan bahwa kekurangan selenium dan zinc bisa menurunkan tingkat kesuburan. Dengan demikian, Mama perlu menjaga asupan nutrisi untuk menjaga kesehatan rahim agar mudah mendapatkan momongan. 

Lantas, makanan apa saja yang baik untuk menyehatkan rahim? Berikut Popmama.com telah merangkum tujuh makanan untuk menyehatkan rahim yang bisa kamu konsumsi. 

1. Sayuran hijau

1. Sayuran hijau
Pexels/Lisa Fotios

Seperti sudah diketahui, sayuran hijau kaya kandungan kalsium, potasium, magnesium, dan vitamin. Nutrisi tersebut dibutuhkan tubuh untuk menjaga kesehatan rahim dan kondisi kesuburan mama.

Misalnya, rutin mengonsumsi bayam, kale, dan sawi dapat melancarkan sirkulasi darah di vagina dan mencegah vagina menjadi kering. Vagina adalah bagian dari organ reproduksi perempuan, sehingga vagina yang sehat akan memengaruhi kesehatan rahim dan tingkat kesuburan. 

Selain menyehatkan rahim, sayuran hijau juga mengandung fitoestrogren yang mampu mencegah pertumbuhan tumor di rahim. Sebab, fitoestrogen mampu menurunkan kadar estrogen yang memacu pertumbuhan sel tumor. 

2. Kedelai

2. Kedelai
Pixabay/Pixel1

Kedelai termasuk dalam golongan biji dan kacang-kacangan yang mampu memaksimalkan produksi hormon. Kedelai mengandung asam lemak omega-3 yang mampu menghilangkan fibroid dan mencegah kanker rahim. 

Selain itu, sama halnya seperti sayuran hijau, kedelai, serta produk olahannya seperti tempe dan tahu juga bermanfaat untuk kesehatan vagina. Kedelai juga mengandung fitoestrogen yang mampu menurunkan kadar hormon estrogen di dalam tubuh, khususnya bagi kamu yang sedang mengonsumsi obat-obatan tertentu. 

Editors' Picks

3. Alpukat

3. Alpukat
Freepik

Makanan selanjutnya adalah alpukat. Buah ini termasuk mudah ditemukan di pasaran dan mengandung tinggi nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan rahim. Alpukat mengandung lemak sehat, vitamin B6, dan kalium. 

Ketiga nutrisi tersebut bisa memperkuat otot dinding vagina dan mencegah vagina menjadi kering. Seperti dijelaskan sebelumnya, vagina yang sehat akan berpengaruh pada kesehatan rahim. Oleh karena itu, rutin mengonsumsi alpukat maupun jus alpukat bisa meningkatkan keberhasilan program bayi tabung. 

4. Jeruk

4. Jeruk
Freepik

Buah yang dikenal sebagai sumber vitamin C ini ternyata mampu membantu menstabilkan proses ovulasi dan mendorong pelepasan sel telur. Jeruk juga mengandung kalsium, potasium, dan folat yang mampu meningkatkan kesuburan perempuan. 

Jeruk bahkan mampu meningkatkan kesehatan sel telur dan semen karena mengandung poliamina putresin. Oleh karena itu, jeruk cocok untuk dikonsumsi oleh perempuan yang sedang menjalani program hamil. 

5. Produk olahan susu

5. Produk olahan susu
Freepik/KamranAydinov

Produk olahan susu, mulai dari yoghurt, keju, susu, dan mentega juga bermanfaat untuk kesehatan rahim. Produk olahan susu mengandung kalsium dan vitamin D yang mampu memperkuat otot dinding rahim, menjaga tulang tetap sehat, hingga mencegah fibroid rahim.

Susu juga mengandung lemak jenuh atau lemak sehat yang mampu meningkatkan kesuburan mama. Sebuah penelitian kesehatan menunjukkan seorang perempuan yang rutin mengonsumsi produk susu berlemak memiliki kemungkinan lebih kecil untuk mengalami masalah rahim dibanding perempuan yang jarang mengonsumsi susu. 

6. Lemon 

6. Lemon 
Freepik/rawpixel.com

Lemon selama ini dikenal sebagai buah yang cocok untuk dikonsumsi pada pagi hari. Kamu mungkin termasuk yang biasa mengonsumsi segelas air hangat dicampur perasan lemon setiap pagi. Tanpa sadar, kebiasaan ini mampu meningkatkan kesehatan rahim kamu. 

Sebab, lemon mengandung vitamin C yang mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, termasuk imunitas rahim. Dengan demikian, tubuh bisa menangkal serangan bakteri jahat yang bisa menyebabkan infeksi pada rahim dan penurunan tingkat kesuburan. 

7. Ubi

7. Ubi
Pixabay/Buntysmum

Ubi mengandung beta karoten dan vitamin A. Kedua nutrisi tersebut dikenal mampu memperkuat jaringan otot pada dinding rahim dan vagina. Sehingga, tingkat kesuburan kamu bisa meningkat dan membantu produksi hormon seks. Selain itu, ubi juga cocok untuk dikonsumsi perempuan yang sedang mengalami PCOS karena bisa meningkatkan peluang untuk memiliki anak. 

Itulah tujuh makanan untuk menyehatkan rahim yang bisa kamu konsumsi sehari-hari. Jadi, mana makanan favorit kamu?

Baca juga :

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.