TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Rekomendasi Test Pack Digital untuk Mengetahui Kehamilan

Test pack digital lebih akurat dan higienis, Ma

24 September 2022

Rekomendasi Test Pack Digital Mengetahui Kehamilan
Youtube/Favo

Sebelum memeriksakan diri ke dokter kandungan, biasanya calon mama menggunakan alat tes kehamilan atau test pack. Test pack dijual di pasaran dengan beragam jenis, harga, dan tingkat akurasi.

Salah satunya adalah test pack digital. Test pack strip dan midstream menunjukkan hasilnya dengan dua garis (hamil) atau satu garis (tidak hamil). Sedangkan test pack digital lebih jelas dalam menunjukkan hasilnya, Ma. Pada test pack digital, biasanya akan muncul tulisan yang menginformasikan hasil tesnya. Misalnya “yes” atau “pregnant”.

Selain itu, dibandingkan dengan model strip, test pack digital lebih higienis. Sebab bagian yang dibasahi urine tertutup. Mama hanya perlu mencelupkan stik ke dalam wadah. Jadi kecil kemungkinannya untuk menyentuh urine.

Ada beberapa merek test pack digital yang dijual di pasaran. Untuk membantu Mama memilih, Popmama.com sudah merangkum rekomendasi test pack digital untuk mengetahui kehamilan pada ulasan berikut ini.

1. Sensitif Digital Multi Use Pregnancy Test

1. Sensitif Digital Multi Use Pregnancy Test
Blibli.com

Sensitif Digital Multi Use Pregnancy Test merupakan alat uji kehamilan yang sangat mudah digunakan. Test pack digital ini memiliki sensitifitas 25 mIU sehingga tingkat akurasi lebih tinggi dibandingkan jenis lainnya.

Keunggulannya, Sensitif Digital bisa digunakan sampai tiga kali. Mama tinggal mengganti stick test reader yang terdapat didalam kemasan saja.

Test pack ini mendeteksi tingkat kadar hormone hCG (human Chorionic Gonadotrophin) pada urine. Jika Mama hamil, hormon hCG meningkat pada saat awal kehamilan.

Bagaimana cara menggunakannya?

Setelah dikeluarkan dari kemasan, lepas tutupnya. Pegang stik dan basahkan dengan urine di bagian ujung resapan air. Setelah itu, Mama tinggal menunggu hasilnya. Test pack ini dijual dengan harga sekitar Rp 249.000.

Editors' Picks

2. Clearblue Digital Pregnancy Test with Smart Countdown

2. Clearblue Digital Pregnancy Test with Smart Countdown
Shopee

Test pack kehamilan ini memiliki indikator unik yang menghitung mundur hasilnya. Mama dapat menggunakannya 4 hari sebelum jadwal menstruasi.

Ujung ekstra lebar membuatnya mudah digunakan dan teknologi Floodguard yang unik di dalamnya membantu mencegah kelebihan urine masuk ke perangkat sehingga menyebabkan kesalahan pengujian.

Test pack ini juga dilengkapi dengan tutup higienis.

Bagaimana cara menggunakannya?

Tempatkan ujung penyerap di aliran urine selama 5 detik. Atau Mama dapat menampung urine di wadah terlebih dahulu, kemudian tempatkan ujung penyerap di wadah itu selama 20 detik.

Hasilnya akan muncul dalam rentang waktu 1-3 menit. Hasil yang terlihat adalah tulisan “Pregnant” yang artinya hamil dan “Not Pregnant” artinya tidak hamil. Test pack digital ini dijual dengan harga 150.000.

3. Clearblue Pregnancy Test with Week Indicator

3. Clearblue Pregnancy Test with Week Indicator
Care Monitors UK

Beda dengan test pack lainnya, Clearblue Pregnancy Test ini memiliki indikator minggu. Fungsinya adalah selain menampilkan hasil positif hamil atau tidak, alat ini juga menampilkan perkiraan usia kehamilan jika ternyata Mama hamil.

Mama dapat menggunakannya untuk mengetahui usia kehamilan sebelum ke dokter.

Tingkat akurasi hasil tes kehamilan adalah 99%, sedangkan keakuratan perkiraan usia kehamilan adalah 93%.

Kapan waktu yang disarankan untuk menggunakan test pack ini? Mama dapat mencobanya 3-5 hari sebelum jadwal menstruasi untuk hasil yang akurat.

Sama seperti test pack digital lainnya, Mama dapat memasukkan urine ke dalam wadah terlebih dahulu. Kemudian celupkan salah satu ujungnya ke dalam urine. Diamkan selama 20 detik kemudian letakkan di tempat yang datar. Hasilnya akan muncul dalam waktu 3 menit.

Jika muncul tulisan “pregnant”, 3 menit kemudian akan muncul usia kandungan. Test pack ini bisa dibeli dengan harga sekitar  Rp 360.000

4. HUAC Digital Pregnancy and Ovulation Reusable Test

4. HUAC Digital Pregnancy and Ovulation Reusable Test
Amazon.com

Selain mengetahui kehamilan, alat tes ini juga bisa digunakan untuk mengetahui masa subur, Ma.

Untuk mengetahui kehamilan, jika hasilnya positif, layar akan menampilkan usia kehamilan dalam minggu.

HUAC Digital Pregnancy and Ovulation Reusable Test dapat mendeteksi secara cepat, tepat dan terpercaya (akurasi 99,9%).

Mama dapat menggunakannya berkali-kali sampai baterainya habis. Untuk penggunaan berulang, tinggal ganti ujung strip dengan yang baru.

Seperti test pack lainnya, tampung urine dalam wadah. Kemudian celupkan alat tes pada urine selama 20 detik. Letakkan di tempat datar selama 5 menit. Setelah itu, layar akan menunjukkan hasilnya. Test pack yang satu ini dijual dengan harga sekitar Rp 310.500

Test pack digital harganya lebih mahal daripada test pack jenis lainnya, Ma. Namun tingkat akurasinya lebih tinggi. Mama dapat membandingkan kelebihan dan kekurangannya, lalu gunakan test pack yang paling sesuai.

Itu rekomendasi test pack digital untuk mengetahui kehamilan. Semoga informasi ini bermanfaat, Ma.

Baca juga:

Topic:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk