Benarkah Test Pack Bekas Dapat Digunakan Kembali? Cek Faktanya di Sini

Penggunaan test pack berkali-kali, apakah hasilnya akurat?

11 Februari 2021

Benarkah Test Pack Bekas Dapat Digunakan Kembali Cek Fakta Sini
Freepik/Santipong6519

Saat program hamil, Mama bisa menggunakan alat tes kehamilan di rumah untuk memeriksa apakah Mama sudah hamil. Terkadang untuk memastikannya, Mama mungkin tergoda untuk menggunakan kembali alat tes kehamilan yang menghasilkan respons negatif.

Pada saat yang sama, Mama mungkin bertanya-tanya apakah hasilnya benar-benar akurat karena Mama sudah menggunakannya. Apakah alat tes kehamilan bekas dapat digunakan kembali? Haruskah Mama selalu menggunakan alat tes kehamilan baru?

Yuk, temukan jawabannya pada ulasan Popmama.com berikut ini mengenai penggunaan kembali test pack untuk memeriksa kehamilan.

Apakah Alat Tes Kehamilan Bekas Dapat Digunakan Kembali?

Apakah Alat Tes Kehamilan Bekas Dapat Digunakan Kembali
Freepik/Jcomp

Jika pertanyaannya hanya apakah Mama dapat menggunakan kembali alat tes kehamilan, jawabannya adalah ya.

Tetapi jika Mama ingin menggunakan kembali test pack tersebut dan mengharapkan hasil yang akurat, maka jawabannya adalah tidak.  

Ada banyak faktor yang memengaruhi pembuatan alat tes kehamilan dan menggunakannya kembali mungkin bukan cara terbaik untuk menentukan hasil yang tepat. Bagaimanapun, alat tes kehamilan sangat terjangkau dan Mama tidak perlu menggunakan yang bekas.

Editors' Picks

Mengapa Alat Tes Kehamilan Bekas Tidak Berfungsi untuk Kedua Kalinya?

Mengapa Alat Tes Kehamilan Bekas Tidak Berfungsi Kedua Kalinya
Freepik/Icomp

Sayangnya, banyak perempuan percaya bahwa mereka dapat menggunakan kembali alat tes kehamilan hanya untuk memastikan hasil yang mereka peroleh pertama kali.

Hal ini tidak disarankan karena test pack untuk penggunaan di rumah dibuat sedemikian rupa sehingga memberikan hasil yang terbaik dan tepat.

Test pack ini sederhana, namun sangat sensitif. Ini berarti setelah terkena urine, bahan kimia bereaksi dengan urine. Ketika dua zat bercampur dan membentuk reaksi, maka tidak mungkin melakukan reaksi yang sama untuk kedua kalinya secara akurat.

Bagaimana jika Mama Mendapatkan Hasil Positif dari Alat Tes Kehamilan Bekas?

Bagaimana jika Mama Mendapatkan Hasil Positif dari Alat Tes Kehamilan Bekas
Freepik/Freepik

Ada laporan bahwa seseorang mendapatkan hasil positif ketika mereka meneteskan urine pada tes kehamilan untuk kedua kalinya tetapi ini hanyalah positif palsu.

Saat tes kehamilan mengering, maka akan membentuk garis penguapan. Garis ini tidak berwarna, tetapi saat Mama menambahkan lebih banyak air ke dalamnya, pewarna dapat menempel di garis, ini membuatnya tampak positif. Jika ini terjadi pada Mama, ini dapat memberikan harapan palsu dan membuat Mama sedih jika hasilnya sebaliknya.

Menggunakan kembali alat tes kehamilan dapat memberikan informasi yang salah dan menyebabkan stres yang tidak perlu.

Bagaimana dengan Alat Tes Kehamilan Digital, Apakah Dapat Digunakan Kembali?

Bagaimana Alat Tes Kehamilan Digital, Apakah Dapat Digunakan Kembali
Youtube/BakersBabyBook

Alat tes kehamilan digital dapat membantu menemukan kehamilan bahkan sebelum Mama melewatkan menstruasi dan sesudahnya. Ini mendeteksi hormon kehamilan dan memberikan peringatan.

Beberapa perempuan berpikir bahwa alat ini dapat digunakan kembali dan mencoba untuk buang air kecil dua kali untuk memastikan hasilnya.

Sayangnya, tindakan ini tidak memiliki dukungan ilmiah dan tidak dapat dilakukan. Alat tes digital tidak memberikan garis-garis sebagai indikator kehamilan melainkan menunjukkan tanda digital yang harus Mama baca. Selain itu, kedua alat uji menggunakan HCG dan tidak dapat digunakan kembali.

Nah, jadi sekarang Mama sudah mengetahui bahwa alat tes kehamilan, baik yang sederhana maupun yang digital, tidak dapat digunakan kembali. Alih-alih mendapatkan hasil yang salah dan membuat sedih, gunakan alat tes kehamilan yang baru ya, Ma!

Apakah Mama pernah menggunakan alat tes kehamilan bekas? Bagaimana hasilnya?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.